sign up SIGN UP

FASHION

8 Tips Merawat Rambut Blonde Supaya Tetap Sehat Berkilau

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 31 Mar 2021 11:00 WIB
8 Tips Merawat Rambut Blonde Supaya Tetap Sehat Berkilau
caption

Rambut blonde atau pirang perlu dirawat dengan baik supaya tetap sehat. Namun hal yang sering memunculkan pertanyaan adalah bagaimana cara melakukan perawatan terhadap rambut blonde tersebut.

Faktanya, merawat rambut blonde memang bukan hal yang mudah jika belum mengetahui tips-tips nya. Warna rambut yang terkesan lebih cerah, halus dan berkilau bisa saja rusak jika perawatannya tidak tepat. Dilansir dari Preview.ph, berikut tips merawat rambut blonde yang bisa diterapkan.

1. Hindarkan dari Air Asin maupun Air Kolam

Hindarkan dari air asin untuk menjaga warna blonde tetap on/freepik.com
Hindarkan dari air asin/freepik.com

Seorang direktur kreatif basement salon rockwell bernama Joe Almakdesi mengatakan bahwa sebaiknya jangan pernah berenang di pantai maupun di  kolam setelah melakukan bleaching rambut blonde.

Lebih lanjut Joe menjelaskan bahwa air laut yang asin bisa menghilangkan warna rambut sementara klorin di dalam air kolam dapat mengubah rambut blonde menjadi warna kehijauan.

Pada dasarnya, sangat tidak disarankan untuk berenang sembarangan, terlebih lagi di tempat-tempat yang airnya berpotensi merusak rambut blonde.  Jika tetap melakukannya, maka sama saja dengan menyia-nyiakan waktu dan uang untuk ke salon selama ini.

2. Jangan Gunakan Keratin atau Melakukan Perawatan Keratin Setelah Pewarnaan

Jangan gunakan keratin untuk menghindari warna kuning/freepik.com
Jangan gunakan keratin/freepik.com

Setelah melakukan pewarnaan rambut blonde, sangat tidak disarankan untuk melakukan  perawatan keratin. Hal ini dikarenakan perawatan keratin bisa membuat rambut yang tadinya blonde jadi menguning karena adanya protein gandum di dalamnya.

Jika rambut terasa benar-benar kering dan sangat tergoda untuk melakukan perawatan, maka kamu bisa lakukan perawatan tertentu kecuali keratin rambut. Untuk perawatan keratin sendiri bisa dilakukan setidaknya 1 bulan setelah pewarnaan dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada pakar rambut andalan kamu.

3. Atur Jadwal Keramas

Mengatur jadwal keramas untuk merawat rambut blonde/freepik.com
Mengatur jadwal keramas/freepik.com

Tips merawat rambut blonde berikutnya adalah mengatur jadwal keramas. Banyak yang merasa khawatir untuk melakukan keramas sehari setelah pewarnaan rambut. Namun sebenarnya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan asalkan memilih produk yang tepat.

Apabila setelah berolahraga rambut menjadi terasa lepek karena adanya keringat dan kotoran yang menempel, maka keramas akan lebih baik daripada menggunakan sampo kering.

4. Gunakan Gentle Sampo

Menggunakan gentle shampoo yang lembut untuk merawat rambut blonde/freepik.com
Menggunakan gentle shampoo/freepik.com

Saat kamu memutuskan mewarnai rambut dengan warna blonde, maka itu berarti bahwa sampo yang akan digunakan tidak boleh lagi sembarangan. Untuk hair cair routine, gunakanlah sampo gentle yang bisa memberikan semua kotoran tanpa menghilangkan kelembapan rambut.

Sebenarnya, semua sampo yang aman untuk rambut baru diwarnai aman untuk digunakan dalam perawatan rambut blonde. Hanya saja, pilihlah sampo yang bebas sulfat karena bisa membuat rambut terasa kering dan memudarkan warna rambut lebih cepat.

5. Jangan Lewatkan Kondisioner

Gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan/freepik.com
Gunakan kondisioner/freepik.com

Jika sebelumnya kamu sering melewatkan pemakaian kondisioner sebelum rambut diwarnai menjadi blonde, maka sekarang kebiasaan tersebut harus dihilangkan. Kondisioner berperan penting untuk mencegah rambut kusut dan kering. Pilihlah kondisioner yang diklaim dapat memberikan kelembapan ekstra ataupun yang diformulasikan khusus untuk rambut diwarnai.

[Gambas:Instagram]

6. Gunakan Sampo dan Kondisioner Ungu

Gunakan sampo ungu untuk mencegah warna kuning pada rambut/freepik.com
Gunakan sampo ungu/freepik.com

Seiring berjalannya waktu, rambut blonde akan memudar dan tentunya tidak seperti pertama kali selesai di salon. Untuk itu, penggunaan sampo dan kondisioner ungu bisa membantu mengembalikan warna rambut blonde supaya tetap on. Sampo dan kondisioner ungu ini mampu menghilangkan warna kuning pada rambut sehingga bisa menjaga rambut tetap blonde.

7. Menggunakan Hair Mask dan Produk Tanpa Bilas

Gunakan hair mask untuk mengunci kelembapan dan memberi perawatan lebih baik/freepik.com
Gunakan hair mask/freepik.com

Selain menggunakan sampo dan kondisioner ungu, juga disarankan untuk menggunakan hair mask. Hal ini karena terkadang menggunakan kondisioner saja tidak cukup untuk benar-benar melembapkan rambut. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan hair mask seminggu sekali. Biarkan meresap sebelum membilasnya.

Setelah dibilas, lanjut dengan produk tanpa bilas seperti kondisioner tanpa bilas dan serum rambut yang bisa meningkatkan dan mengunci kelembapan. Hal ini direkomendasikan terutama untuk pemilik rambut yang tebal.

8. Lakukan Perawatan

Melakukan perawatan rambut blonde sendiri di rumah penting dilakukan dengan produk yang tepat/freepik.com
Melakukan perawatan/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah rutin melakukan perawatan rambut. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan produk pelembap maupun produk yang bisa menguatkan rambut.

Oleh sebab itu, sebelum beranjak dari salon, mintalah rekomendasi dari penata rambut di sana terkait produk yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan di rumah. Hal ini akan membantu agar rambut blonde tetap sehat dan indah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id