sign up SIGN UP

8 Tips Merawat Tas Kulit Kesayangan Biar Gak Gampang Rusak

Henny Alifah | Sabtu, 26 Jun 2021 10:30 WIB
8 Tips Merawat Tas Kulit Kesayangan Biar Gak Gampang Rusak
caption

Di balik kemewahan tas kulit, ada perawatan ekstra yang perlu diterapkan agar kondisinya tetap prima. Apalagi, item ini juga seringkali membawa beban yang tak ringan seperti laptop, peralatan olahraga, dan barang berat lainnya yang konstan dapat menyebabkan potongan kulit jadi retak, tergores, hingga kusam.

Ada beberapa cara merawat tas kulit yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan kerusakan dan mencegah terjadinya kerusakan parah. Baik itu bentuknya sling bag, hand bag, purse, ransel, hingga tas kamera dan paspor, ini dia delapan tips cara merawat tas kulit.

1. Bersihkan Secara Rutin

Tas kulit wanita
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Upayakan untuk membersihkan tas kulit secara rutin setiap enam bulan hingga sembilan bulan sekali. Cara ini akan menghindari penumpukan kotoran dan noda. Ikuti langkah ini dengan menggunakan leather protection cream, krim pelindung untuk menjaga tas kulit tetap kenyal, menghindari retak, dan memperbaiki lecet kecil.

2. Rawat Ekstra Bagian Pegangan dan Penutup Tas Kulit

Tas kulit
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Parfum hingga pembersih tangan yang kamu pakai adalah cairan beralkohol yang dapat mengelupas permukaan tas kulit. Jadi, beri perhatian lebih pada pegangan dan penutup tas kulit yang mana kemungkinan besar akan terkena dampak terburuk. Karena itu, penting untuk memakai krim pelindung yang dapat memberikan perawatan ekstra pada tas kulit. 

3. Jangan Letakkan di Lantai

Ilustrasi: Meletakkan tas kulit di tempatnya
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/Castorly Stock

Sebaiknya kamu tidak meletakkan tas kulit di lantai. Sebaliknya, gunakan pengait tas yang menempel di meja, bar, atau gantungan khusus tas.

4. Simpan Rapi Seperti Kemasan Baru

Ilustrasi: Menyimpan tas kulit
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Saat pertama kali membeli tas kulit, tas tersebut biasanya diisi dengan kertas tisu bebas asam dan dimasukkan ke dalam kantong debu. Nah, sebaiknya kamu simpan kedua item ini dengan aman.

Pada hari-hari ketika kamu tidak mengenakan tas kulit atau jika kamu berencana untuk menyimpannya di gudang, gunakan kembali kertas tisu bebas asam dan kantong debu untuk membantu menjaga siluet tas kulit serta mencegahnya terjepit atau terlipat.

5. Jauhkan dari Panas dan Sinar Matahari Langsung

Tas kulit
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/Timothy Paule II

Kamu harus menyimpan tas kulit jauh dari sinar matahari langsung. Idealnya, simpan tas kulit di dalam kantong debu yang ukurannya sesuai agar menghindari tergencet. Atau, kamu juga bisa pakai sarung bantal katun putih.

6. Hindari Terkena Air Hujan

Tas kulit wanita
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/Godisable Jacob

Air hujan tidak baik untuk barang-barang yang terbuat dari kulit. Untuk menghindari percikan hujan, jangan lupa sedia payung saat keluar rumah apalagi di hari-hari musim penghujan. Jika tas kulit menjadi basah, oleskan atau bersihkan kulit terlebih dahulu dengan kain bersih untuk menyerap kelembapan berlebih dan gosok agar tidak kusam. Kemudian biarkan tas mengering secara alami di ruangan yang hangat dan kering.

7. Upayakan Tidak Kelebihan Muatan

Ilustrasi: Tas kulit kelebihan muatan
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Mengisi terlalu penuh atau memasukkan terlalu banyak barang ke dalam tas kulit akan menyebabkan kerusakan. Mulai dari permukaan tas kulit yang meregang, tidak berbentuk, hingga risiko jahitan menjadi longgar atau robek.

8. Bawa dengan Hati-hati Saat Bepergian Jauh

Ilustrasi: Bepergian pakai tas kulit
Tas Kulit/ Foto: Pexels.com/Taryn Elliott

Satu lagi tips cara merawat tas kulit yang sebaiknya juga tak luput dari perhatian. Jika kamu bepergian dan perlu meletakkan tas kulit di dalam bagasi, disarankan untuk memilih tas kulit yang bentuknya fleksibel. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah meletakkannya di dalam bagasi.

Untuk menghindari kerusakan selama perjalanan, disarankan untuk mengisi tas kulit dengan barang-barang kecil dan lembut seperti syal, kaus kaki, atau bikini. Lalu, kemas tas kulit di dalam kantong debu untuk menambahkan lapisan pelindung.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id