sign up SIGN UP

Jangan Sampai Tertipu! Cek 7 Poin Penting Ini Sebelum Membeli Tas Branded

Pavita Sevilla | Kamis, 17 Jun 2021 14:15 WIB
Jangan Sampai Tertipu! Cek 7 Poin Penting Ini Sebelum Membeli Tas Branded
caption
Jakarta -

Memiliki tas branded memang jadi keinginan banyak orang. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika seseorang memiliki tas branded yang harganya selangit. Sayangnya, di luaran sana sudah banyak tas branded palsu yang dijual. Orang-orang pun banyak yang tergiur karena harganya yang sangat jauh dari harga asli.

Kamu nggak mau kan bayar merogoh kocek mahal hanya untuk barang tiruan? Nah, agar hal tersebut tidak terjadi kepada kita semua, yuk kenali 7 poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli tas branded.

1. Harga

Tas branded/unsplash.com
Tas branded/unsplash.com

Tas branded biasanya dibanderol dengan kisaran harga jutaan. Jika kamu menemukan yang dijual dengan harga ratusan ribu apalagi hanya puluhan ribu, kemungkinan besar itu palsu. 

Tapi, tak menutup kemungkinan juga tas branded dengan harga ratusan ribu adalah asli apabila kamu membeli preloved atau tas yang sudah pernah dipakai. Misalnya, harga baru tas tersebut sekitar 1 jutaan dan si pemilik menjual kembali tasnya yang sudah terpakai dengan harga Rp. 700.000-900.000. Jadi, tetap diperlukan adanya riset harga juga ya untuk melihat apakah harga tersebut normal atau tidak.

Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati! Pastikan tas yang akan dibeli benar-benar asli dengan cara memperhatikan detail lain selain dari harga.

2. Bahan

Bahan tas branded/luxsecondchance.com
Bahan tas branded/luxsecondchance.com

Ada harga ada kualitas. Dengan harganya yang bisa sampai berjuta-juta, tentunya tas branded ini juga menawarkan kualitas yang tidak asal-asalan. Jika tas branded terbuat dari bahan kulit, maka bahan tersebut memiliki sifat lentur dan tidak mudah terkelupas. Sama halnya dengan yang terbuat dari bahan kanvas. Tas branded yang terbuat dari bahan kanvas tidak akan mudah robek atau rusak.

Selain itu, kamu juga bisa melihat kualitas dari resleting atau kancing magnet tas tersebut. Tas branded memiliki resleting yang bukan terbuat dari plastik, tidak mudah macet, terdapat logo merek, mengkilap, dan juga tidak mudah berkarat atau terkelupas, begitupun dengan kancing magnet tasnya.

3.  Jahitan

Jahitan tas branded/legitgrails.com
Jahitan tas branded asli dan palsu/legitgrails.com

Perhatikan detail jahitan! Tas branded asli tidak mungkin terdapat jahitan yang lepas atau memiliki pola jahitan yang tidak rapih baik dari segi pola atau lainnya. 

Jahitan tas branded juga akan terlihat sangat halus atau tidak terlalu terlihat. Tas branded palsu akan memiliki jahitan layaknya jahitan biasa yang terlihat dan cenderung memiliki ukuran jahitan yang sangat besar.

4. Nomor seri

Nomor seri tas branded asli dan palsu/legitgrails.com
Nomor seri tas branded asli dan palsu/legitgrails.com

Semua tas branded pastinya memiliki nomor seri di setiap produknya agar dapat memudahkan pembeli untuk memeriksa keasliannya. Namun, hati-hati, karena kini yang palsu juga memiliki nomor seri untuk mengecoh calon pembeli. Tenang, kamu tetap bisa membedakannya!

Cara pertama, keaslian nomor seri biasanya dapat dicek di beberapa website khusus. Kedua, kamu juga harus lihat bagaimana nomor seri tersebut dicetak.

Nomor seri yang asli umumnya berupa tulisan timbul di bagian dalam tas. Jika nomor seri berupa cetakan kartu atau stiker, pastikan cetakan tersebut ditulis dengan font yang rapih, tidak mudah hilang, dan ada ciri khas lainnya, contohnya seperti hologram.

5. Authenticity card

Authenticity card tas Chanel/e-glampot.com
Authenticity card tas Chanel/e-glampot.com

Ketika kamu membeli tas branded asli, biasanya kamu akan mendapatkan sesuatu seperti kartu atau buku kecil yang merupakan bukti keaslian produk tersebut. Kartu atau buku kecil itu biasanya berisi tentang jenis tas, nomor seri, cara perawatan tas dan informasi detail lainnya.

Namun, ada juga beberapa merek, seperti Hermes, yang memang tidak mengeluarkan kartu atau buku kecil seperti ini. Kamu bisa cek poin lainnya untuk menentukan keaslian suatu produk.

6. Tag

Tag tas branded/topfloorgallery.com
Tag tas branded/topfloorgallery.com

Masing-masing tas branded pasti memiliki tempat pembuatannya, misalnya brand Gucci terdapat tulisan “made in Italy”. Jika tas branded tidak terdapat tag atau memiliki tag yang menyatakan dibuat di negara yang lain dari biasanya, maka bisa dipastikan bahwa tas tersebut palsu. Beberapa tag juga memiliki ciri khasnya, mulai dari gaya tulisan hingga bentuk tag-nya.

Atau kamu sering mendengar istilah ori singapura, ori premium, dan ori-ori lainnya? Kamu perlu waspada, nih! Jika terdapat istilah original, tapi ada kelanjutannya, lebih baik kamu urungkan niat untuk membelinya, ya.

7. Pengemasan

Pengemasan tas Louis Vuitton asli/pixabay.com
Pengemasan tas branded/pixabay.com

Tas branded asli tidak mungkin dikemas asal hanya dengan menggunakan kantong plastik. Tas branded akan dikemas dengan sebaik mungkin, mulai dari menggunakan paper bag besar hingga kotak sebagai bungkusan terluar. Lalu, dalamnya akan dikemas lagi dengan dust bag.

Itu dia beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan ketika membeli tas branded. Pastikan kamu membeli di toko resmi atau toko yang terpercaya agar tidak tertipu.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id