sign up SIGN UP

FASHION

Agar Tak Salah Pilih, Inilah 7 Aroma Dasar Parfum yang Harus Dikenali

ira syafira | Senin, 05 Jul 2021 13:15 WIB
Agar Tak Salah Pilih, Inilah 7 Aroma Dasar Parfum yang Harus Dikenali
caption
Jakarta -

Memilih aroma parfum memang gampang-gampang susah. Seseorang pasti akan memilih parfum yang wanginya sesuai dengan selera serta kepribadian mereka.

Dari sekian banyak aroma parfum yang bisa kita temui, setidaknya ada 8 aroma dasar parfum yang kemudian bisa divariasikan dengan beragam campuran. Aroma dasar parfum ini merupakan aroma yang menjadi kandungan utama wangi dari sebuah parfum. Sehingga, bisa dikatakan aroma dasar adalah aroma yang mendominasi. Penasaran apa saja aroma yang menjadi dasar dari aroma parfum kamu sekarang?

Yuk, ikuti penjelasannya berikut ini!

1. Woody

Foto: Woody/pexels.com
Foto: Woody/pexels.com

Aroma khas pepohonan di alam bebas memang menjadi aroma favorit tersendiri bagi sebagian orang, aroma ini dinamakan woody. Aroma kesegarannya terinspirasi dari aroma hutan basah yang terasa sejuk dan segar.

Sama seperti namanya, aroma woody sangat identik dengan unsur aroma kayu. Aromanya akan terasa natural, segar, dan menenangkan. Biasanya sumber aromanya diambil dari kayu pinus atau cendana. Biasanya woody dipilih untuk parfum wanita dan pria karena aromanya netral dan penuh kehangatan.

2. Floral

Foto: Floral/freepik.com
Foto: Floral/freepik.com

Aroma floral menjadi aroma yang dikenal romantis dan mampu memberi kesan feminin untuk penggunanya. Wangi floral bisa dibilang paling umum dan paling disukai oleh banyak orang.

Seperti namanya, aroma dasar dari floral ini mengambil wangi dari bunga-bungaan. Aromanya bisa dibilang sangat klasik, manis, dan feminin. Biasanya aroma floral cenderung disukai oleh perempuan, sehingga sering menjadi dasar aroma parfum perempuan. Aroma dasar dari floral sendiri mengambil dari wangi manis bunga, seperti mawar, melati, lavender, gardenia, dan lainnya.

3. Fruity

Foto: Fruity/freepik.com
Foto: Fruity/freepik.com

Sudah bisa ditebak, aroma dasar ini pasti mengambil dari aroma buah-buahan. Wanginya akan memberi kesan segar, menenangkan, bahkan bisa jadi seksi atau feminin jika dicampur dengan aroma floral atau woody.

Buah yang digunakan untuk dasar aroma fruity ini biasanya diambil dari buah apel, nanas, berbagai jenis beri, peach, dan mangga. Aroma fruity cenderung disukai oleh golongan orang-orang yang masih muda, khususnya perempuan, karena akan melahirkan kesan pribadi yang ceria.

4. Citrus

Foto: Citrus/pexels.com
Foto: Citrus/pexels.com

Aroma citrus terkadang dianggap hampir sama dengan aroma fruity. Namun, karena aromanya lebih khas, aroma citrus menjadi dipisahkan dengan fruity. Nuansa dari aroma ini juga berbeda, citrus memiliki aroma yang lebih segar dan kuat. 

Aroma ini akan sangat pas jika kamu tidak terlalu suka dengan aroma manis. Citrus sendiri biasanya diambil dari buah-buahan seperti limau, lemon, jeruk mandarin, dan berbagai jenis jeruk yang memiliki aroma kesegaran yang kuat.

5. Musk

Foto: Musk/freepik.com
Foto: Musk/freepik.com

Musk merupakan aroma yang memiliki ciri khas tersendiri, agak sulit untuk menggambarkan aroma ini. Aroma musk dahulunya diambil dari kelenjar rusa, namun saat ini kebanyakan berasal dari tumbuhan dengan aroma yang sama, misalnya garden angelica atau musk flower

Aromanya bisa digambarkan powdery, creamy, dan lembut. Walaupun begitu, aroma musk menjadi salah satu aroma yang cukup populer dan biasa digunakan dalam berbagai acara formal atau sekedar kebutuhan sehari-hari.

6. Green

Foto: Green/freepik.com
Foto: Green/freepik.com

Apa kamu pernah mendengar parfum dengan aroma bergamot, oakmoss, atau patchouli? Yups, aroma parfum ini biasa dikenal sebagai aroma green atau aroma yang berasal dari dedaunan serta pepohonan. 

Aroma yang diberikan mampu memberikan kesan menenangkan dan rileks pada tubuh serta pikiran. Parfum ini pasti akan cocok untuk kamu yang menyukai wangi-wangi alam seperti dedaunan atau pepohonan.

7. Gourmand

Foto: Gourmand/pexels.com
Foto: Gourmand/pexels.com

Aroma dasar parfum gourmand memiliki aroma khas yang sangat harum dan manis. Saat menggunakan parfum jenis ini, kamu pasti akan membayangkan sedang berada di toko roti yang penuh dan cake serta dessert nikmat di dalamnya.

Parfum dengan tipe gourmand biasanya berasal dari campuran vanilla dan tonka bean. Kandungan tonka bean memang cukup umum digunakan di dalam parfum. Aromanya bisa dibilang mirip biji kopi. Secara umum, aroma gourmand memiliki harum seperti kayu manis, cokelat, dan madu. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id