sign up SIGN UP

FASHION

Yuk, Ketahui Bedanya Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 19 Jun 2021 09:00 WIB
Yuk, Ketahui Bedanya Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum
caption

Pernahkah kamu ingin membeli parfum online tapi bingung cara memilih wangi yang tepat? Membeli parfum tanpa melihatnya secara fisik terkadang membuat ragu karena kita tidak bisa langsung mencium aromanya. Bagi pemula, mungkin mendengar istilah perfumery notes yang dideskripsikan pada setiap parfum yang dijual akan membingungkan. Tapi tenang saja, Beautynesian! Membedakan perfumery notes ini akan mudah ketika kita sudah memahaminya.

Tingkatan aroma biasa dikenal dengan piramida wangi atau perfumery notes. Setiap parfum memiliki piramida aroma yang berbeda untuk menciptakan ciri khas masing - masing aroma. Piramida ini terdiri 3 bagian, yaitu top notes atau head notes, middle notes atau heart notes, dan base notes. Walaupun campuran ketiganya menjadi kesatuan wangi parfum, kamu masih mencium aroma dari setiap notes tersebut. Nah untuk membedakan ketiga notes tersebut, simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Top Notes atau Head Notes

Top notes yang langsung tercium saat disemprot.
Top notes yang langsung tercium saat disemprot. Foto: pexels.com

Saat parfum disemprotkan, top notes adalah aroma pertama yang kita hirup. Wewangian seperti lavender, citrus, rose, dan lain - lain biasa menjadi top notes parfum. Karena molekul yang ringan dan tidak stabil sehingga mudah menguap, wangi top notes hanya bertahan sekitar 5 - 15 menit, sebelum berubah ke aroma middle notes.

2. Middle Notes atau Heart Notes

Wewangian pada parfum untuk notes
 Wewangian pada parfum untuk notes. Foto: pexels.com

Seperti namanya, heart notes merupakan jantung dari parfum. Wangi yang dihasilkan middle notes lebih tahan lama dibandingkan top notes, yaitu sekitar 20 - 60 menit. Bagian ini merupakan pondasi dan mengambil mayoritas sekitar 40% - 80% dari keseluruhan parfum. Aroma seperti cinnamon, ylang - ylang, lemongrass, jasmine, dan lain - lain biasa digunakan sebagai heart notes ini.  

3. Base Notes

Base notes yang membuat wangi parfum tahan lama.
Base notes yang membuat wangi parfum tahan lama. Foto: pexels.com

Base notes mulai tercium ketika top notes sudah menguap sepenuhnya. Aroma base notes akan berbaur dengan heart notes ketika ia mulai menghilang dan menciptakan impresi akhir dari parfum. Sekitar 10% - 25% dari total parfum merupakan base notes. Karena tidak mudah menguap, base notes menciptakan aroma yang lebih tahan lama, yaitu sekitar 6 jam atau bahkan lebih. Wewangian seperti cedarwood, sandalwood, musk, vanilla, dan sejenisnya biasa digunakan sebagai base notes ini.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id