sign up SIGN UP

FASHION

Bergaya Lebih Berani, Simak 6 Tips Mix n Match Pattern Berikut Ini

Dimitrie Hardjo | Selasa, 30 Mar 2021 19:30 WIB
Bergaya Lebih Berani, Simak 6 Tips Mix n Match Pattern Berikut Ini
caption
Jakarta -

Memadukan beberapa warna dalam berpakaian menjadi hal yang biasa dan mudah dilakukan. Namun, beda halnya dengan memadukan motif yang berbeda. Tidak jarang ditemukan street style dalam sebuah fashion week di mana para fashion blogger memakai 2, bahkan 3 motif sekaligus dan tampak stylish

Mix-and-match pakaian dengan motif yang berbeda perlu memperhatikan aturan tertentu agar tidak kelihatan berlebihan. Simak tips-tips di bawah ini agar kamu berani bermain pattern dan tetap kelihatan dinamis.

1. Satu warna yang sama atau senada untuk 2 motif berbeda

Fokus pada warna yang senada untuk 2 motif berbeda.
Fokus pada warna yang senada untuk 2 motif berbeda. Foto: pinterest.com/PurseBlog/

Ketika baju dan celana memiliki motif yang berbeda, kamu perlu memperhatikan warna kedua motif tersebut. Color palette dan tone menjadi penting agar keseluruhan look terlihat menyatu. Misalnya, jika kamu memiliki kemeja dengan motif stripes dengan warna mencolok, kamu bisa memilih rok motif houndstooth dengan warna mencolok pula atau sebaliknya, warna netral dengan warna netral.

2. Satu warna monokrom jika 3 motif berbeda

3 motif berbeda yang disatukan dengan warna monokrom.
3 motif berbeda yang disatukan dengan warna monokrom. Foto: pinterest.com/thombrowne.com/

Warna juga menjadi penentu untuk mengkombinasikan 3 motif yang berbeda. Selain memperhatikan color palette dan tone, pilihlah warna monokrom pada salah satu dari 3 motif tersebut.

3. Mulai dari hal-hal kecil

Mulai dari motif-motif sederhana.
Mulai dari motif-motif sederhana. Foto: pinterest.com/StealTheLook/

Jika kamu masih takut untuk mengkombinasikan motif, kamu bisa mulai dengan menggunakan aksesoris dengan pattern yang berbeda dengan pakaian, seperti animal print atau stripes flats. Kamu juga bisa mulai mix dengan motif sederhana yang sudah ada di lemarimu, contohnya motif tartan dengan stripes.

4. Perhatikan skala ukuran motif

Skala ukuran motif yang berbeda.
Skala ukuran motif yang berbeda. Foto: pinterest.com/thecosmopolitas.com/

Motif yang kecil pada pakaian cocok dipasangkan dengan motif yang berukuran lebih besar, serta motif dan warna yang mencolok. Tetapi, berhati-hati jika kedua pakaian yang akan di-mix sama-sama memiliki motif dan warna yang bold, karena akan memberikan kesan terlalu ramai.

5. Stripes bisa dipasangkan dengan hampir semua motif

Motif stripes dengan floral.
Motif stripes dipadukan dengan floral. Foto: pinterest.com/StealTheLook/

Baik itu floral, polkadot, plaid, gingham, motif stripes lain dengan ukuran garis yang berbeda, atau pattern yang lebih mencolok dan rumit, stripes bisa tampak menarik dipadukan dengan motif-motif ini.

6. Hitam dan putih bisa dipasangkan dengan motif apapun

Warna monokrom yang bisa dikombinasikan dengan motif apapun.
Warna monokrom yang bisa dikombinasikan dengan motif apapun. Foto: pinterest.com/TRENDY_U/

Warna monokrom merupakan warna dasar yang tidak mencolok. Karena itu permainan motif bisa kamu lakukan dengan mudah dan akan membuat keseluruhan look semakin menarik. Contohnya kemeja polkadot dan rok plaid dengan keseluruhan warna hitam dan putih.

Bagaimana Ladies? Sudah siap bereksperimen dengan gayamu?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id