sign up SIGN UP

FASHION

Biar tahan Lama, Begini Tips Catok Rambut yang Benar

Dyah Na | Jumat, 28 Aug 2020 09:00 WIB
Biar tahan Lama, Begini Tips Catok Rambut yang Benar
caption

Setuju enggak kalau ada yang bilang rambut adalah mahkota wanita. Jadi enggak heran kalau banyak perawatan yang dilakukan demi memiliki rambut indah. Selain banyak perawatan, wanita biasanya juga menata rambut dengan melakukan catok lurus ataupun curly. Tapi enggak jarang di tengah hari hasil catokan akan hilang. Nah, ternyata ketahanan hasil catokan juga ditentukan bagaimana cara kamu melakukan catok lho, Ladies.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan mencatok rambut. Apa saja?

 


Pastikan rambutmu dalam keadaan kering dan bersih

Duh, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Memakai Hair Dryer!Pastikan rambutmu dalam keadaan kering dan bersih/Freepik.com

Jangan  mencatok rambut dalam keadaan basah atau setengah kering. Hal ini akan membuat rambutmu jadi cepat rusak, bercabang dan mudah patah. Kalau rambut kamu belum kering, keringkan dulu dengan handuk atau hair dryer sebelum mencatoknya.


Sisir terlebih dahulu

Sebelum mencatok rambut, sisir rambut sehingga tidak kusut. Rambut yang kusut saat sedang dicatok akan memperlama proses mencatok dan bisa menyebabkan rambutmu menjadi sulit diatur.


Gunakan heat protection serum

penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit kepala kering dan gatalGunakan heat protection serum/Freepik.com

Penggunaan catok yang rutin bisa meningkatkan risiko rambut yang rusak. Hal ini bisa kamu hindari dengan rutin menggunakan heat protection serum sebelum menggunakan catokan. Tapi jangan memakai heat protection serum terlalu banyak ya, karena bisa membuat rambut kembali basah dan berminyak.


Jangan membagi rambut terlalu tebal

Saat mencatok, bagi rambut kamu dalam beberapa bagian. Saat membaginya, jangan sampai pembagian rambut terlalu tebal ya, ladies. Pembagian rambut yang terlalu tebal bisa menyebabkan tidak semua helai rambut terkena catokan tersebut. Akibatnya, hasil yang didapat menjadi tidak maksimal dan kurang tahan lama.


Hindari menyisir rambut terlalu sering

Seorang wanita memegang sisir dan rambutnya yang rontok.Hindari menyisir rambut terlalu sering/Freepik.com

Setelah memperoleh hasil catok seperti yang kamu inginkan, jangan terlalu sering menyisir rambutmu. Hal ini bisa membuat hasil catokan kamu lebih cepat loose, Ladies. 

Nah, tidak susah kan mencatok rambut agar hasilnya maksimal dan tetap awet? Dengan cara mencatok yang tepat, kamu enggak perlu lagi repot mencatok rambut setiap hari, Ladies. Cukup catok rambut dengan benar dan rambut pun akan tetap terlihat indah selama berhari-hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id