sign up SIGN UP

Bikin Geleng-geleng Kepala! Ini 5 Kreasi Unik dari Balenciaga

Rayoga Firdaus | Kamis, 12 Aug 2021 11:00 WIB
Bikin Geleng-geleng Kepala! Ini 5 Kreasi Unik dari Balenciaga
caption
Jakarta -

Semenjak Demna Gvasalia didaulat sebagai creative director Balenciaga pada tahun 2016, rumah mode basis Paris tersebut tak ada habisnya melansir sejumlah kreasi unik yang terinspirasi dari benda sehari-hari. Bahkan sering dianggap tak mencirikan sebuah koleksi fashion yang mewah. Namun justru hal tersebut menjadi ciri khas dari desainnya karena nuansa unik dan juga humor yang dihadirkan Demna dinilai membawa pembaruan akan citra fashion yang kaku. Selain itu beberapa desainnya pun masih tergolong fungsional, semisal Balenciaga sneakers Triple S yang di mana terinspirasi oleh gaya Dad Sneakers.

Meski kerap membuat orang awam dan pecinta fashion geleng-geleng kepala akan desainnya, koleksi Balenciaga rancangan Demna justru laku keras. Lantas apa saja kreasi unik dari Balenciaga yang kerap menjadi kontroversi?

Tas Biru Terinspirasi Tas Belanja IKEA

Tas BalenciagaTas Balenciaga/ Foto: Popsugar

Dirilis pada tahun 2017, tote bag dari Balenciaga ini langsung mencuri perhatian karena dinilai sama persis dengan tas belanja IKEA. Situs GQ di tahun 2017 melaporkan bahwa tas Balenciaga tersebut dijual seharga 2000 USD sementara tas IKEA hanya 99 sen alias kurang dari 1 USD. Dalam keterangan pers yang dirilis, pihak IKEA justru merasa tersanjung bahwa rumah mode sekelas Balenciaga bisa membuat kreasi yang terinspirasi dari tas belanjanya.

Tote Bag ala Tas Belanja di Thailand

Tas BalenciagaTas Balenciaga/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Pada koleksi perdana Demna Gvasalia untuk Balenciaga yakni fall/winter 2016 salah satu kreasinya yang menarik atensi adalah sebuah tote bag berukuran besar dengan motif garis multiwarna. Netizen mendapati bahwa tas tersebut mirip dengan tas berbelanja yang sering terlihat di sejumlah pasar di Thailand.

Spike Heels

Sepatu BalenciagaSepatu Balenciaga/ Foto: Vogue/Marcus Tondo/Indigital TV


Hadir pada peragaan koleksi spring/summer 2018, Balenciaga menyulap T-strap heels yang klasik menjadi lebih edgy lewat aksen spikes.

Platform Crocs

Sepatu BalenciagaSepatu Balenciaga/ Foto: Vogue/Marcus Tondo/Indigital TV


Sepatu Crocs sebelumnya tak pernah dianggap sebuah item yang fashionable. Namun bagi Demna Gvasalia hal tersebut dapat menjadi ide tersendiri. Tampil bersama dengan spike heels, pada koleksi spring/summer 2018 ia juga merilis Crocs dalam model platform yang langsung disambut histeris. Baik oleh mereka yang merasa terkejut akan hadirnya Crocs di panggung fashion show sekelas Balenciaga, maupun oleh harganya yang mencapai 850 USD.
Meski banyak yang mengkritik, nyatanya sepatu ini terjual habis. Saking banyaknya permintaan, Balenciaga kembali berkolaborasi dengan Crocs di tahun ini merilis koleksi terbarunya yang hadir dalam bentuk boots.

Sweater Aksen Bolong

Sweater BalenciagaSweater Balenciaga/ Foto: Matchesfashion


Kreasi Balenciaga yang kembali menjadi kontroversi adalah sebuah sweater aksen bolong. Dinilai terlihat seperti sweater bekas, harga dari sweater tersebut justru bukan main. Di situs Matchesfashion, sweater tersebut dijual seharga 1083 Poundsterling atau sekitar Rp22 juta.

Bagaimana menurut pendapat kamu Beauties mengenai kreasi unik dan nyeleneh lansiran Balenciaga ini? Layak untuk dibeli kah?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id