sign up SIGN UP

3 Hal Utama yang Perlu Kamu Lakukan Saat Orang Terdekat Sedang 'Tidak Baik-baik Saja', Belajar Lebih Peduli yuk!

Rini Apriliani | Senin, 11 Oct 2021 21:30 WIB
3 Hal Utama yang Perlu Kamu Lakukan Saat Orang Terdekat Sedang 'Tidak Baik-baik Saja', Belajar Lebih Peduli yuk!
caption
Jakarta -

Setiap orang memiliki masalahnya sendiri. Masalah yang mereka alami, tentu saja berbeda dengan masalah yang kita miliki. Sehingga, penyelesaiannya pun tentu berbeda.

Tidak semua orang mampu bertahan dan kuat menjalani masalahnya tersebut. Maka dari itu, sebagai manusia yang berjiwa sosial, kita dapat membantu sedikit mengatasi situasi tidak baik yang sedang mereka rasakan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan, saat menemukan orang terdekat yang sedang 'tidak baik-baik saja'. Simak selengkapnya di bawah ini yuk, Beauties!

1. Menanyakan Kabar Secara Tulus dari Hati

Tafsir mimpi melihat seseorang menangis/Foto: freepik.comMenanyakan Kabar/Foto: Freepik.com

"Hai, apa kabar?" sebuah kalimat sederhana namun ternyata bermakna besar. Apalagi jika kamu secara tulus mengungkapkannya dari hati. 

Kata-kata ini ternyata dapat bermakna besar untuk seseorang yang sedang tidak baik-baik saja.

2. Tidak Memaksakan Dirinya untuk Bercerita

Manfaat sebuah pelukanTidak Memaksanya untuk Bercerita/ Foto: Freepik.com

Dea Aurora selaku Founder Sadar Ibu, dalam sesi Instagram Live bersama Beautynesia, Kamis (7/10) mengatakan, jika kita melihat gelagat berbeda dari orang terdekat kita, namun ia tidak mau bercerita maka jangan sampai memaksa.

"Kita hargain batasannya. Mungkin di momen itu dia belum mau bercerita. Mungkin dia masih memproses emosinya, seperti apa yang dirasakannya. Tapi saat si dia kita senggol bocor, alias mau bercerita, boleh itu didengerin dulu," ujar Dea Aurora.

3. Tidak Terburu-buru Memberikannya Saran

Pelukan sehat dapat mengurangi rasa cemas pada seseorangTidak Terburu-buru Memberikannya Saran/ Foto: Freepik.com

Penting bagi kita untuk menjadi pendengar yang baik. Saat orang terdekat kita sudah mau bercerita, kita perlu untuk menjadi pendengar yang baik dengan tidak langsung terburu-buru memberikannya saran.

Founder Sadar Ibu, Dea Aurora pun menambahkan jika kita perlu mendengar uneg-unegnya sampai terkeluarkan semua. Setelah itu, jika kita ingin memberi saran bisa dilakukan di pertemuan selanjutnya.

"Saat kita mau memberi saran, mungkin bisa dipertemuan selanjutnya. Dipertemuan kedua, ketiga, selanjutnya mungkin bisa kita kasih saran, jika kita memang mau memberi saran," tambahnya.

Selain itu, ketika mendengarkan pun penting untuk kita divalidasi dan memberikannya empati. 

Beauties, itu dia 3 hal utama yang perlu kamu lakukan saat menemukan orang terdekat yang sedang tidak baik-baik saja. Cara mengatasi masalah mereka tentu berbeda dengan masalah yang kita hadapi. Maka support dari orang terdekat sangatlah penting!

Untukmu yang membutuhkan teman bercerita terkait ketakutan dan permasalahan yang sedang dihadapi, bisa menengok Instagram @Sadaribu. Dimana Sadar Ibu merupakan support system platform untuk teman-teman perempuan, supaya tidak merasa sendirian dan lebih optimal dalam menjalankan perannya. Dalam Sadar Ibu ada program-program yang dapat menunjang kesehatan mental para perempuan lewat berbagai edukasi kelas yang diadakan. So, jangan lupa cek Sadar Ibu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id