sign up SIGN UP

LIFE

Tetap Waspada! Begini Aturan New Normal di Kendaraan Umum

Mei Nurul Hidayah | Jumat, 26 Jun 2020 11:00 WIB
Tetap Waspada! Begini Aturan New Normal di Kendaraan Umum
tetap mematuhi protokol kesehatan di kendaraan umum
Jakarta -

Di masa New Normal ini, masyarakat sudah diperbolehkan untuk menggunakan kendaraan umum lho! Meskipun demikian, penumpang dan pengendara harus tetap melaksanakan protokol kesehatan. Tentunya upaya ini dilakukan unuk mencegah penularan Covid 19. Nah, buat kamu yang harus berkegiatan dengan memanfaatkan kendaraan umum, simak yuk ulasan aturan new normal di kendaraan umum!

1. Selalu menggunakan masker kain

Di masa new normal ini, masyarakat Indonesia harus tetap mematuhi aturan new normal dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Nah, hal wajib yang sudah dianjurkan sejak adanya virus ini muncul di Indonesia adalah dengan selalu menggunakan masker kain. Apalagi jika kamu sedang berada di kendaraan umum seperti bus, kereta, angkutan umum, bahkan ojek, kamu tentu akan bertemu dengan banyak orang bukan? Nah, jika kamu sudah menggunakan masker kain, maka  kamu sudah melakukan upaya pencegahan yang tepat. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan masker kain cadangan di tasmu. Setelah sampai di tempat tujuan, gantilah maskermu dengan masker yang bersih, tentu hal ini akan membuatmu lebih nyaman.


Memakai masker kain saat di kendaraan umum sangat penting
memakai masker kain/freepik.com

2. Selalu menyediakan hand sanitizer

Saat naik kendaraan umum tentu kamu tidak akan menjumpai air dan sabun cuci tangan. Maka, kamu bisa selalu membawa hand sanitizer pada kantongmu atau pada saku tasmu. Jika kamu usai menyentuh apapun, segeralah untuk menggunakan hand sanitizer ya!

3. Usahakan tidak menyentuh bagian kendaraan umum

Selain berinteraksi dengan orang-orang yang ada di bus, tanpa kita sadari kita pun sering memegang beberapa bagian pada kendaraan umum tersebut. Akan tetapi, usahakanlah tidak menyentuh bagian kendaraan. Biasanya saat di bus, kamu tak sadar akan berpegangan pada pintu bus atau lainnya. Jika memang kamu tak sengaja memegangnya, segeralah untuk memakai hand sanitizer pada tanganmu agar kuman dan virus yang menempel segera mati.

usahakan tidak menyentuh bagian dalam kendaraan umum
naik bus/freepik.com

4. Selalu jaga jarak dengan penumpang lain

Saat berada di kendaraan umum, tentu akan banyak penumpang di dalamnya. Nah, usahakan tidak banyak berinteraksi dengan penumpang lain ya! Selain itu, tetap jaga jarakmu dengan penumpang lain demi kenyamanan bersama!

5. Membayar tiket atau ongkos menggunakan transaksi non-tunai

Uang kertas adalah salah satu objek yang dapat menularkan kuman dan virus, termasuk virus corona. Nah, jika kamu naik kendaraan umum, usahakan membayar tiket atau ongkos dengan transaksi non tunai ya! Jika memang terpaksa menggunakan uang tunai, segeralah untuk memakai hand sanitizer pada tanganmu.

6. Membawa helm sendiri saat naik ojek

Jika saat bekerja kamu sering memanfaatkan ojek, kamu pun tetap harus waspada lho! Ya, cukup bawa helm sendiri agar kamu lebih merasa nyaman dan aman.

membawa helm pribadi saat naik ojek
membawa helm/freepik.com

7. Jika harus sentuh wajah/mata, pakai tisu yang bersih

Secara tak sadar kita sering sekali menyentuh area pada wajah. Nah, kamu harus membiasakan menyentuh area wajah dengan tisu yang bersih agar wajahmu tetap bersih ya!

8. Mengenakan jaket

Saat berada di kendaraan umum, alangkah baiknya jika kamu selalu mengenakan jaket. Ya, jaket ini berfungsi untuk melindungi pakaian kerjamu dan untuk melindungimu dari berbagai kuman yang menempel pada baju. Setelah kamu sampai di tempat kerjamu, ljemurlah jaketmu di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup agar nanti saat pulang kamu bisa mengenakannya lagi di kendaraan umum.

memakai jaket di kendaraan umum agar lebih nyaman
memakai jaket/freepik.com
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id