sign up SIGN UP

FASHION

Cara Merawat Rambut Panjang agar Sehat dan Tidak Cepat Rontok

Retno Wulandari | Kamis, 09 Jul 2020 16:00 WIB
Cara Merawat Rambut Panjang agar Sehat dan Tidak Cepat Rontok
caption

Merawat rambut memang tidaklah mudah, terutama bagi kamu yang memiliki rambut panjang. Jika salah dalam merawatnya, tentu saja bisa menimbulkan beragam masalah, salah satunya rambut rontok. Nah, untuk kamu yang memiliki rambut panjang, berikut cara yang tepat merawat rambut agar sehat dan tidak rontok!

1. Basahi Rambut dengan Air Hangat

Cara merawat rambut panjang
Basahi Rambut dengan Air Hangat/Freepik.com

Ladies, sebelum keramas kamu dianjurkan untuk membasahi rambut dengan air hangat yang bertujuan untuk membantu membuka pori-pori pada kulit kepala sehingga rambut dapat menyerap nutrisi dari sampo yang akan kamu gunakan.

2. Menggunakan Produk Shampoo yang Aman

Cara merawat rambut panjang
Menggunakan Produk Sampo yang Aman/Freepik.com

Beberapa kandungan pada shampoo maupun kondisioner memang menjadi penyebab rambut kering. Agar rambut panjang kamu tetap sehat dan tidak rontok, sebaiknya hindari produk shampoo maupun kondisioner yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulphate).


SLS ini sebenarnya berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada rambut dengan cara menyerap minyak. Namun, bagi orang-orang yang memiliki kulit kepala yang sensitif, kandungan SLS ini akan menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering hingga rapuh.

3. Bilas dengan Air Dingin

Cara merawat rambut panjang
Bilas dengan Air Dingin/Freepik.com

Jika sebelum keramas kamu dianjurkan untuk membasahi rambut dengan air hangat, maka ketika ingin membilas rambut kamu dianjurkan menggunakan air dingin, Ladies. Di mana air dingin ini berfungsi membantu menutup pori-pori pada kulit kepala sehingga mengunci nutrisi yang sudah terserap. Cara ini akan membantu merawat rambut kamu agar lebih sehat dan lembab lho.

4. Menggunakan Kondisioner

Cara merawat rambut panjang
Menggunakan Kondisioner/Freepik.com

Kondisioner memang dapat membantu mengatasi permasalahan pada rambut panjang kamu, Ladies. Namun, beberapa sebagian wanita masih salah dalam mengaplikasikan kondisioner sehingga masalah pada rambut tidak berkurang bahkan semakin bertambah.

Ketika menggunakan kondisioner, usahakan jangan mengaplikasikan dari akar rambut karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak. Mengaplikasikan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut sudah sangat cukup untuk merawat rambut panjang kamu, Ladies.

5. Jangan Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah

Cara merawat rambut panjang
Jangan Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah/Freepik.com

Meskipun sepele, ternyata kegiatan ini menjadi penyebab utama rambut rontok lho, Ladies. Rambut yang basah ternyata lebih cenderung sensitif dan mudah patah. Oleh sebab itu, jika ingin menyisir rambut sebaiknya tunggu sampai kering dulu ya.

6. Menggunakan Heat Protection

Cara merawat rambut panjang
Menggunakan Heat Protection/Freepik.com

Untuk kamu yang sering menggunakan alat penata rambut seperti catokan dan hair dryer, sebaiknya menggunakan heat protection terlebih dulu agar rambut kamu terlindungi. Selain itu, mengatur suhu alat penata rambut ke suhu yang rendah atau sedang juga perlu kamu lakukan agar rambut tetap sehat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id