sign up SIGN UP

FASHION

Cologne vs Perfume, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Friska NR | Senin, 08 Jun 2020 18:04 WIB
Cologne vs Perfume, Mana yang Paling Cocok Untukmu?
caption

Dapat membuat tampil lebih percaya diri, produk wewangian untuk tubuh menjadi kebutuhan gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih, saat ini terdapat banyak jenis dan aroma wewangian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian.

Salah satu jenis produk wewangian yang paling sering dijumpai adalah cologne dan perfume. Meski kebanyakan orang telah akrab dengan istilah-istilah tersebut, namun tak sedikit pula yang masih belum mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Cologne vs Perfume, Apa Bedanya?

image
Cologne dan Perfume/Pexels.com

Sebenarnya, cologne dan perfume sama-sama merupakan produk wewangian untuk menunjang penampilan. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada kadar konsentrasi fragrance oil dan alkohol yang terkandung di dalamnya.


Kadar konsentrasi tersebutlah yang kemudian akan mempengaruhi ketahanan dan ketajaman aroma wewangian saat melekat di tubuh. 

Cologne

image
eau de cologne/Unsplash.com

Cologne biasanya memiliki wujud yang transparan dan beraroma segar seperti citrus. Suatu wewangian disebut eau de cologne jika memiliki konsentrasi yang sangat ringan, yaitu sekitar 5% kandungan fragrance oil. Karena konsentrasinya yang ringan, aroma eau de cologne biasanya hanya akan bertahan 2 – 3 jam saja.

Perfume

image
Perfume/Unsplash.com

Di antara jenis-jenis wewangian, perfume memiliki kadar konsentrasi yang paling tinggi, yaitu sekitar 15 -30% kandungan fragrance oil. Berbeda dengan cologne, aroma perfume cenderung lebih kuat dan tidak mudah menguap hingga dapat bertahan lebih dari 6 jam. Tak heran, harga perfume pun relatif lebih mahal dibanding jenis-jenis wewangian yang lain.

Mana yang Paling Sesuai Untukmu?

image
Memilih Parfum/Pexels.com

Saat memilih jenis wewangian, penting untuk memerhatikan kadar konsentrasinya agar sesuai dengan kebutuhan dan kepribadianmu. Jika lebih menyukai aroma wewangian yang ringan dan segar, maka cologne adalah pilihan yang tepat. Namun jika kamu menginginkan produk yang memberikan aroma lebih tahan lama dan tajam, maka perfume akan memberikan hasil yang terbaik.

Memiliki aroma yang ringan membuat cologne lebih sering digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Sementara perfume umumnya lebih diandalkan untuk acara-acara istimewa.

Nah sebelum membeli, kamu perlu memerhatikan bahwa diantara jenis wewangian perfume adalah yang memiliki aroma paling kuat, kemudian disusul oleh eau de perfume, eau de toilette, eau de cologne dan terakhir eau de fraiche yang hanya memiliki kadar 1 – 3% fragrance oil.

Sumber: www.makeup.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id