sign up SIGN UP

FASHION

Demi Hindari Covid-19, Ini Tips Beli Baju Lebaran Online agar Tak Salah Pilih

Dian Aprilia | Rabu, 05 May 2021 20:00 WIB
Demi Hindari Covid-19, Ini Tips Beli Baju Lebaran Online agar Tak Salah Pilih
caption

Beberapa waktu yang lalu, heboh kabar ribuan orang yang berdesak-desakan di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. Terlihat dalam berbagai foto yang tersebar di media sosial, ribuan orang tersebut tidak menjaga jarak satu sama lain. Bahkan mereka terlihat susah bergerak karena saking padatnya pengunjung di Tanah Abang.

Terkait hal tersebut, Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, menyarankan untuk membatasi orang datang ke Pasar Tanah Abang dan berpindah pada transaksi belanja online atau daring. Upaya ini dalam rangka untuk mencegah penularan Covid-19, mengingat vaksin yang belum menyeluruh dan kasus corona di Indonesia yang cukup tinggi.  

Berikut beautynesia.id merangkum tips beli baju lebaran online agar tak salah pilih:

Tentukan Budget Baju Lebaran

Budget baju lebaran
Budget baju lebaran/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan budget baju lebaran. Jangan kebalik ya, sebab jika kamu mencari baju lebaran dulu lalu menyesuaikan budget dengan item yang disukai, uang THR bisa ludes setengah hanya untuk beli baju lebaran.

Tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Dengan pijakan nominal budget, kamu bisa membayangkan baju seperti apa yang sesuai dengan harga tersebut. Cari baju lebaran yang terbaik, tapi tetap masuk rentang budget yang kamu tetapkan.

Pilih Situs dan Toko yang Kredibel

Situs dan toko yang kredibel
Situs dan toko yang kredibel/pexels.com

Setelah menentukan budget, maka langkah selanjutnya adalah memilih situs dan toko yang kredibel. Ada banyak situs belanja online yang bisa kamu pilih, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan berbagai macam lainnya. Ada pula website yang khusus toko baju atau butik tertentu.

Selanjutnya cek kredibilitas berbagai toko baju di situs tersebut. Kamu bisa mengetahuinya melalui identitas akun toko (official atau tidak), follower akun (biasanya semakin banyak follower, semakin kredibel), deskripsi produk (jelas atau asal-asalan) dan terakhir testimoni dari pelanggan.

Perhatikan Bahan dan Ukuran

Perhatikan bahan dan ukuran
Perhatikan bahan dan ukuran/pexels.com

Jangan langsung percaya mentah-mentah dengan foto baju yang terlihat indah dan bahan yang terkesan flowy. Kamu perlu pastikan jenis bahan baju sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu ingin bahan yang adem dan juga berkualitas, kamu bisa memilih bahan katun, linen, maxmara dan lainnya.

Selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan ukuran baju yang akan kamu beli. Misalnya, berapa panjangnya, lingkar dada, lingkar perut, panjang lengan dan banyak lagi lainnya. Hal ini juga bisa jadi pijakan kamu memeriksa kondisi baju saat datang dan mengembalikannya jika tidak sesuai dengan deskripsi.

Manfaatkan Momen Promo dan Diskon

Diskon
Diskon/pexels.com

Salah satu keunggulan belanja online adalah banyak tawaran promo dan diskon. Agar lebih hemat dan untung, belilah baju saat momen promo dan diskon. Namun kamu perlu siapkan diri agar tidak sampai kehabisan stok baju yang kamu inginkan ya.

Beberapa situs belanja online dan toko lebaran sedang ramai menawarkan berbagai promo dan diskon menarik di penghujung ramadan kali ini. Jadi siap-siap untuk mulai mencari incaran baju lebaran dan budget untuk membelinya ya.

Simak Aturan Pengembalian Barang

Aturan pengembalian barang
Aturan pengembalian barang/pexels.com

Terakhir, simak aturan pengembalian barang. Toko online yang bagus seharusnya memiliki aturan pengembalian barang. Jadi pelanggan bisa percaya dan tidak perlu takut kecewa jika membeli barang tersebut. Biasanya beberapa toko online mensyaratkan video membuka paket jika ingin mengembalikan barang.

Hal ini bisa jadi panduan saat kamu menerima paket. Pastikan untuk merekam video membuka paket serta menunjukkan kondisi dan detail baju. Jadi jika ada yang cacat atau robek, kamu bisa mengajukan pengembalian barang atau refund kepada toko online tersebut.

Itulah 5 tips belanja baju lebaran online agar tidak salah pilih dan tertipu. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id