sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, Ini 5 Pengeluaran Kecil Saat Belanja Online yang Bikin Kantong Jebol

Dian Aprilia | Sabtu, 24 Apr 2021 21:00 WIB
Hati-hati, Ini 5 Pengeluaran Kecil Saat Belanja Online yang Bikin Kantong Jebol
caption

Peribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" tidak hanya berlaku pada kegiatan menabung saja. Melainkan juga masalah pengeluaran. Pernahkah kamu membeli suatu barang, hanya karena harga murah meski sedang tidak butuh? Nah ini bisa menjadi salah satu penyebab pengeluaran semakin banyak.

Tanpa disadari, pengeluaran sedikit yang sering ditolerir bisa menjadi pengeluaran besar yang akhirnya bikin kantong jebol. Apalagi mengingat barang-barang yang dibeli ternyata tidak dibutuhkan dan sia-sia belaka. Hal ini kerap dialami saat belanja online dan rentan mengacaukan keuangan. Pengeluaran kecil tersebut diantaranya adalah:

Ongkos Kirim

Belanja online
Belanja online/pexels.com

Saat ini belanja online sudah menjadi lifestyle baru yang muncul karena adaptasi dengan masa pandemi. Kalau dulu mungkin hanya belanja saat ada gratis ongkir, saat ini meski tidak ada gratis ongkir pun sudah terbiasa untuk berbelanja online. Biaya gratis ongkir berbeda-beda, bergantung dengan jarak pengiriman.

Memang biayanya tidak terlalu besar jika jarak dekat, mungkin hanya sekitar 8 ribu – 20 ribu saja. Namun, jika biaya tersebut menumpuk dalam jumlah banyak, misal 10 kali pembelian, maka jumlahnya bisa jadi besar dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting lainnya. Seperti membeli pulsa, jajan anak, uang bensin, dan lainnya. 

Belanja Banyak Demi Dapat Cashback

Belanja online
Belanja online/pexels.com

Pengeluaran kecil lainnya yang seringkali disepelekan adalah berbelanja banyak demi mendapatkan cashback. Kalau beli 1 tidak ada cashback, tapi beli 2 bisa dapat cashback 10%. ‘Yaudah beli dua aja, lumayan dapat cashback’. Padahal nilai cashback tidak lebih besar dibandingkan dengan harga 1 produk. Niatnya mau untung, malah menambah pengeluaran deh.

Untuk itu, perlu hitung-hitungan matematis untuk mendapatkan keuntungan dari belanja online. Sebab banyak diskon atau cashback yang ditawarkan ternyata tidak menguntungkan pembeli, hanya menarik psikologis pembeli untuk membeli lebih banyak. Kalau memang butuh sih tidak masalah, tapi kalau tidak butuh kan hanya buang-buang uang saja.

Belanja Barang Tidak Penting karena Diskon Besar

Belanja online
Belanja online/pexels.com

‘Wow, lagi diskon sampai 50%, beli skincare terbaru ah’. Apakah kamu sering mengalami hal yang sama, padahal stok skincare masih banyak dan cukup untuk sekitar dua bulan ke depan. Saat sedang butuh, barang yang barusan dibeli malah hilang entah kemana.

Nah jadi penting untuk mengontrol diri agar bisa membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja, meski saat diskon. Hal ini bisa menjaga cashflow keuanganmu agar tetap lancar dan pengeluaran tidak menumpuk.

Bunga dari Paylater

Belanja online
Belanja online/pexels.com

Saat ini berbagai e-commerce memberikan fasilitas PayLater, dimana memungkinkan pembeli untuk beli sekarang dan bayar nanti. Namun, e-commerce tetap memberi suku bunga dengan jangka waktu beragam, mulai dari 1, 3, 6, 12 bulan. Jika terlambat membayar, maka pengguna dikenakan denda.

Biaya tersebut jika dilihat sekali pembayaran memang terbilang kecil dan ringan. Namun jika dikalkulasikan secara keseluruhan, nilainya cukup besar dan memberatkan kondisi keuangan. Jadi sebaiknya pertimbangkan dengan matang segala konsekuensinya, sebelum memutuskan untuk menggunakan Paylater. 

Beli Barang Super Murah Tapi Kualitas Jelek

Belanja online
Belanja online/pexels.com

Beberapa kali e-commerce menawarkan untuk membeli barang super murah tapi kualitas jelek. Seperti serba 99, serba seribu, serba 10 ribu dan lainnya. Di dalamnya dijual berbagai produk yang menarik, seperti hijab, baju, tas, dan lainnya. Ternyata setelah dibeli, kualitasnya jelek dan sesuai dengan harga. Alhasil barang tidak layak pakai dan ujung-ujungnya malah membuang-buang uang saja.

Itulah 5 pengeluaran kecil yang sering disepelekan saat belanja online, ternyata dampaknya bikin kantong jebol. Semoga kita lebih bijak lagi dalam menggunakan uang dan belanja online.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id