sign up SIGN UP

Duh Sejumlah Aturan Gaya Berbusana Keluarga Kerajaan Inggris Ini Aneh Banget! Apa Saja?

Rayoga Firdaus | Sabtu, 28 Aug 2021 11:00 WIB
Duh Sejumlah Aturan Gaya Berbusana Keluarga Kerajaan Inggris Ini Aneh Banget! Apa Saja?
caption
Jakarta -

Bukan rahasia lagi bila di balik setiap penampilan para anggota Keluarga Kerajaan Inggris terdapat sejumlah aturan berpakaian yang mesti dipatuhi.  Beberapa protokol berbusana Kerajaan Inggris tersebut bahkan terdengar aneh. Namun ternyata terdapat penjelasan yang masuk akal mengenainya. Aturan ini juga tidak hanya berlaku bagi Pangeran dan Putri saja lho, tapi juga termasuk Ratu Elizabeth II sendiri. Lantas apa saja aturan berbusana keluarga Kerajaan Inggris yang tak biasa namun wajib harus tetap diikuti? Berikut rangkumannya.

Tas Selalu Dipegang Tangan Kiri

Meghan Markle Ratu Elizabeth IIMeghan Markle Ratu Elizabeth II/ Foto: Samir Hussein/Samir Hussein/WireImage


Kalau kamu memerhatikan ketika Ratu Elizabeth II, Kate Middleton dan Meghan Markle menghadiri sebuah acara, mereka selalu memegang tasnya dengan tangan kiri. Alasannya sederhana saja, agar mereka mudah menjabat tangan tamu undangan atau saat melambaikan tangan untuk menyapa publik.

Busana Warna Cerah Ratu Elizabeth II

BRACKNELL , ENGLAND - OCTOBER 19: Britain's Queen Elizabeth II visits The Lexicon shopping centre during a visit to Bracknell on October 19, 2018 in Bracknell, England. (Photo by Henry Nicholls - WPA Pool/Getty Images)BRACKNELL , ENGLAND - OCTOBER 19: Britain's Queen Elizabeth II visits The Lexicon shopping centre during a visit to Bracknell on October 19, 2018 in Bracknell, England. (Photo by Henry Nicholls - WPA Pool/Getty Images)/ Foto: Dok. Getty Images


Ada alasan di balik gaya berpakaian Ratu Elizabeth II yang selalu mengenakan warna-warna cerah. Ternyata bukan hanya karena preferensi pribadi tapi juga hal tersebut merupakan bagian dari protokol. Tujuannya ketika Ratu menghadiri acara di ruang terbuka, masyarakat dan juga staf pengawal bisa dengan mudah melihatnya.

Tiap Bepergian Wajib Membawa Busana Warna Hitam

Britain's Kate, the Duchess of Cambridge stands on the balcony of the Foreign Office, during the Remembrance Sunday service at the Cenotaph, in Whitehall, London, Sunday Nov. 8, 2020. (Peter Nicholls/Pool Photo via AP)Britain's Kate, the Duchess of Cambridge stands on the balcony of the Foreign Office, during the Remembrance Sunday service at the Cenotaph, in Whitehall, London, Sunday Nov. 8, 2020. (Peter Nicholls/Pool Photo via AP)/ Foto: AP/Peter Nicholls


Setiap melakukan kunjungan ke mana pun, setiap anggota keluarga Kerajaan Inggris wajib membawa pakaian warna hitam. Karena menjaga jika tiba-tiba ada anggota keluarga yang meninggal sehingga sudah siap untuk menghadiri pemakaman ketika kembali ke Istana.

Dilansir dari situs Cosmopolitan Amerika Serikat, aturan ini ternyata mulai diberlakukan setelah kepergian mendadak Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth II. Kala itu Ratu sedang berada di luar negeri, dan ketika sampai di Inggris karena tidak membawa baju hitam, ia pun harus berganti terlebih dahulu di Pesawat ketika mendarat sebelum akhirnya pulang ke Istana.

Tidak Boleh Melepas Coat Di Depan Publik

Keluarga Kerajaan InggrisKeluarga Kerajaan Inggris/ Foto: Getty Images/Graziadaily


Coat menjadi salah satu fashion item yang selalu dikenakan anggota Keluarga Kerajaan dalam setiap kesempatan. Meski saat menghadiri acara, mereka memakai dress atau setelan jas, akan tetapi mereka tidak boleh melepas coat di depan publik atau saat turun dari mobil. Alasannya ternyata simpel saja. Tidak terlalu anggun untuk dilihat oleh publik.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id