sign up SIGN UP

Sejumlah Gaun Putri Diana yang Ikonis Ternyata Sudah Berpindah Tangan! Ini Para Pemilik Barunya

Rayoga Firdaus | Sabtu, 28 Aug 2021 09:15 WIB
Sejumlah Gaun Putri Diana yang Ikonis Ternyata Sudah Berpindah Tangan! Ini Para Pemilik Barunya
caption
Jakarta -

Selain pengaruhnya di dunia sosial, hal lain yang tidak bisa dilupakan dari mendiang Putri Diana adalah gaya berpenampilannya yang ikonis. Setiap busana yang dipakainya kini memiliki nilai historis tersendiri. Beberapa bahkan menjadi simbol akan pop culture seperti gaun pengantinnya atau dress model off-shoulder yang diberi julukan 'revenge dress'. Beberapa bulan sebelum mengalami tragedi kecelakaan yang merenggut nyawanya pada 31 Agustus 1997, Putri Diana melelang sejumlah dress dan busana favoritnya untuk kepentingan amal. Satu busana ikonis yang diketahui diwariskan secara khusus kepada dua putranya yakni Pangeran William dan Pangeran Harry adalah gaun pengantin sang Putri.

Lalu siapa saja para pemilik dari busana ikonis lainnya dari mendiang Putri Diana sekarang ini? Berikut rangkumannya.

Travolta Dress

John Travolta Putri DianaJohn Travolta Putri Diana/ Foto: EPA/The Telegraph


Dijuluki sebagai 'Travolta dress' karena sang Putri memakai gaun velvet model off-shoulder warna midnight blue ini ketika berdansa dengan aktor John Travolta saat berkunjung ke Gedung Putih pada tahun 1985. Foto dansa keduanya pun menjadi salah satu momen yang paling dikenang. Gaun rancangan Victor Edelstein tercatat telah berpindah kepemilikan tiga kali. Pertama dibeli Maureen Dunkel sebesar 100.000 Poundsterling pada tahun 1997 dalam lelang. Lalu kembali berpindah ke pasangan suami istri di London pada tahun 2013 yang memenangkan lelang sebesar 240.000 Poundsterling. Kini per tahun 2019, dress ini menjadi milik badan amal History Royal Palaces yang membelinya seharga 264.000 Poundsterling atau sekitar Rp4,7 miliar.

Elvis Dress

Putri DianaPutri Diana/ Foto: JULIAN PARKER/GETTY IMAGES


Adalah Putri Diana sendiri yang menjuluki gaun ini sebagai 'Elvis dress'. Karena model kerah tinggi dari jaket bolero tersebut mengingatkan pada sang penyanyi legendaris. Berhiaskan mutiara dan sequins ini telah dipakai dua kali oleh Putri Diana. Pertama saat acara British Fashion Award di bulan Oktober 1989. Sebulan kemudian ia kembali mengenakannya saat mengunjungi Hong Kong. Pada acara lelang tahun 1997, dress ini dimenangkan oleh perusahaan The Franklin Mint sebesar 151.000 USD. Namun akhirnya disumbangkan ke Museum Victoria & Albert di London.

Gaun Biru Festival Film Cannes 1987

Putri Diana Pangeran Charles di Festival Film CannesPutri Diana Pangeran Charles di Festival Film Cannes/ Foto: Getty Images/Anwar Hussein


Gaun strapless warna biru rancangan Catherine Walker menjadi salah satu tampilan favorit dari Putri Diana. Sang Putri sendiri cukup terlibat dalam hal desain. Di mana konon terinspirasi dari gaun yang dikenakan Grace Kelly di film To Catch A Thief. Di tahun 2011, Reuters melaporkan bahwa gaun tersebut telah laku terjual di sebuah lelang yang digelar di Beverly Hills, Amerika Serikat sebesar 132.000 USD. Pembelinya sendiri adalah sebuah museum, di mana pihak balai lelang enggan menyebut nama museum bersangkutan karena belum menerima izin resmi terkait publikasi.

Gaun Putih Royal Opera House 1986

Mandatory Credit: Photo by Shutterstock (135885b) Princess Diana, Princess Diana - 29th June 1987 Arrives At The Premier Of 'the Living Daylights' James Bond Film At The Odeon Leicester Square WORLD PREMIERE OF JAMES BOND FILM ' THE LIVING DAYLIGHTS' IN LONDON, BRITAIN - 1987Mandatory Credit: Photo by Shutterstock (135885b) Princess Diana, Princess Diana - 29th June 1987 Arrives At The Premier Of 'the Living Daylights' James Bond Film At The Odeon Leicester Square WORLD PREMIERE OF JAMES BOND FILM ' THE LIVING DAYLIGHTS' IN LONDON, BRITAIN - 1987/ Foto: Shutterstock/Shutterstock


Gaun putih berhiaskan detail mutiara dan beads rancangan duo David dan Elizabeth Emanuel yang juga merancang gaun pengantinnya kini dimiliki oleh FundaciĆ³n Museo de la Moda, Santiago, Chile. Sebuah museum yang pernah mengadakan sebuah ekshibisi bertajuk Remembering Diana pada tahun 2017. Gaun ini sendiri dikenakan sang Putri saat menonton pertunjukan balet pada tahun 1986.

Revenge Dress

Putri DianaPutri Diana/ Foto: JAYNE FINCHER/GETTY IMAGES/People Magazine


Media menyematkan julukan 'Revenge dress' karena Putri Diana tampil mengenakan dress ini beberapa hari setelah sang mantan suami Pangeran Charles tampil di televisi mengakui skandal perselingkuhan yang telah dilakukannya selama masih menikah dengan Diana. Adalah pasangan suami istri asal Skotlandia Graeme dan Briege Mackenzie yang berhasil memenangkannya dalam lelang di tahun 1997 sebesar 65.000 USD.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id