sign up SIGN UP

FASHION

Enggak Sempat Keramas? Lakukan 4 Tips Ini Untuk Atasi Rambut Lepek!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 16 Sep 2020 15:30 WIB
Enggak Sempat Keramas? Lakukan 4 Tips Ini Untuk Atasi Rambut Lepek!
Cara Atasi Rambut Lepek/freepik.com
Jakarta -

Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita. Namun terkadang, kita seringkali memiliki jadwal yang sangat padat sehingga enggak sempat untuk keramas. Jika dibiarkan cukup lama, biasanya rambut akan menjadi lepek atau berminyak serta bau apek. Tentunya, hal ini akan membuat kita enggak percaya diri. Nah, untuk kamu yang super sibuk dan enggak sempat keramas, Beautynesia.id punya beberapa tips kilat untuk mengatasi rambut lepek. Yuk simak rangkumannya berikut ini!

Dry Shampoo

Dry shampoo memang mampu menyerap minyak dari rambut sehingga menghasilkan tampilan rambut yang lebih bervolume serta lembut tanpa harus keramas.
Dry Shampoo/freepik.com

Produk yang satu ini mungkin sudah cukup terkenal dan banyak digunakan. Dry shampoo memang mampu menyerap minyak dari rambut sehingga menghasilkan tampilan rambut yang lebih bervolume serta lembut tanpa harus keramas. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menyemprotkan dry shampoo ke kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan untuk memaksimalkan penyerapan minyak. Dengan begini, dalam 1 menit rambutmu akan terbebas dari lepek.


Bedak Bayi

Bedak bayi juga bisa menyerap minyak berlebih pada rambut meskipun kamu enggak keramas.
Bedak Tabur/freepik.com

Cara yang satu ini juga sudah cukup banyak diketahui. Jadi, jika kamu enggak memiliki dry shampoo, kamu bisa menggunakan bedak bayi. Enggak usah khawatir! Manfaat yang akan kamu dapatkan akan sama kok. Bedak bayi juga bisa menyerap minyak berlebih pada rambut meskipun kamu enggak keramas. Cara untuk menggunakannya, taburkan bedak di kepala secukupnya dan ratakan dengan menggunakan sisir. Mudah sekali, kan?

Baking Soda

baking soda memiliki kandungan pH yang cukup tinggi sehingga dapat menyerap minyak yang ada di rambut atau kulit kepala. Selain itu, baking soda juga dapat mengurangi bau.
Baking Soda/freepik.com

Selain untuk memasak, baking soda memang memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan ini untuk mengatasi rambut lepek akibat belum keramas. Sebab, baking soda memiliki kandungan pH yang cukup tinggi sehingga dapat menyerap minyak yang ada di rambut atau kulit kepala. Selain itu, baking soda juga dapat mengurangi bau. Untuk menggunakan baking soda sebagai solusi rambut lepekmu, tuangkan baking soda di telapak tanganmu secukupnya. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut hingga merata. Namun, jangan menaruh terlalu banyak di bagian kulit kepala ya, Beautynesian. Sebab kulit kepalamu juga membutuhkan kelembaban alaminya.

Tepung Maizena atau Tepung Jagung

Selain baking soda, bumbu dapur yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut lepek adalah tepung maizena atau tepung jagung.
Tepung Maizena/freepik.com

Selain baking soda, bumbu dapur yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut lepek adalah tepung maizena atau tepung jagung. Sama seperti bedak bayi dan baking soda, bahan yang satu ini juga bisa menyerap minyak pada rambutmu. Hanya saja, tepung maizena punya kecenderungan menyisakan residu bubuk putih. Jadi, untuk kamu yang memiliki rambut berwarna gelap, cobalah menambahkan bubuk kokoa setelah menggunakan tepung maizena.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id