sign up SIGN UP

FASHION

Gak Kalah Penting, Ini Panduan Membersihkan dan Memilih Sisir Rambut yang Tepat!

Nisrina Salsabila | Senin, 23 Nov 2020 09:00 WIB
Gak Kalah Penting, Ini Panduan Membersihkan dan Memilih Sisir Rambut yang Tepat!
caption
Jakarta -

Membersihkan sisir rambut adalah hal yang sama pentingnya dengan membersihkan brush makeup. Kalau brush makeup perlu dicuci seminggu sekali, maka setidaknya bersihkanlah sisirmu 1-2 kali sebulan.

Sisir yang lama tidak dibersihkan bakal menumpuk banyak sekali helaian rambut rontok, ketombe, minyak, kotoran juga debu. Alih-alih bermaksud membuat rambut rapi, yang ada malah kotoran di sisir bisa berpindah ke rambutmu.

tips membersihkan dan memilih sisir
Cara membersihkan sisir/Foto: Pinterest

Berikut cara membersihkan sisir rambut:

  1. Ambil helai-helai rambut rontok yang bersarang pada sisir. Jika sulit diambil dengan jari, pergunakan sikat gigi bekas atau tusuk gigi untuk mempermudah.
  2. Isi mangkuk dengan air, lalu tuangkan beberapa tetes sampo, sabun atau larutan cuka yang dilarutkan dalam air. Rendam sisirmu selama 3-5 menit.
  3. Gunakan bantuan sikat gigi bekas yang telah dibasahi dengan sabun untuk menggosok seluruh sela-sela gigi sisir yang sulit terjangkau. Jika sudah, bilas dengan air bersih.
  4. Taruh sisir menghadap bawah di atas handuk agar airnya turun. Diamkan hingga kering semalaman.

Sebagai perempuan, menyisir rambut adalah hal yang penting untuk dilakukan sebab rambut dianggap sebagai mahkota wanita. Tampilannya harus terlihat rapi dan tertata demi menunjang penampilan.

Oleh karena itu, Beautynesia juga mau membagikan tips memilih jenis sisir yang tepat sesuai jenis rambut supaya rambutmu tidak kusut dan patah. Simak uraiannya berikut ini!

Half Round Brush/Denmas Brush

tips membersihkan dan memilih sisir
Half Round Brush/Denmas Brush/Foto: Pinterest

Jenis sisir yang kepalanya sedikit melengkung ini memiliki banyak gigi sisir yang jaraknya agak dempet dan tumpul di bagian ujungnya. Bentuk kepala sisir yang unik bisa membuat rambut yang tebal bervolume terlihat lebih tipis dan jatuh secara alami.

Paddle Brush

tips membersihkan dan memilih sisir
Paddle Brush/Foto: Pinterest

Paddle brush ciri-cirinya berbentuk persegi dan memiliki cushion/bantalan di dasar sisirnya. Sisir ini pas untuk kamu yang mengalami masalah rambut rontok, juga untuk rambut lurus dan panjang.

Sisir tipe ini dapat mengurangi tekanan di kulit kepala berkat adanya cushion di dasar sisir. Alhasil kamu akan merasakan pijatan lembut di kulit kepala yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, rambut mudah diatur serta mencegah rambut rontok.

Bristle Brush

tips membersihkan dan memilih sisir
Bristle Brush/Foto: Pinterest

Bristle brush berbeda dengan sisir lainnya, karena sisir ini memiliki bulu sikat halus yang terbuat dari bulu sikat sintetis. Sisir ini cocok untuk berbagai tipe rambut.

Bristle brush cocok untuk dijadikan sisir sehari-hari untuk mengatasi rambut kusut, menghaluskan rambut, menjaga bentuk asli helai rambut serta menstimulasi pijatan di kulit kepala.

Round Brush

tips membersihkan dan memilih sisir
Round Brush/Foto: Pinterest

Round brush biasanya digunakan untuk menata rambut agar terlihat lebih bervolume. Desain gigi sisir yang memutar 360 derajat membantumu menggulung rambut agar bentuknya terlihat lebih rapi dan tebal. Round brush biasanya digunakan untuk hair styling dengan hairdryer.

Wide Tooth Comb

tips membersihkan dan memilih sisir
Wide Tooth Comb/Foto: Pinterest

Sisir bergigi renggang ini bisa digunakan bagi kamu yang memiliki rambut ikal dan keriting. Sisir dengan gigi yang jarang memungkinkan kamu untuk merapikan rambut secara lebih mudah tanpa khawatir rambutmu kusut dan tersangkut di gigi sisir, bahkan saat rambutmu dalam keadaan basah sekalipun.

Rattail Comb

tips membersihkan dan memilih sisir
Rattail Comb/Foto: Pinterest

Sisir dengan desain yang tipis dan panjang ini biasanya digunakan untuk menata rambut. Rattail comb memiliki gigi yang rapat berfungsi untuk menciptakan volume pada berbagai tipe rambut dan bentuk pegangannya yang panjang dan meruncing biasa digunakan untuk membelah rambut menjadi beberapa bagian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id