sign up SIGN UP

FASHION

Hati-Hati, Ternyata 5 Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Merusak Rambutmu, Lho!

Priska Andini | Kamis, 19 Mar 2020 13:00 WIB
Hati-Hati, Ternyata 5 Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Merusak Rambutmu, Lho!
caption
Merawat rambut memang susah-susah-gampang ya, Ladies. Menjaga kesehatan dan keindahan rambut tentunya menjadi suatu keharusan, apalagi jika kamu memiliki tipe rambut yang membutuhkan perawatan ekstra.

Menjadi salah satu dari bagian tubuh yang perlu perawatan, rambut tentunya memiliki treatment tersendiri yang memerlukan effort ya, Ladies. Apalagi, rambut yang tidak sehat dan rusak pastinya akan mempengaruhi kesempurnaan penampilan seseorang.


Foto: Istimewa

Permasalahan yang sering timbul seperti rambut bercabang, patah, berminyak, hingga berketombe biasanya merupakan momok menyeramkan bagi tiap orang, apalagi wanita yang lebih memperhatikan penampilan. Namun, meskipun kamu rajin merawat rambut, tetapi terdapat kebiasaan yang kamu lakukan saat tidur yang ternyata bisa merusak rambutmu, lho! Berikut adalah 5 kebiasaan saat tidur yang bisa merusak kesehatan rambut:
 


1.    Tidur dengan Rambut yang Terikat


Kebiasaan mengikat rambut saat tidur ternyata dapat membuat rambutmu rapuh dan gampang patah, lho. Hal ini terjadi karena ikatan yang terlalu kuat dapat mengakibatkan rambutmu sulit “bernapas” dan akhirnya mudah rontok. Untuk itu, biarkan rambutmu dalam keadaan terurai saat tidur. Kalaupun kamu harus mengikat rambut, cukup ikat dengan menggunakan jepit atau kendorkan ikat rambutmu.



Foto: Istimewa


 


2.    Terlalu Sering Menyisir Rambut


Jika kamu terbiasa menyisir rambut, terutama sebelum tidur, sebaiknya kurangi kuantitasnya, ya. Hal ini karena terlalu sering menyisir rambut dapat membuat rambutmu bercabang. Selain itu, menyisir rambut terlalu sering juga membuat kelenjar minyak di kulit kepalamu aktif dan akhirnya rambutmu menjadi berminyak dan lepek. Ew, big no, kan?


Foto: Istimewa


 


3.    Jarang Menyisir Rambut


Tidak hanya terlalu sering menyisir saja yang bisa membuat rambut rusak, tapi jika kamu jarang menyisir rambut apalagi sebelum tidur, kamu juga bisa membuat rambutmu rusak, lho! Jarang menyisir rambut juga bisa membuat rambutmu kering dan kusut. Untuk itu, cukup sisir rambutmu dengan menggunakan jari sebelum tidur, ya.


Foto: Istimewa


 


4.    Tidur dengan Rambut Basah


Biasanya, sehabis keramas, kamu akan merasa nyaman dan akhirnya mengantuk. Apalagi ketika sudah rebahan di kasur. Tak jarang kamu tidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Namun ternyata, kondisi seperti ini bisa merusak kesehatan rambutmu, lho!


Foto: Istimewa

Tidur dalam keadaan rambut basah tidak dianjurkan, karena hal ini dapat membuat iritasi pada rambut serta kulit kepala. Selain itu, rambutmu juga bisa saja bau. Untuk itu, biasakan untuk mengeringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum tidur, ya.
 


5.    Jarang Mengganti Sarung Bantal


Sarung bantal yang jarang diganti akan dipenuhi oleh kuman dan bakteri serta debu dari kulitmu. Kuman dan kotoran tersebut bisa saja menempel di rambut dan akhirnya merusak rambutmu. Untuk itu, jangan malas mengganti sarung bantalmu secara berkala, ya. Selain menjaga kesehatan rambut, sarung bantal yang bersih juga bisa mencegah jerawat di kulit.


Foto: Istimewa
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id