sign up SIGN UP

Jadi Tren Hairstyle 2021, Begini Inspirasi dan Cara Merawat Rambut Keriting ala Celebrity Hairstylist

Nisrina Salsabila | Jumat, 18 Dec 2020 16:30 WIB
Jadi Tren Hairstyle 2021, Begini Inspirasi dan Cara Merawat Rambut Keriting ala Celebrity Hairstylist
caption
Jakarta -

Tolok ukur kecantikan perempuan saat ini memang jauh lebih luas daripada tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya rambut lurus, rambut keriting pun kini menjadi tren dan terlihat sangat eksotik. Buktinya, gaya rambut curly atau keriting ala era 90-an kembali menjadi tren di tahun 2021 mendatang. Namun, rambut tipe ini memerlukan penataan dan perawatan ekstra untuk menjadikannya senantiasa indah.

Cek artikel di bawah ini untuk lebih banyak tips perawatan dan inspirasi gaya rambut keriting dan kribo.

Kenali Tipe Model Rambut Ikalmu

cara merawat rambut keriting
Zigzag dari kiri atas: rambut lurus, rambut bergelombang, rambut keriting, dan rambut kribo/Foto: Instagram/maudyayunda/cakecaine/wizzyofficial_/hoshounkpatin

Tahukah Ladies, rambut ternyata punya tingkat keikalannya sendiri, loh! Model rambut ikal tipe 1 dan 2 adalah rambut lurus dan bergelombang, sedangkan model rambut ikal tipe 3 adalah rambut keriting dan tipe 4 adalah coily/rambut kribo/afro.

Dilansir dari Tresemme, rambut keriting (tipe 3) memiliki 50% tingkat keikalan rambut. Rambut tipe ini cenderung sulit untuk ditata dan lebih mudah kusut sehingga kamu perlu berhati-hati saat menyisirnya. Sebaiknya kamu tidur dengan topi sutra atau bantal sutra untuk membantu mempertahankan kelembapan helaian rambut.

Rambut kribo (tipe 4) memiliki tingkat keikalan sangat rapat dan bervolume lebat. Oleh karena itu rambut ini biasanya terlihat mengembang menyerupai topi atau helm besar apabila berada dalam kondisi kering. Rambut kribo biasanya sangat kering karena minyak alami dari kulit kepala tidak langsung tersalurkan hingga ujung rambut.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Keriting?

Hairstylist selebriti Ro Morgan dan curly hair guru Hos Hounkpatin sangat menyarankan penggunaan sampo ringan dan bebas sulfat yang akan merawat tekstur alami rambut keriting tanpa terlihat terlalu kusut. Kemudian juga aplikasikan kondisioner yang melembapkan.

Tepuk-tepuk rambutmu dengan handuk microfiber atau kaus katun bekas. Saat setengah kering, kunci kelembapan dengan memberikan produk curl cream, hair oil atau kondisioner tanpa bilas dari pangkal hingga ke ujung rambut. L’Oreal Studio Remix Texturizing Styling Paste, Kérastase Discipline Curl Idéal Oleo Curl Cream, dan Pantene Perfec+ On adalah rekomendasinya.

cara merawat rambut keriting
Hair difusser untuk mengeringkan rambut keriting agar mudah diatur/Foto: Pinterest/curlkeeper

Membiarkan rambut kering dengan sendirinya atau memanfaatkan bantuan alat adalah pilihanmu. Ro Morgan merekomendasikan penggunaan hair difusser yang khusus untuk mengeringkan rambut keriting. Setelah rambut kering hingga 50%, gunakan hair difusser secara low heat. Arahkan diffuser ke atas kulit kepala dan tahan selama 10-20 detik untuk mengurangi kusut. Hindari mengeringkan rambut sepenuhnya agar kesehatan tekstur rambut tetap terjaga.

Untuk merapikan rambut sebaiknya kamu menggunakan sisir bergigi lebar/wide tooth comb untuk meminimalisir rambut kusut.

Inspirasi Gaya Rambut Keriting yang Perlu Kamu Coba

1. Twist

cara merawat rambut keriting
Gaya twist membuatmu tampak unik dan lebih simple/Foto: Instagram/tatyanaakman

Tak dipungkiri, gaya rambut twist/lilit adalah pilihan gaya yang sangat imut dan unik. Gunakan curl cream untuk melembabkan dan menguatkan sebelum melilit rambut. Buatlah lilitan dari rambut basah, bagian demi bagian kecil untuk menghasilkan gulungan yang kencang. Atau kalau tipe ikal rambutmu tidak begitu rapat, kamu dapat membuat kepang-kepang kecil yang dibiarkan semalaman.

2. Curly Hair ala 70-an

cara merawat rambut keriting
Curly hair ala era 70an/Foto: Instagram/hoshounkpatin

Awali dengan menyisir rambut menggunakan sisir jenis paddle brush. Usai mengaplikasikan produk heat protector seperti Tresemme Keratin Smooth Flat Iron Smoothing Spray, manfaatkan alat pengeriting berukuran setengah inci dan kerjakan per bagian rambut. Kuncinya adalah curling dari kiri ke kanan ke arah yang berbeda. Terakhir, gunakan jari untuk memisahkan keritingan supaya terlihat tebal dan set dengan Rudy Hadisuwarno Styling Hair Spray.

3. Gaya Rambut ala Alicia Keys

cara merawat rambut keriting
Tatanan rambut licin dan elegan seperti Alicia Keys/Foto: Instagram/aliciakeys

Hos Hounkpatin, sang penata rambut berusaha menampilkan kesan rapi dan fresh untuk look ini. Tata bagian atas rambut dengan catokan atau smoothing cream dari Makarizo Professional Rebonding System HydroPrisma Straightening Cream Strong untuk menciptakan kesan rapi dan licin. Lalu, buat kepangan rapi pada bagian rambut yang menjuntai supaya terlihat elegan. Gaya ini juga cocok, loh, untuk acara formal!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id