sign up SIGN UP

FASHION

Jeans Cepat Luntur dan Melar? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Anindya Milagsita | Selasa, 16 Jun 2020 17:00 WIB
Jeans Cepat Luntur dan Melar? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!
caption

Ladies, pasti ada sebagian dari kalian yang suka banget pakai jeans buat dipakai sebagai daily outfit kan? Nah, pemakaian celana jeans secara sering dan berulang-ulang terkadang bikin warna luntur bahkan bahannya jadi melar. Sayang banget kan kalau sampai celana jeans favorit kamu jadi berubah kondisinya? 

Agar celana jeans kesayangan kamu awet, enggak rentan luntur, dan anti-melar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya dengan mengetahui cara mencuci yang baik dan benar. Gimana ya cara mencuci celana jeans biar bisa lebih awet pemakaiannya?

Jangan Terlalu Sering Dicuci

image
Tips Mencuci Celana Jeans/freepik.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan enggak terlalu sering mencucinya, Ladies. Berbeda dengan pakaian sehari-hari yang wajib buat dicuci setiap hari, celana jeans justru disarankan buat enggak sering-sering dicuci lho. Terlalu sering mencucinya justru memicu lunturnya warna pada celana jeans dan bisa bikin bahan jadi rentan melar. 


Kamu bisa mencuci celana jeans minimal setelah 5 kali memakainya, ya. Pastikan setelah memakai celana jeans, simpan di tempat yang bersih buat menghindari adanya kuman dan bakteri yang menumpuk. Kamu juga bisa memasang hanger pada celana jeans dan diangin-anginkan supaya kondisi enggak lembap setelah pemakaian. 

Lebih Baik Dicuci Secara Manual

image
Waktu Mencuci Celana Jeans/freepik.com

Saat celana jeans yang sering kamu pakai udah kotor, waktunya buat mencucinya. Nah biar kondisi celana jeans kamu tetap awet, lebih baik buat dicuci secara manual pakai tangan, ladies. Memakai tangan buat mencuci jeans dianggap lebih aman jika dibanding mesin cuci lho. Ini karena kondisi jeans yang dicuci pakai mesin cuci rentan tertarik-tarik hingga bisa berubah jadi melar. 

Hindari Pemakaian Deterjen Pemutih

image
Detergen untuk Celana Jeans/freepik.com

Buat mencuci celana jeans biar makin awet, kamu juga harus memperhatikan pemakaian detergennya. Hindari pemakaian detergen yang punya kandungan pemutih ya, ladies. Hal ini dikhawatirkan pemutih dalam detergen bisa membuat warna jeans kamu berubah memudar. Pilih detergen dengan formulasi yang bisa menjaga dan merawat warna pada pakaian. 

Tips yang bisa kamu lakukan agar celana jeans awet pemakaiannya, saat mencuci dengan tangan jangan kucek terlalu keras atau bahkan memakai sikat. Cukup rendam celana jeans  ke dalam ember yang udah diberi air dan detergen selama sekitar 30 menit. Setelah itu kucek perlahan secara lembut dan bilas hingga bersih.

Pastikan Membalik Bagian dalam Jadi di luar

image
Balik Bagian Celana Jeans/freepik.com

Nah mungkin karena kesibukan, volume cucian yang terlalu banyak, atau biar lebih efektif sebagian di antara kamu pasti lebih memilih untuk mencuci celana jeans pakai mesin cuci. Kamu bisa lebih memperhatikan beberapa hal sebelum memasukkan celana jeans ke dalam mesin cuci. Salah satunya seperti membalik bagian celana jeans. 

Membalik celana jeans dengan bagian dalam jadi di luar bisa mencegah terjadinya pemudaran pada kain, ladies. Hal ini juga dilakukan agar bagian dalam celana jeans bisa lebih bersih karena bagaimanapun bagian ini langsung menyentuh kulit kita. Proses membalikkan bagian celana jeans ini juga mempermudah kamu saat menjemurnya nanti. 

Jangan Lupa Menutup Resleting dan Kancing

image
Kancingkan Celana Jeans/freepik.com

Last but not least, saat mencuci celana jeans pakai mesin cuci kamu juga harus memastikan kacing dan resleting dalam keadaan tertutup. Setelah membalikkan bagian dalam ke luar, kamu bisa langsung mengancingkan dan menutup resleting. Ini dilakukan untuk mencegah tertariknya bagian ini saat dicuci dalam mesin. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id