sign up SIGN UP

FASHION

Jenis Perawatan yang Penting Untuk Tiap Jenis Rambut

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Kamis, 25 Jun 2020 09:00 WIB
Jenis Perawatan yang Penting Untuk Tiap Jenis Rambut
caption

Memiliki rambut yang indah dan sehat tentu menjadi impian semua orang. Tapi, memilikinya tentu enggak semudah itu. Perlu cara merawat rambut yang tepat untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Tiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Sehingga, cara merawatnya pun tentu berbeda. Supaya enggak salah, yuk coba ikuti tips merawat rambut sesuai dengan jenisnya berikut ini.

Cara Merawat Rambut Kering

image
Perawatan Rambut Kering/freepik.com

           


Apakah kamu memiliki jenis rambut kering? Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Hal ini disebabkan karena kurangnya kelembaban pada batang rambut. Cara untuk merawatnya adalah dengan menggunakan menggunakan masker rambut. Kamu bisa menggunakan masker rambut instan yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur setidaknya seminggu sekali. Pilihlah masker yang mengandung pelembab ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum menggunakan hair dryer. Vitamin rambut ini bisa membantu melemaskan rambutmu yang kering dan kasar agar lebih teratur dan lembut.

Cara Merawat Rambut Rusak

image
Rambut Rusak/freepik.com

Rambut rusak biasanya ditandai dengan rambut yang kering serta mudah patah atau rontok. Kondisi ini pastinya membuat kesal dan enggak percaya diri. Untuk mengatasi rambut yang rusak, dibutuhkan beberapa perawatan khusus. Misalnya seperti memotong ujung rambut yang rusak, menggunakan sampo di area kulit kepala saja, menggunakan kondisioner khusus, serta mengonsumsi nutrisi yang baik. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin B, protein dan zinc, rambutmu pun akan lebih kuat sehingga enggak mudah rontok. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemijatan dengan hot oil. Caranya, panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola atau rapeseed sampai hangat. Setelah itu, gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit kepalamu.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Berketombe

image
Rambut Berketombe/freepik.com

Ketombe enggak hanya membuat kepala terasa gatal. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut lho! Kalau kamu sudah mengalami dua masalah ini, jangan diabaikan begitu saja ya. Kamu bisa melakukan perawatan seperti memakai masker rambut pepaya dan madu. Sebab, pepaya mengandung chitinase yang dapat melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Sedangkan madu memiliki khasiat antiseptik dan mampu menyuburkan rambut. Kamu juga bisa menggunakan masker rambut dari lidah buaya atau jeruk nipis. Kemudian, jauhi wax & styling gel ya Beautynesian. Kedua produk ini bisa membuat rambut jadi cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Produk ini juga mengandung bahan kimia yang dapat melemahkan batang rambut sehingga membuatnya mudah rontok.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id