sign up SIGN UP

FASHION

Karantina di Rumah Bikin Rambut Rontok? Ini Penyebabnya!

Rumaysha Milhania | Senin, 22 Jun 2020 14:00 WIB
Karantina di Rumah Bikin Rambut Rontok? Ini Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Menjalani masa PSBB di rumah membuat sebagian orang kehilangan banyak pilihan aktivitas. Sayangnya, ini berdampak serius pada kondisi mereka. Salah satu yang banyak dikeluhkan wanita adalah rambut yang semakin menipis karena rontok. Orang-orang yang mengalami masalah rambut rontok saat karantina ini mempertanyakan, mengapa kerontokan rambut semakin parah saat mereka di rumah saja? Padahal, mereka tidak menggunakan catokan atau pengering rambut serta mengikat rambut dengan keras selama beraktivitas di rumah. Untuk itu, simak ulasan tentang penyebab rambut rontok selama karantina diri berikut ini:

Seorang wanita memegang sisir dan rambutnya yang rontok.
Rambut rontok saat disisir/ Sumber: Freepik.com

Tekanan dan Stres

Tidak bisa dipungkiri, pandemi menyebabkan banyak perubahan dalam sisi kehidupan. Banyak orang terpaksa harus mengalami kerugian dalam bisnisnya, kehilangan pekerjaan, hingga kehilangan kesempatan untuk menaiki tangga karir. Meskipun kerap kali dianggap sebagai bahan guyonan, sebenarnya kondisi ini benar-benar membuat sebagian orang stres dan tertekan. Inilah yang pada akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan rambut.


Jarang Keramas

Di rumah saja selama berbulan-bulan membuat sebagian orang malah mengurangi frekuensi mandi dan keramasnya. Padahal, membersihkan diri merupakan bagian penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tampil optimal. Rambut yang lepek karena minyak juga menjadi berisiko rontok.

Sebagian sisir yang memiliki sikat rapat cenderung menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.
Rambut yang rontok saat disisir/ Sumber: Freepik.com

Asupan Makanan yang Berantakan

Makanan juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tampilan dan kesehatan kulit dan rambut. Makanan yang berantakan dan tidak sehat membuat seseorang cenderung mengalami keluhan jerawat dan rambut rontok. Di sisi lain, pandemi membuat sebagian orang menjadi lebih longgar dalam menjaga diet mereka. Alhasil, membeli makanan melalui ojek online menjadi penyebab mereka kelepasan saat memilih makanan.

Rambut yang kuat dapat diperoleh dengan perawatan yang baik, penjagaan pola makan, serta gaya hidup yang sehat.
Rambut kuat dan sehat/ Sumber: Freepik.com

Tips Mengatasi Rambut Rontok Saat Karantina

Untuk itu, pahami beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok selama pandemi:

  1. Biasakan untuk keramas dengan rutin. Jika perlu, jadwalkan waktu untuk menggunakan hair mask yang sangat direkomendasikan untuk menutrisi dan menyehatkan rambut.
  2. Jaga pola makan yang sehat dan teratur. Perbanyak asupan air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
  3. Rutin berolahraga. Olahraga dapat membantumu memperlancar peredaran darah sehingga memperkuat nutrisi yang dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk rambut.
  4. Menambah asupan vitamin dan mineral.
  5. Kurangi stres dan carilah fokus lain untuk menghindari diri terpuruk pada kondisi yang memang di luar kontrol kita.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok selama pandemi dan cara untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Artikel terkait.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id