Label Fashion Mewah Ini Menjadi yang Pertama Lulus Salah Satu Uji Sertifikasi Ramah Lingkungan Paling Ketat! Siapa kah?

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Jumat, 22 Oct 2021 16:30 WIB
Label Fashion Mewah Ini Menjadi yang Pertama Lulus Salah Satu Uji Sertifikasi Ramah Lingkungan Paling Ketat! Siapa kah?
Label Fashion Mewah Ini Menjadi yang Pertama Lulus Salah Satu Uji Sertifikasi Ramah Lingkungan Paling Ketat! Siapa kah?/Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue

Industri fashion sedang ramai berbenah demi lebih ramah lingkungan, dan salah satu yang sudah selangkah lebih maju adalah label fashion Chloé dengan menjadi luxury brand pertama yang berhasil lulus uji sertifikasi B Corp. B Corp adalah sebuah uji sertifikasi ramah lingkungan yang menganalisis bukan hanya dari segi produk tapi juga sejauh mana program yang dimiliki perusahaan tersebut memberi dampak positif dalam hal sosial dan lingkungan. Begitu juga dalam hal keabsahan secara legal dan transparansi kepada publik.

Chloé spring/summer 2022Chloé spring/summer 2022/ Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue

Sertifikasi B Corp dianggap paling ketat dan sulit untuk diraih. Dilansir dari Vogue, perusahaan harus menjawab 300 pertanyaan terkait komitmen mereka mengenai lingkungan dan sosial. Minimal 80 poin untuk bisa lulus uji ini. Sejauh ini baru ada 3500 label yang berhasil lulus dari 100 ribu yang mendaftar. Dan label fashion Chloé, menjadi luxury brand pertama yang berhasil mendapatkan sertifikasi bergengsi ini.

Chloé spring/summer 2022Chloé spring/summer 2022/ Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue

Komitmen Chloé untuk bisa lebih ramah lingkungan memang tidak terlepas dari dorongan Gabriela Hearst selaku creative director. Sang desainer memang dikenal aktif dalam memperjuangkan aksi fashion yang lebih ramah lingkungan.

Sama seperti yang dilakukan di label pribadinya, Gabriela juga sering memanfaatkan kain sisa untuk membuat koleksi baru ketika merancang koleksi Chloé. Dikutip dari Vogue, dengan pemanfaatan kain sisa ini Chloé berhasil mengurangi carbon footprint dari sebelumnya hingga 400%.

Chloé spring/summer 2022Chloé spring/summer 2022/ Foto: Armando Grillo / Gorunway.com/Vogue

Meluasnya kesadaran akan kondisi lingkungan yang semakin parah membuat konsumen mulai cermat dalam menentukan pilihan berbelanja baju. Menyadari bahwa industri fashion menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan alam, konsumen semakin menuntut label dan desainer untuk berperan aktif dalam menyelamatkan lingkungan, tidak terkecuali para label fashion mewah.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE