sign up SIGN UP

Stella McCartney Rilis Tas Berbahan Kulit Jamur Pada Fashion Show Koleksi Terbaru di Paris Fashion Week

Rayoga Firdaus | Selasa, 05 Oct 2021 20:30 WIB
Stella McCartney Rilis Tas Berbahan Kulit Jamur Pada Fashion Show Koleksi Terbaru di Paris Fashion Week
caption
Jakarta -

Stella McCartney perkenalkan kreasi tas berbahan kulit jamur pada koleksi terbarunya yang dipresentasikan di Paris Fashion Week. Sebagai desainer yang memang konsisten dalam menggiatkan gerakan fashion ramah lingkungan, Stella juga tidak pernah memakai material yang berasal dari hewan semisal kulit dan bulu baik untuk koleksi aksesori seperti tas dan sepatu maupun busana.

Stella McCartney spring/summer 2022Stella McCartney spring/summer 2022/ Foto: livingly.com/IMAXtree

Untuk inovasi terbarunya, Stella McCartney menggunakan Mylo, sebuah jenis kulit dari jamur yang dikembangnkannya bersama Bolt Threads. "jamur -jamur tersebut dikembangkan di laboratorium, tanpa menggunakan air dan hanya sedikit menggunakan tenaga listrik. Kemudian dilakukan penekanan dan diformulasi agar menjadi sebuah kulit buatan," terang Stella seperti dikutip dari situs Vogue mengenai proses pembuatan materialnya.

Stella McCartney spring/summer 2022Stella McCartney spring/summer 2022/ Foto: livingly.com/IMAXtree

Terkait desain, desainer berusia 50 tahun tersebut menjadikan material inovatifnya ke dalam salah satu lini tas ikonisnya, seri Frayme. Sebuah tas berbentuk rounded berhiaskan rantai emas dan perak yang edgy.

Kehadiran tas berbahan kulit jamur ini melanjuti upayanya dalam mengembangkan material tersebut. Sebelumnya pada Maret 2021 lalu, Stella telah melansir busana dalam bahan serupa. Dilansir dari Vogue, tas ini akan dirilis secara terbatas yakni hanya 100 buah saja dan dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kreasi tas kulit pada umumnya.

Stella McCartneyStella McCartney/ Foto: livingly.com/IMAXtree

"Namun tas ini tidak sampai harus membunuh hewan, tidak memotong pohon. Ini adalah masa depan dari fashion. Jika kita bisa melakukannya dengan benar, dan saya rasa kita bisa. Ini adalah awal dari sebuah era baru," terang sang desainer.

Sebenarnya Stella McCartney tak sendiri. Hermès di awal tahun ini juga sudah mulai mengembangkan kulit dari mycelium dengan bekerja sama bersama MycoWorks.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id