sign up SIGN UP

FASHION

Makna Sejumlah Gaun yang Dipakai Ayu Maulida di Ajang Miss Universe 2020

Ersa Monica | Selasa, 18 May 2021 07:00 WIB
Makna Sejumlah Gaun yang Dipakai Ayu Maulida di Ajang Miss Universe 2020
caption
Jakarta -

Ajang kontes kecantikan Miss Universe baru saja berakhir pada hari ini (17/5). Wakil dari Indonesia, Ayu Maulida berhasil melaju hingga babak top 21. Selama ajang tersebut digelar, perempuan yang akrab disapa Ayuma ini kerap menggunakan gaun-gaun cantik yang sarat akan makna. Berikut sejumlah gaun yang dikenakan Ayuma di Miss Universe beserta makna di baliknya yang dikutip dari akun Instagram @ayumaulida97.

Kebaya ‘Nareswari’

Kebaya 'Nareswari'/instagram.com/ayumaulida97
Kebaya 'Nareswari'/instagram.com/ayumaulida97

Ayuma mengenakan kebaya ‘Nareswari’ karya Anne Avantie di momen ‘Gala Dinner and Orientation Day’. Kebaya modern berwarna merah ini terinspirasi dari keberanian dan semangat wanita Indonesia yang tidak pernah gagal menginspirasi Ayuma. Baginya, Nareswari mengijinkannya untuk menjadi wanita yang tidak hanya passionate, tetapi juga berani, tenang, dan penuh percaya diri. Sosok perempuan Indonesia digambarkan dalam kebaya tersebut.

Kostum Nasional ‘Komodo Dragon’

Kostum Nasional 'Komodo Dragon'/instagram.com/ayumaulida97
Kostum Nasional 'Komodo Dragon'/instagram.com/ayumaulida97

Kostum Nasional bertajuk ‘Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage’ merupakan hasil kolaborasi antara desainer pakaian Diana M Putri dari Diana Couture dan desainer aksesoris Yuling Hoo dan Silvy Prajoho dari La Ciel Design. Komodo, reptil yang berasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia jutaan tahun lalu yang menginspirasi pembuatan kostum nasional yang digunakan wakil dari Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Kata-kata ‘An Indonesian Prehistoric Heritage’ dalam tema yang diangkat pada kostum nasional kali ini merujuk pada hewan komodo yang sering disebut sebagai tautan terakhir dinosaurus prasejarah. Para desainer yang merancang kostum nasional ini membuat pakaian yang sedemikian mirip dengan wujud asli komodo.

Gaun ‘The Divine Lungs of Indonesia’

Gaun ‘The Divine Lungs of Indonesia’/instagram.com/ayumaulida97
Gaun ‘The Divine Lungs of Indonesia’/instagram.com/ayumaulida97

Dalam Bahasa Indonesia, ‘The Divine Lungs of Indonesia’ diartikan sebagai paru-paru ilahi Indonesia yang mewakili kesadaran terhadap deforestasi yang terjadi hingga saat ini. Desainer Diana Putri memilih warna hijau zamrud yang mewakili kekayaan hutan hujan Indonesia dan warna emas yang melambangkan kekuatan, baik kekuatan untuk melestarikan masa depan kita maupun kekuatan untuk melestarikan anugerah bumi dengan bijak agar tercipta kondisi alam yang lebih baik untuk kehidupan di dunia.

Ayuma diibaratkan sebagai Dewi dan Ratu hutan hujan yang merebut kembali kekuatan dan keindahannya dari penggundulan hutan yang selama ini terjadi. Ia menjadi wakil ibu pertiwi yang merupakan sosok ibu bagi anak-anak masa depan yang turut berdoa agar terjadi perubahan di masa depan.

Gaun ‘Stardust’

Gaun 'Stardust'/instagram.com/ayumaulida97
Gaun 'Stardust'/instagram.com/ayumaulida97

Gaun ‘Stardust’ yang digunakan Ayuma di malam final Miss Universe 2020 adalah hasil karya perancang busana Sebastian Gunawan. Gaun ini terinspirasi dari serpihan bintang yang berkilau halus. Perpaduan warna emas dan perak yang berkilauan akan memberikan perasaan ajaib seperti mimpi yang romantis. Dengan menggunakan gaun tersebut, Ayuma yang menjadi wakil Indonesia di Miss Universe 2020 diharapkan dapat bersinar terang seperti bintang.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id