sign up SIGN UP

FASHION

5 Cara Cat Rambut Sendiri yang Aman di Rumah

Astari Dewi Larasati | Kamis, 24 Dec 2020 09:15 WIB
5 Cara Cat Rambut Sendiri yang Aman di Rumah
caption

Proses mewarnai rambut yang dilakukan sendiri biasanya akan mengenai kulit, mulai dari kulit kepala dan tangan. Jadi sebaiknya lakukan secara perlahan dan hati-hati, jika sudah terbiasa maka akan mendapatkan hasil sempurna.

Ada beberapa cat rambut yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada wajah dan reaksinya akan semakin buruk setiap kali terpapar. Maka dari itu, perlu berhati-hati saat mengecat warna rambut agar tidak mengenai kulit secara langsung. 

Selalu Lakukan Tes Patch

Dilakukan untuk menghindari reaksi alergi pada kulit sebelum dipakai.
Selalu lakukan tes patch/pinterest.com/holistichealth

Sama seperti produk dan makeup, sebelum dibeli biasanya akan di swatch ke tangan agar mengetahui warnanya. Namun untuk cat rambut, dilakukan untuk menghindari reaksi alergi pada kulit sebelum dipakai.

Alergi umum yang paling terkenal disebut paraphenylenediamine (PPD) dalam pewarna rambut yang akan bereaksi pada beberapa orang. Biasanya timbul gejala gatal dan meradang bahkan ada risiko yang lebih berbahaya.

Persiapkan Sebelum Mulai

Cobalah periksa terlebih dahulu alat dan bahan sudah lengkap atau belum.
Persiapkan sebelum mulai/freepik.com

Sebelum lanjut ke langkah mewarnai rambut, cobalah periksa terlebih dahulu alat dan bahan sudah lengkap atau belum. Kemudian lapisi garis rambut dengan selotip kelas medis sebelum mengaplikasikan cat warna pada rambut.

Bersamaan dengan selotip, pakai penghalang antara rambut dan kulit untuk meningkatkan perlindungan. Better safe than sorry, Ladies!

Lindungi Selama Proses

Berguna untuk melindungi kulit badan dan pakaian dari cat pewarna.
Lindungi selama proses/freepik.com

Tidak hanya memakai selotip dan penghalang, setelah memakai cat pewarna. Bungkus rambut menggunakan handuk dengan warna gelap. Hal ini berguna untuk melindungi kulit badan dan pakaian yang sedang dikenakan selama proses mewarnai rambut.

Gunakan Alat yang Tepat

Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, gunakan alat yang tepat.
Gunakan alat yang tepat/freepik.com

Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, gunakan alat yang tepat untuk mengecat warna rambut. Seperti pakai kuas yang lebih kecil agar pekerjaan jadi mudah. Kemudian gunakan cermin pembesar untuk melihat warna lebih baik (arah) di sepanjang garis rambut.

Bersihkan Kotoran Secepatnya

Sebaiknya segera bersihkan menggunakan sabun dan air atau baking soda.
Bersihkan kotoran secepatnya/freepik.com

Walaupun secara umum pewarna rambut relatif aman di kulit untuk waktu yang singkat. Namun jika kebetulan mengenai wajah, tangan, atau bagian tubuh lainnya selama pewarnaan. Sebaiknya segera bersihkan menggunakan sabun dan air atau baking soda. Selain itu, juga bisa pakai alkohol tapi dapat membuat kulit kering. Selalu berhati-hati saat menggosok kulit agar tidak iritasi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id