sign up SIGN UP

FASHION

Mendobrak Standar Kecantikan, Deretan Model Inklusif Ini Mampu Tampil Memukau

Sheila Fathin | Rabu, 24 Mar 2021 14:15 WIB
Mendobrak Standar Kecantikan, Deretan Model Inklusif Ini Mampu Tampil Memukau
caption
Jakarta -

Perempuan cantik kerap digambarkan sebagai perempuan yang memiliki kulit cerah, bertubuh langsing, berambut lurus dan mudah diatur serta perempuan yang memiliki tubuh nondisabilitas. Kita kerap kali melihat model-model runway melenggang sambil menggunakan pakaian karya designer ternama. Bila diperhatikan, kita sering melihat perempuan-perempuan yang ditampilkan adalah perempuan dengan tubuh kurus, cantik tanpa terlihat kurang sedikit pun. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendobrak standar kecantikan yang bisa dikatakan tidak realistis ini. Sering kali juga orang-orang disabilitas dianggap tidak cocok untuk memperagakan busana. Namun sebenarnya, banyak sekali model disabilitas yang memiliki kualitas dan kemampuan untuk itu. Berikut ini adalah beberapa representasi model disabilitas dalam dunia fashion industry yang harus kamu tahu. 

Jillian Mercado

Jillian Mercado
Jillian Mercado/twitter.com/BLUMARlNE

Jillian Mercado adalah seorang model yang lahir di New York pada 30 April 1987. Dia adalah seorang model ternama yang menggunakan kursi roda. Hal itu karena Jillian Mercado mengalami muscular dystrophy. Namun hal itu tidak membuatnya minder atau menghambat dirinya untuk meraih kesuksesannya.

Mama Cax

Mama Cax
Mama Cax/twitter.com/BLUMARlNE

Lahir pada 20 November 1989, wanita yang dikenal sebagai Mama Cax ini adalah seorang model asal Amerika-Haiti yang menggunakan kaki palsu prostetik untuk melenggang di atas panggung. Dia juga adalah seorang aktivis hak-hak penyandang cacat. 

Madeline Stuart 

Madeline Struart
Madeline Struart/twitter.com/BLUMARlNE

Madeline Stuart adalah seorang model yang lahir pada 13 November 1996. Dia adalah seorang model down syndrome. Dia telah muncul pada peragaan busana ternama yaitu New York Fashion Week Catwalk, Paris Fashion Week, London Fashion Week, Runway Dubai, Russian Fashion Week, Mercedes Benz Fashion Week China dan masih banyak lagi. Madeline Stuart dikenal sebagai professional model down syndrome yang pertama. 

Kelly Knox

Kelly Knox
Kelly Knox/twitter.com/BLUMARlNE

Kelly Knox adalah model yang lahir tanpa tangan kirinya. Model kelahiran 1984 ini, pada umur 7 tahun menolak menggunakan tangan prostetik. Hingga saat ini Kelly Knox sebagai model tetap menunjukkan keunikannya di mata dunia. Knox merupakan pemenang dari Britan’s Missing Top Model. 

Aimee Mullins

Aimee Mullins
Aimee Mullins/twitter.com/BLUMARlNE

Tidak hanya seorang model, Aimee Mullins juga seorang atlet. Dirinya lahir pada 20 July 1975. Aimee Mullins dilahirkan dengan kondisi media di mana kedua tungkai bawahnya harus diamputasi. Dia juga sempat mengikuti Paralympics di Atlanta tahun 1996 dan kemudian terjun di dunia model tahun 1999.

Alexandra Kutas

Alexandra Kutas
Alexandra Kutas/dulcedo.com

Alexandra Kutas adalah Model Runway pertama yang menggunakan kursi roda di Ukraine. Selain seorang model dia adalah seorang entrepreneur dan public speaker. Dia lahir pada 5 November 1993.

Melissa Koole 

Melissa Koole
Melissa Koole /twitter.com/BLUMARlNE

Melissa Koole adalah seorang model plus size. Tahun lalu, dirinya didiagnosa terkena Asperger’s Syndrome,  yang merupakan bagian dari Autism.

Lauren Wasser 

Lauren Wasser
Lauren Wasser /twitter.com/BLUMARlNE

Lauren Wasser adalah model Amerika dengan kaki palsu kanan karena serangan Toxic Shock Syndrome yang hampir mematikan. 

Aaron Philip

Aaron Philip
Aaron Philip/twitter.com/BLUMARlNE

Aaron Philip adalah model Antiguan-Amerika. Dia adalah seorang model kulit hitam dan transgender pertama. Aaron Philip menderita cerebral palsy dan harus menggunakan kursi roda.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id