sign up SIGN UP

Meski Bikin Cantik, 3 Bahaya Pakai Artificial Nails Ini Perlu Diwaspadai

Ayuliy Lestari | Sabtu, 29 May 2021 18:45 WIB
Meski Bikin Cantik, 3 Bahaya Pakai Artificial Nails Ini Perlu Diwaspadai
caption

Artificial nails sebenarnya bukan hal baru lagi, Ladies. Bahkan saat ini sudah banyak perempuan yang tertarik memasang kuku palsu untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun tahukah kamu bahwa di balik cantiknya tampilan artificial nails atau kuku tiruan, ada risiko bahaya yang mengintai.

Artificial nails adalah teknik memanjangkan kuku dengan berbagai bahan seperti gel, akrilik atau silk. Yang paling populer adalah akrilik di mana bahan ini bisa membentuk cangkang yang keras seperti kuku asli.

Namun, sebelum coba-coba memakai kuku palsu, entah menggunakan gel, akrilik atau silk, ketahui dulu dampak negatif kuku palsu berikut agar kamu bisa meminimalisir risikonya. Keep scrolling!

1. Kuku Asli Rentan Bermasalah

artificial nail atau kuku tiruan
artificial nail atau kuku tiruan/freepik.com

Proses pemasangan kuku tiruan ini akan mengikir kuku asli kamu jadi nantinya kuku asli akan dilapisi oleh bahan kimia. Hal tersebut membuat kuku asli menjadi semakin tipis.

Ketika akan melepasnya, atau ingin menghapus kuku palsu maka kuku akan direndam dalam aseton selama beberapa menit. Paparan bahan kimia tersebut bisa membuat kuku kamu semakin kering dan rentan bermasalah seperti mudah patah dan rapuh.

2. Infeksi

artificial nail atau kuku tiruan
artificial nail atau kuku tiruan/freepik.com

Artificial nails juga bisa meningkatkan resiko infeksi pada kuku. Pemakaian kuku palsu membuat sebuah celah pada kuku dan area tersebut akan sangat mudah lembab. Area lembab memungkinkan bakteri dan jamur berkembang dan berlanjut menjadi infeksi.

Jadi kuku asli kamu akan mudah bengkak, merah dan bernanah. Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit sensitif, kulit sekitar kuku akan menjadi gatal bahkan kuku asli bisa berubah warna menjadi kekuningan.

3. Alergi

artificial nail atau kuku tiruan
artificial nail atau kuku tiruan/freepik.com

Beberapa orang rentan alergi terhadap bahan dari kuku palsu. Apalagi bahan di dalamnya tentu saja mengandung banyak kandungan kimia yang pada akhirnya bisa mengiritasi kulit. Tak hanya gatal di sekitar kuku, namun kuku asli akan menjadi mudah patah, bengkak, memerah dan bernanah.

Nah, jika kamu memang tertarik mencoba artificial nails, sebaiknya pilih salon kuku yang menggunakan sinar LED untuk mengeringkan kuku ketimbang sinar UV. Jangan lupa meminta petugas salon untuk tidak memangkas kutikula agar dapat melindungi kuku dan kulit sekitar dari infeksi.

Sebaiknya kamu juga tidak memakai kuku palsu dalam jangka waktu yang cukup lama. Pakai sesekali ketika kamu memang ingin menghadiri acara-acara tertentu seperti pesta, pernikahan dan lain-lain.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id