sign up SIGN UP

FASHION

Panduan Perawatan untuk Rambut Keriting, Anti Kusut!

Rumaysha Milhania | Senin, 10 May 2021 17:00 WIB
Panduan Perawatan untuk Rambut Keriting, Anti Kusut!
caption

Rambut keriting memang membutuhkan perhatian khusus untuk menjaganya tetap lembut dan terawat. Simak panduan merawat rambut keriting berikut ini.

Perawatan untuk Rambut Keriting

Selain masalah rambut rapuh, rambut keriting juga lebih rentan kusut dan kasar. Itulah sebabnya sangat penting untuk menangani rambut keriting dengan ekstra hati-hati. Simak panduan merawat rambut keriting berikut ini.

Selain masalah rambut rapuh, rambut keriting juga lebih rentan kusut dan kasar. Itulah sebabnya sangat penting untuk menangani rambut keriting dengan ekstra hati-hati.
Rambut keriting/ Sumber: Freepik.com

Bagaimana Cara Mencuci Rambut Keriting?

Hindari sampo yang keras, terutama yang mengandung sulfat. Meskipun sulfat dapat membersihkan rambut dengan baik, mereka juga merupakan pembersih yang intens. Bahan utama sampo berbahan dasar sulfat, sodium lauryl sulfate, dapat mengangkat kutikula rambut dan dapat merampas kelembapan yang sangat dibutuhkan rambut keriting agar tetap sehat.

Sebagai alternatif untuk sampo berbahan sulfat, kamu dapat menggunakan kondisioner untuk mengurai dan membilas lapisan kulit kepala dan rambut. Kamu dapat menggunakan kondisioner apa pun untuk melakukan ini.

Sebagai alternatif untuk sampo berbahan sulfat, kamu dapat menggunakan kondisioner untuk mengurai dan membilas lapisan kulit kepala dan rambut.
Kondisioner untuk rambut keriting/ Sumber: Freepik.com

Bagaimana Seharusnya Penggunaan Conditioner Rambut Keriting?

Bagi kamu yang punya rambut keriting, conditioner harus menjadi bagian penting dalam perawatan rambutmu. Penggunaan conditioner ini dapat mempertahankan kelembapan karena rambut keriting kerap kali kesulitan menerima kelembapan alami yang dibuat oleh tubuh.

Sebum yang dihasilkan folikel rambut cenderung menjadi lebih sulit bergerak menuruni batang rambut yang keriting karena gulungan yang melengkung. Inilah mengapa rambut keriting cenderung menjadi sangat kering. Itu sebabnya, penggunaan conditioner teratur dianjurkan untuk rambut keriting, terutama pada bagian batang dan ujungnya. 

Bagaimana Merawat Rambut Keriting?

Meskipun rambut ikal setiap orang berbeda, sebagian besar pakar menyarankan untuk menerapkan produk penataan rambut pada rambut keriting saat masih lembab atau basah untuk menghindari kusut, rasa kaku dan lengket yang mungkin timbul dari penggunaan produk pada rambut.

Mereka yang punya rambut keriting disarankan juga menggunakan sarung bantal sutra atau mengenakan topi saat tidur. Pasalnya, sarung bantal katun umumnya dapat menyerap kelembapan yang dibutuhkan rambut. Tidak hanya itu, sutra menghasilkan lebih sedikit gesekan, yang bisa membuat rambut menjadi lebih kusut. 

Meskipun rambut ikal setiap orang berbeda, sebagian besar pakar menyarankan untuk menerapkan produk penataan rambut pada rambut keriting saat masih lembab atau basah untuk menghindari kusut, rasa kaku dan lengket yang mungkin timbul dari penggunaan produk pada rambut.
Perawatan rambut keriting/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memberikan perawatan rambut keriting agar tidak mudah rontok dan kering. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id