sign up SIGN UP

FASHION

Punya Baju Kebesaran? Ini Cara Mengecilkan Baju Sesuai dengan Bahan

Astari Dewi Larasati | Senin, 11 Jan 2021 18:00 WIB
Punya Baju Kebesaran? Ini Cara Mengecilkan Baju Sesuai dengan Bahan
Cara mengecilkan baju sesuai dengan bahan / freepik.com
Jakarta -

Pakaian paling nyaman adalah yang mempunyai ukuran cocok dengan badan. Jika punya ukuran kebesaran akan membuat pemakainya jadi tidak nyaman. Salah satu penyebab pakaian jadi kebesaran, yaitu ketika menggunakan pengering mesin cuci. Ada beberapa jenis bahan yang akan longgar dan akhirnya tidak bisa dipakai kembali.

Kunci untuk mengecilkan baju adalah memahami mengapa kain menyusut sejak awal. Saat pakaian terkena panas, tekanan di bawah serat berkurang dan menyebabkan kurangnya luas permukaan kain. Akibatnya semua jenis panas akan mengurangi tekanan yang ada di bawah serat sehingga pakaian akan mengecil.

Setelah mengetahui seberapa banyak panas yang dapat ditangani selembar kain, maka mengubah pakaian sesuai ukuran jadi mudah. Namun ada hal yang perlu dicatat, bahwa semua jenis bahan akan berbeda caranya. Semua tergantung pada kualitas yang digunakan. Yuk coba cara mengecilkan baju sesuai dengan bahan pakaian seperti berikut.

Denim, polyester, dan cotton

Kunci dari mengecilkan dari tiga bahan ini adalah atur pada pengaturan terpanjang dan terpanas.
Pinterest.com/corachic

Kunci dari mengecilkan dari tiga bahan ini adalah atur pengering pada pengaturan terlama dan terpanas. Karena bahan ini mempunyai tekstur dan lapisan yang tebal sehingga butuh proses dan cara lebih. Setelah pakaian dicuci, masukan ke pengering secepatnya. Jadi jangan sampai ada kesempatan pakaian untuk dingin. Terus pantau hingga ukuran pakaian cocok, kemudian keringkan.

Kasmir dan wol

Lewati metode mesin cuci jika ingin mengecilkan bahan kasmir dan wol.
Pinterest.com/bychicstyle

Lewati metode mesin cuci jika ingin mengecilkan bahan kasmir dan wol. Ganti dengan botol semprot yang berisi air panas. Semprotkan pada bagian depan secara merata kemudian lipat bagian basah ke bawah.

Ulangi di bagian belakang lalu balikkan pakaian dan lakukan hal yang sama. Setelah itu, masukkan ke dalam pengering selama 20 menit. Namun, berhati-hatilah karena hal ini bisa merusak tekstur kasmir dan wol. Jika terlalu ragu melakukannya, bisa dibawa ke tukang jahit.

Linen dan silk

Untuk mengecilkan pakaian berbahan linen dan silk merupakan hal paling mudah dibandingkan bahan lain.
Pinterest.com/kylieyoshimoto

Untuk mengecilkan pakaian berbahan linen dan silk merupakan hal paling mudah dibandingkan bahan lain. Hal yang harus dilakukan, hanya perlu merendam baju dalam air hangat selama beberapa jam. Jangan lupa untuk mengaduk air. Hal ini adalah metode terbaik untuk mengecilkan ukuran pakaian tanpa harus merusaknya. Tidak perlu ragu untuk mengecilkan dua bahan ini sendiri di rumah, Ladies.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id