sign up SIGN UP

FASHION

Punya Rambut Frizzy? Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengatasinya!

Dimitrie Hardjo | Jumat, 19 Feb 2021 23:00 WIB
Punya Rambut Frizzy? Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengatasinya!
caption

Ladies, pernahkah kamu bercermin dan rambut yang kaku, mengembang, dan beberapa helai rambut melayang tampak di pantulan? Ya, frizzy hair memang bisa dialami semua orang dan sangat mengganggu penampilan. Cara mengatasi frizzy hair ini sebenarnya sangat mudah, hanya saja, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk menghindari “rambut singa” itu datang kembali. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

Penyebab Frizzy Hair

1. Kelembaban udara

Kelembaban udara.
Kelembaban udara di negara tropis. Foto: unsplash.com

Indonesia memiliki kelembaban udara yang relatif lebih tinggi karena termasuk negara tropis. Dilansir dari luxyhair.com, udara yang lembab memiliki unsur hidrogen lebih tinggi dan rambut kita sensitif terhadap hidrogen tersebut. Ketika hidrogen di udara berinteraksi dengan molekul air dan protein dalam rambut manusia karena masuk melalui kutikula rambut, maka frizz di rambut muncul.

 

2. Rambut kering

Rambut kering.
Rambut kering. Foto: freepik.com

Rambut yang kering menyebabkan setiap helainya mudah menyerap kelembaban yang ada di lingkungan. Inilah yang menyebabkan rambut kering lebih rentan menjadi frizzy karena ketika rambutmu terpapar humidity, frizzy hair langsung terjadi.

 

3. Rambut rusak

Rambut rusak.
Rambut rusak. Foto: unsplash.com

Rambut yang rusak akibat terpapar panas terlalu sering atau terlalu lama, atau akibat pengecatan dan lain sebagainya, menyebabkan rambut kering secara alami. Oleh karenanya, rambut rusak semakin mudah frizzy. Terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan frizzy hair karena natural oil yang diproduksi rambut cepat hilang.



Cara Mengatasi Frizzy Hair


1. Pilih produk yang mengandung glycerin

Shampo dan conditioner dengan glycerin.
Shampo dan conditioner dengan glycerin. Foto: freepik.com

Baik itu shampo atau conditioner, carilah produk yang mengandung glycerin. Glycerin berfungsi untuk memberikan hidrasi maksimal pada setiap helai rambut, memproteksi rambut, dan menjaga kelembaban rambut. Keramaslah setiap dua hari sekali dengan shampo tanpa kandungan sulfat agar minyak alami rambut tidak hilang dan selalu gunakan conditioner untuk menjaga kelembabannya.


2. Keringkan rambut secara alami

Air-dry rambut.
Air-dry rambut. Foto: unsplash.com

Kalau kamu mempunyai frizzy hair, ada baiknya kamu menghindari heat tools yang bisa memperparah keringnya rambut. Mengeringkan rambut dengan air dry atau secara alami merupakan pilihan terbaik untuk menghindari rambut frizzy.

Apabila kamu masih menggunakan heat tools, gunakanlah dengan low setting agar tidak merusak atau membuat rambut menjadi lebih kering.


3. Coconut oil

Hair mask dengan coconut oil untuk rambut sehat berkilau.
Hair mask dengan coconut oil untuk rambut sehat berkilau. Foto: freepik.com

Produk dengan coconut oil bisa menjadi sahabat untuk frizzy hair-mu. Selain melembabkan, coconut oil juga membuat rambut tampak lebih lembut dan berkilau. Kamu bisa menggunakan hair mask yang mengandung coconut oil setiap seminggu sekali.


4. Gunakan hair oil

Aplikasikan hair oil.
Aplikasikan hair oil. Foto: freepik.com

Sehabis keramas atau sebelum bepergian, aplikasikan hair oil untuk menjaga kelembaban rambut sehingga tidak menarik moisture dari udara yang dapat menyebabkan hair frizz. Carilah hair oil yang mampu menutrisi rambut agar rambut lebih sehat dan berkilau.


5. Semprotkan hairspray

Semprotkan hairspray.
Semprotkan hairspray. Foto: freepik.com

Jika frizzy hair kamu tidak terlalu parah atau kamu sedang terburu-buru, kamu selalu bisa menggunakan hairspray untuk mengatur rambutmu agar tampak lebih tertata. Semprotkan sedikit hairspray pada rambut, lalu rapikan menggunakan sisir. Kamu juga bisa menata baby hair kamu dengan trik ini, Ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id