sign up SIGN UP

FASHION

Penyebab Rambut Ngembang dan Cara Mengatasinya

Ratih Dewi | Kamis, 18 Feb 2021 16:00 WIB
Penyebab Rambut Ngembang dan Cara Mengatasinya
caption

Semua orang pasti ingin memiliki rambut yang halus, lurus, dan mudah diatur untuk membuat penampilan menjadi lebih maksimal. Namun, tidak sedikit yang memiliki masalah rambut, salah satunya adalah rambut yang mudah mengembang. Tentu saja masalah rambut satu ini membuat penampilan kita kurang maksimal dan sulit diatur. 

Banyak cara dan produk yang digunakan demi mendapatkan rambut yang halus, lurus, dan mudah diatur. Nah, untuk kamu yang memiliki rambut yang mudah mengembang dan sulit diatur, cara berikut ini bisa membantu kamu untuk mengatasinya. Tapi, jangan dianggap sepele juga, bisa jadi kebiasaan kamu ini menjadi penyebab rambut menjadi mengembang.

Penyebab Rambut Mengembang

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan bisa menjadi penyebab rambut mengembang dan menjadi sulit untuk diatur. Memiliki tipe rambut yang mengembang memang membutuhkan perawatan ekstra untuk menjadikannya halus, lurus, dan mudah diatur. Apa saja sih penyebabnya? 

1. Terlalu Sering Styling Rambut

Terlalu Sering Styling Rambut
Terlalu Sering Styling Rambut/Foto : freepik.com

Penggunaan hairdryer, catokan, atau alat styling rambut yang berlebihan bisa membuat rambut kamu menjadi mengembang, kering, rusak, dan sulit diatur setelahnya. Rambut merupakan mahkotanya wanita dan menunjang penampilan, karenanya styling rambut menjadi opsi untuk mendapatkan bentuk rambut yang diinginkan. 

Tapi, perlu diperhatikan jangan terlalu sering styling rambut terutama dengan suhu yang cukup tinggi, dalam jangka panjang akan merusak rambut. 

2. Keramas Terlalu Sering

Keramas Terlalu Sering
Keramas Terlalu Sering/Foto : freepik.com

Keramas memang membuat kita menjadi lebih segar dan rambut lebih bersih, namun terlalu sering keramas ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut kita yang justru bisa merusak rambut.

Kulit kepala kita ada minyak alami yang diproduksi rambut untuk menjaga rambut tetap lembab dan tidak terlalu kering, jika terlalu sering keramas maka minyak alami yang diproduksi akan berkurang dan menyebabkan rambut menjadi kering, kusut, dan mengembang. Keramas seminggu 2-3 kali sudah cukup. 

3. Salah Gunakan Produk Perawatan Rambut

Salah Menggunakan Produk Perawatan Rambut
Salah Menggunakan Produk Perawatan Rambut/Foto : freepik.com

Banyaknya produk perawatan rambut yang kita gunakan bisa menjadi salah satu penyebab rambut kita menjadi mengembang, kering, dan kusut. Produk perawatan rambut mulai dari sampo, kondisioner, minyak rambut, masker rambut, atau lainnya perlu diperhatikan kandungannya dan seberapa sering penggunaannya. 

Jika penggunaannya sesuai namun tidak cocok dengan kandungan produknya atau sebaliknya, itu bisa menjadi pemicu rambut malah menjadi mengembang setelah penggunaan, kering, dan rusak menjadi mudah patah. 

4. Paparan Sinar Matahari

Paparan Sinar Matahari
Paparan Sinar Matahari/Foto : freepik.com

Untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan tidak menggunakan pelindung kepala, sinar uv matahari bisa merusak rambut kamu dan membuat rambut kamu mudah mengembang, kering, kusut, dan tidak sehat. Tidak hanya wajah atau kulit badan yang butuh perlindungan lebih, rambutpun juga harus dilindungi agar tidak rusak. 

Selain paparan sinar matahari, polusi, debu, suhu yang terlalu dingin dan kering juga menjadi penyebab rusaknya rambut dan membuat penampilan rambut malah menjadi mengembang. 

5. Tidak Melepas Ikatan Rambut saat Tidur

Tidak Melepas Ikatan Rambut saat Tidur
Tidak Melepas Ikatan Rambut saat Tidur/Foto : freepik.com

Dalam beberapa kondisi kita diharuskan untuk mengikat rambut agar tidak mengganggu kita dalam beraktivitas. Namun, beberapa dari kita sering kali lupa melepas ikatan rambut dan terbawa tidur semalaman. Dengan kondisi rambut yang terikat membuat rambut dan kulit kepala tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup.

Dampaknya, rambut menjadi mudah rontok, patah, kusut, dan saat dibuka ikatan rambut keesokan harinya, rambut akan mengembang dan sulit disisir karena helai rambut saling menempel. 

Mengatasi Rambut Mengembang

Untuk mengatasi rambut yang mengembang ternyata tidak begitu sulit, yang pasti kita harus teratur dan menemukan produk rambut yang cocok. Jika dilakukan dalam jangka yang panjang dan teratur, maka rambut kamu akan menjadi lebih halus dan mudah diatur, jadi tidak menyulitkan kamu untuk menata rambut kamu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Hair Oil Sebelum dan Setelah Styling

Hair Oil Sebelum dan Setelah Styling
Hair Oil Sebelum dan Setelah Styling/Foto : freepik.com

Penggunaan hair oil atau hair protection bisa melindungi kulit dari panas saat styling dan membantu penampilan rambut menjadi lebih tahan lama. Penggunaannya sebelum styling rambut membuat rambut menjadi lebih lurus dan mudah diatur, penggunaan setelah styling membuat bentuk rambut menjadi tahan lama dan tidak mengembang. 

Penggunaannya juga tidak perlu terlalu banyak, cukup 3-4 tetes produknya ke telapak tangan lalu aplikasikan merata sampai ke ujung rambut dan helai rambut untuk hasil yang maksimal. 

2. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
Gunakan Kondisioner Setelah Keramas/Foto : freepik.com

Terkadang produk sampo membuat rambut kita terasa kering dan kaku karena kandungan di dalam produknya, untuk itu kalau kamu tidak mau rambut kamu mengembang, kering, dan kusut, penggunaan kondisioner saat keramas itu sangat disarankan. Penggunaan kondisioner juga sebaiknya dari tengah sampai ujung rambut dan didiamkan 5-10 menit lalu dibilas. 

Terkadang penggunaan kondisioner hanya memakan waktu dan dilewatkan saat keramas, nyatanya kondisioner memiliki peran penting membuat rambut tidak mengembang dan lebih mudah diatur setelahnya. 

3. Hindari Produk Perawatan Rambut Beralkohol

Hindari Produk Perawatan Rambut dengan Kandungan Alkohol
Hindari Produk Perawatan Rambut Beralkohol/Foto : freepik.com

Produk perawatan rambut dengan kandungan alkohol bisa membuat rambut menjadi kering, kasar, dan mudah mengembang. Walaupun setelahnya menggunakan kondisioner, sebaiknya menggunakan produk perawatan rambut yang tidak ada kandungan alkoholnya untuk mendapatkan rambut yang lurus dan tidak mengembang. 

Selain itu, ada beberapa kasus yang memang kulit kepalanya sangat sensitif dengan produk perawatan rambut yang ada kandungan alkoholnya dan membuat iritasi atau rasa panas ketika pemakaiannya. 

4. Rutin Gunakan Vitamin Rambut

Rutin Gunakan Vitamin Rambut
Rutin Gunakan Vitamin Rambut/Foto : freepik.com

Wajib menggunakan vitamin rambut sebelum atau sesudah keramas untuk menutrisi rambut kamu dari atas sampai ujung rambut dan memberikan perawatan lebih agar mudah diatur, tidak mengembang, dan tidak mudah patah. Vitamin rambut yang kamu gunakan juga dilihat terlebih dahulu apakah ada kandungan yang memicu iritasi atau tidak. 

5. Jangan Lewatkan Penggunaan Hair Mask

Jangan Lewatkan Penggunaan Hair Mask
Jangan Lewatkan Penggunaan Hair Mask/Foto : freepik.com

Ini salah satu hal yang terkadang malas untuk dilakukan sendiri di rumah dan lebih memilih melakukannya di salon, padahal melakukan di rumah tidak terlalu susah dan lebih mudah juga bisa sambi mengerjakan pekerjaan lainnya. Gunakan masker rambut maksimal seminggu 3 kali untuk menutrisi rambut kamu, membuat rambut lebih kuat, halus, dan tidak mengembang. 

Semoga tips-tips di atas bisa membantu mengatasi rambut mengembang kamu ya Ladies

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id