sign up SIGN UP

FASHION

Pusing karena Rambut Rontok Parah? Ternyata Ini Solusi Ampuhnya...

Dian Aprilia | Sabtu, 10 Apr 2021 12:30 WIB
Pusing karena Rambut Rontok Parah? Ternyata Ini Solusi Ampuhnya...
caption

Seperti halnya wajah, menjaga kesehatan rambut juga sering dihadapkan dengan berbagai masalah. Mulai dari kulit kepala berketombe, rambut lepek, rambut kering dan kasar, dan juga rambut rontok. Rambut rontok termasuk masalah rambut yang tak boleh diabaikan.

Jika masih rontok dalam jumlah wajar seperti beberapa helai mungkin tak jadi masalah. Tapi jika sudah berlebihan, yakni lebih dari 100 helai per hari. Maka harus segera diatasi agar tak menyebabkan kebotakan. Tak perlu pusing dan galau, berikut beautynesia.id telah merangkum penyebab dan solusi ampuh untuk mengatasi rambut rontok:

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok
Rambut rontok/pexels.com

Stres

Stres memang bisa menjadi biang segala macam penyakit, termasuk rambut rontok. Stres terbagi menjadi dua, yakni stres secara emosional seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan anggota keluarga, perceraian, dan lainnya. Kedua, stres secara fisik, seperti melahirkan atau beban pekerjaan yang tinggi.

Perubahan Hormonal

Hal ini kerap dialami oleh wanita, seperti saat hamil, melahirkan atau menyusui.

Kekurangan Gizi

Selain itu, rambut rontok juga bisa disebabkan karena kekurangan gizi. Zat gizi yang dibutuhkan untuk menguatkan rambut diantaranya adalah vitamins A, B, C, D, E, zink, zat besi, biotin, lemak esensial dan juga protein.

Sakit atau Menjalani Pengobatan

Biasanya rambut rontok juga dialami oleh pasien yang sedang menjalani kemoterapi dan terapi radiasi. Hal ini dikarenakan obat-obatan yang masuk ke tubuh menyerang sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk sel keratinosit di akar rambut.

Kesalahan Memilih Haircare

Penggunaan produk perawatan rambut yang salah juga bisa sebabkan kerontokan rambut. Seperti halnya cat rambut, bleaching rambut, catokan dan lainnya.

Solusi Rambut Rontok

Solusi rambut rontok
Rambut rontok/pexels.com

Konsumsi Makanan Bergizi

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa memperkuat dan menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Seperti halnya telur, bayam, ikan berlemak (salmon, tuna, makarel), buahan-buahan beri (stroberi dan blackberry).

Hindari Stres

Coba biasakan untuk menikmati hidup dan banyak bersyukur atas hal kecil yang kita miliki. Sesekali kamu bisa melakukan hobimu, jalan-jalan atau olahraga untuk meningkatkan hormon kebahagiaan. Jika sedang stres kamu juga bisa menulis atau curhat dengan orang lain agar perasaanmu lebih lega dan tidak jadi beban.

Jangan Menyisir Rambut Saat Basah

Saat basah, rambut jadi lemah dan mudah rontok ketika disisir. Untuk itu sebaiknya setelah keramas, cukup rapikan rambut dengan jari saja. Lalu setelah kering, baru disisir agar bisa meminimalisir kerontokan rambut.

Pilih Haircare Khusus Rambut Rontok

Hair care
Hair care/pexels.com

Sebaiknya pilih haircare yang khusus untuk rambut rontok dan lengkapi dengan vitamin rambut untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Ada berbagai jenis sampo yang cocok untuk rambut rontok, contohnya Clear Anti-Hairfall, Head & Shoulder Supreme Anti-hairfall, Garnier Neril Anti Loss Shampo, L’OREAL Fall Resust 3x Anti-Hair Fall Shampoo, dan Pantene Hair Fall Control Shampoo.

Itulah penyebab dan cara mengatasi rambut rontok agar rambut tetap sehat dan kuat. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id