sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tips Ampuh Menghilangkan Rambut Halus di Wajah, Coba Yuk!

Lulu Lukyani | Kamis, 01 Apr 2021 15:15 WIB
5 Tips Ampuh Menghilangkan Rambut Halus di Wajah, Coba Yuk!
caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang, rambut halus di wajah bisa mengganggu penampilan. Pasalnya, rambut-rambut halus tersebut akan membuat tampilan make up tampak tidak flawless.

Namun, menghilangkan rambut halus pada wajah pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Caranya harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan iritasi atau luka. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 tips ampuh menghilangkan rambut halus di wajah dengan mudah.

1. Mencukur 

Ilustrasi mencukur.
Ilustrasi mencukur/Freepik

Mencukur adalah cara paling mudah dan paling cepat untuk menghilangkan bulu. Namun, melakukannya harus penuh hati-hati jika tidak ingin iritasi atau terluka.

Hasil mencukur tidak akan awet dan tahan lama. Setelah mencukur, wajah akan bersih selama beberapa hari, sebelum akhirnya rambut-rambut halus akan tumbuh kembali.

2. Tweezing

Ilustrasi tweezing.
Ilustrasi tweezing/Freepik

Tweezing atau mencabut merupakan cara menghilangkan rambut halus di wajah dengan menggunakan pinset. Sebenarnya, cara ini sulit dilakukan karena rambut halus tidak mudah dihilangkan dengan dicabut.

Cara ini lebih cocok digunakan untuk merapikan atau membentuk alis dan merapikan kumis atau jenggot yang berantakan.

3. Menggunakan epilator

Ilustrasi penggunaan epilator.
Ilustrasi penggunaan epilator/Freepik

Menggunakan epilator mirip dengan mencukur atau mencabut. Bedanya, cara ini memberikan hasil yang cukup lama, yakni sekitat empat minggu. Pasalnya, epilator menghilangkan rambut dengan mencabut dari akarnya sehingga butuh waktu lama untuk tumbuh kembali.

Biasanya, epilator digunakan untuk menghilangkan bulu kaki. Namun, epilator tersedia dalam berbagai ukuran yang memungkinkannya digunakan untuk menghilangkan rambut di area lainnya.

4. Waxing

Ilustrasi waxing.
Ilustrasi waxing/Freepik

Waxing merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan semua bulu di satu area. Ketika ingin menghilangkan rambut halus di wajah dengan waxing, pastikan yang dibeli adalah soft wax atau wax yang diformulasikan khusus untuk wajah.

Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, lakukan uji coba waxing terlebih dahulu pada bagian tubuh lain. Ini dilakukan untuk melihat reaksi kulit, apakah terjadi alergi, iritasi, atau efek samping lainnya.

5. Menggunakan laser

Ilustrasi laser wajah.
Ilustrasi laser wajah/Freepik

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rambut halus di wajah, namun sebagian besar hanya memberikan hasil sementara. Untuk hasil yang lebih bertahan lama, pertimbangkan untuk menghilangkan rambut halus dengan laser.

Cara ini menggunakan laser yang akan merusak folikel rambut dan membuat rambut halus di wajah rontok. Menggunakan laser merupakan metode semi-permanen dan rambut halus akan mulai tumbuh kembali setelah sekitar enam bulan.

Jika ingin biaya yang lebih murah, menghilangkan rambut halus dengan laser bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika tidak yakin dengan hasil dan keamanannya, sebaiknya meminta bantuan dokter di klinik kecantikan

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id