sign up SIGN UP

FASHION

Sepatu Original dan KW, Bagaimana Cara Membedakannya?

Resti Agustiani | Selasa, 12 May 2020 20:00 WIB
Sepatu Original dan KW, Bagaimana Cara Membedakannya?
caption
Masih awam banget di dunia per-sepatu-an? Berikut Beautynesia kasih tahu kamu tentang 7 perbedaan sepatu original dan KW. Mudah dikenali, kok!

Pernah nggak, sih, kamu membeli sepatu yang katanya ori tapi ternyata gampang rusak? Nggak nyaman dipakai dan kurang presisi. Ya, saat ini memang banyak banget, lho, online shop yang memasang label ori, namun pada kenyataannya produk yang mereka jual adalah replika dengan kualitas yang sangat jauh di bawah produk original.

Nah, biar kamu enggak merasa tertipu, selidiki dulu, yuk, 7 poin penting perbedaan sepatu original dan KW berikut ini!


1. Tempat Pembelian




Foto: https://instagram.com/richspursuk/

Poin yang pertama adalah tempat pembelian. Pastikan kamu membeli sepatu di konter resmi atau toko perlengkapan olahraga yang bekerja sama dengan perusahaan sepatu. Jikapun ingin membeli dari online shop, perorangan, ataupun jasa titip (jastip) pastikan toko tersebut terpercaya dan sudah terbukti menjual barang yang original dari konter resmi. Kamu bisa mengecek testimoni dari pelanggan yang pernah berbelanja di sana.


2. Packaging Sepatu




Foto: https://instagram.com/mywifeandkicks/

Berikutnya, kamu perlu memperhatikan packaging sepatu. Sepatu original selalu dijual bersama box-nya. Box ini tentu punya standar kualitas yang bagus dan memuat informasi produk di dalamnya. Sementara itu, sepatu KW biasanya dijual tanpa box atau memakai box palsu yang kurang bagus dan tidak memuat informasi yang sesuai.



3. Kode Produk & Detail Ukuran




Foto: https://instagram.com/daniel.mcgyse/

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, di dalam box sepatu original terdapat nomor produksi yang bisa kamu cocokkan dengan nomor produksi pada sepatu. Selain kode produksi, ada juga keterangan ukuran sepatu dan keterangan lainnya. Tentu saja informasi-informasi ini harus cocok satu sama lain, ya!


4. Detail Jahitan & Sol Sepatu




Foto: https://instagram.com/adidasoriginals/

Selanjutnya, kamu perlu sedikit meningkatkan ketelitian, nih, untuk melihat poin detail jahitan dan proporsi sepatu. Sepatu ori memiliki detail jahitan yang sangat rapi dan presisi. Sol sepatu original biasanya terbuat dari busa yang bagus dan kain yang halus. Semua sepatu melewati standardisasi yang ketat sebelum dijual. Tentu saja, hanya sepatu-sepatu yang sempurna yang bisa sampai ke tangan konsumen. Hal ini tidak dimiliki sepatu KW yang quality control-nya tentu tidak ketat atau bahkan tidak ada.


5. Aroma Sepatu




Foto: https://instagram.com/airmax1atmos/

Aroma sepatu original dan KW ternyata memiliki perbedaan, lho. Meskipun sama-sama punya aroma ‘sepatu baru’, sepatu original biasanya berbau seperti karet sedangkan sepatu replika baunya lebih menyengat seperti lem dan plastik.


6. Detail Logo




Foto: https://instagram.com/epsilonmagazine/

Poin ke-6 adalah detail logo pada sepatu. Setiap sepatu tentu memiliki logo di badannya. Kamu mesti memperhatikan baik-baik sebab logo pada sepatu original akan dtempatkan dengan sangat rapi dan presisi. Pastikan kamu mengenal logo asli dari produk sepatu yang akan kamu beli dan mengetahui detailnya.


7. Harga




Foto: https://instagram.com/adidasoriginals/

Poin terakhir sekaligus yang paling mudah dideteksi adalah harga produk. Seperti kualitasnya, harga sepatu original juga punya standar yang ditetapkan. Harga sepatu original biasanya sangat tinggi, disebabkan beberapa hal seperti pajak produk impor. Selain itu, ada pula faktor terbatasnya produk sehingga terkesan eksklusif. Jadi, jangan tergoda dengan iming-iming harga murah, ya!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id