sign up SIGN UP

Tak Sekedar Cantik, Motif Batik Memiliki Makna dan Harapan yang Tersembunyi

Ayuliy Lestari | Sabtu, 02 Oct 2021 07:15 WIB
Tak Sekedar Cantik, Motif Batik Memiliki Makna dan Harapan yang Tersembunyi
caption

Batik merupakan salah satu jenis kain tradisional khas Indonesia yang wajib dilestarikan. Hasil karya perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia ini sudah semakin berkembang bahkan sangat populer hingga level mancanegara.

Motif batik bisa terdiri dari perpaduan garis, bentuk dan desain yang menjadi satu kesatuan batik secara keseluruhan. Tak sekedar cantik, setiap corak ragam batik mengandung makna dan filosofi tersendiri, Beauties.

Beberapa motif batik erat kaitanya dengan budaya setempat, bahkan sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang di masanya. Setiap motif batik memiliki makna serta harapan yang tersembunyi.

Dilansir dari Kemenperin Indonesia, berikut arti dari beberapa corak motif batik yang sangat istimewa.

1. Alas-alasan

Motif batik
Motif batik/Foto: Pinterest.com/BatikIndonesia

Kata alas-alasan berasal dari bahasa Jawa dengan suku kata ‘alas’ yang artinya hutan. Motif ini termasuk dari bagian motif tradisional yang pada polanya terdapat berbagai macam jenis binatang dari binatang-binatang kecil hingga binatang yang cukup besar.

Makna dari motif alas-alasan sendiri adalah para pengguna motif batik alas-alasan diharapkan mampu mengajak orang lain untuk selalu mawas diri, arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan di dunia yang penuh dengan tantangan.

2. Sido Asih

Motif batik
Motif batik/Foto: Pinterest.com/BatikIndonesia

Batik sido asih merupakan motif tradisional Jawa. Sido memiliki arti ‘jadi’ dan asih memiliki arti ‘kasih sayang'. Tak heran jika batik sido asih ini umumnya digunakan dalam acara pernikahan dan sering dipakai sebagai busana pada malam pengantin.

Batik Sido asih berasal dari Surakarta dan Jogjakarta dimana batik ini memiliki interprestasi tentang filosofi kasih sayang di dalam desain motifnya yang cantik.

3. Sido Mulyo

Motif batik
Motif batik/Foto: Pinterest.com/BatikIndonesia

Batik Sidomulyo ditandai dengan ornamen rumah yang menggambarkan sebuah rumah yang asri dan penuh ketentraman. Sido memiliki arti 'jadi' sedangkan Mulyo memiliki arti berkecukupan dan kemakmuran. Orang-orang yang memakai batik ini diharapkan akan memberikan kecukupan dan kemakmuran.

Tak hanya batik sido asih yang sering dipakai saat acara pernikahan namun batik sido mulyo juga opsi lain dari batik Sido asih. Pengantin yang memakai batik sido mulyo di hari pernikahannya diharapkan akan memperoleh kemuliaan.

4. Sekar Jagad

Motif batik
Motif batik/Foto: Pinterest.com/BatikIndonesia

Secara harfiah sekar jagad diartikan sebagai bunga dunia. Batik dengan motif sekar jagad ini menampilkan banyak sekali motif bunga-bungaan dari berbagai macam batik dengan motif bunga yang pernah diciptakan.

Ada makna dan harapan yang tersemat di dalam batik ini. Para pemakainya diharapkan mendapatkan kegembiraan dan keelokan budi yang bisa ditampilkan penuh pesona dengan batik yang dikenakannya.

5. Gurdho Latar Kembang

Motif batik
Motif batik/Foto: Pinterest.com/BatikIndonesia

Batik gurdo latar kembang terlihat sangat cantik dengan ornamen mahkota yang gagah serta dikelilingi keharuman bunga di sekitarnya. Motif batik ini memiliki makna kedudukan yang baik.

Selain itu batik gurda latar kembang juga memiliki pengharapan agar yang mengenakan batik ini akan mendapatkan kedudukan yang pantas dan baik.

Itulah beberapa makna serta harapan yang tersirat dari sebuah motif batik yang cantik. Mana motif favoritmu, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id