sign up SIGN UP

Tampil di Cover Vogue Ini 5 Fakta Menarik Tentang Malala Aktivis Korban Taliban yang Jarang Diketahui

Rayoga Firdaus | Rabu, 18 Aug 2021 15:00 WIB
Tampil di Cover Vogue Ini 5 Fakta Menarik Tentang Malala Aktivis Korban Taliban yang Jarang Diketahui
caption
Jakarta -

Salah satu isu yang menjadi kekhawatiran dari kembalinya era kekuasaan Taliban di Afghanistan adalah keselamatan dan nasib pendidikan para perempuan di sana. Publik masih mengingat bagaimana Taliban menebar ancaman akan isu tersebut kala pada tahun 2012 mereka menembak gadis Pakistan Malala Yousafzai yang aktif memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi perempuan.

Malala kala itu masih berusia 15 tahun dan dalam perjalanan pulang dari sekolah. Seorang tentara Taliban memakai masker dan membawa senjata tiba-tiba menghentikan bus yang ditumpanginya. Lalu bertanya "Siapa yang di sini bernama Malala?" Dan tak lama pria itu menembak Malala. Peluru tersebut mengenai bagian kiri kepalanya. Tak hanya Malala, dua siswa perempuan lain di bus tersebut turut menjadi korban dan berhasil selamat. Begitu juga dengan Malala yang tersadar 10 hari pasca insiden tersebut, setelah akhirnya dilarikan ke rumah sakit di Birmingham, Inggris guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Selepas sembuh total, Malala semakin aktif memperjuangkan hak-hak pendidikan dengan mendirikan yayasan bernama Malala Fund. Pada tahun 2014 ia dianugerahi Nobel Perdamaian, di mana menjadikannya sebagai sosok termuda yang pernah menerima penghargaan tersebut.
Pada bulan Juli 2021 lalu, Malala tampil di cover majalah British Vogue dan membagikan sejumlah cerita kehidupannya termasuk sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang diketahui orang banyak. Berikut rangkumannya.

Galau Sebagai Fresh Graduate

Malala Vogue UK July 2021Malala Vogue UK July 2021/ Foto: Nick Knight/Vogue UK


Pada tahun 2020 lalu, Malala berhasil menamatkan studinya di Universitas Oxford. Ia mendapatkan gelar sarjana di bidang Philosophy, Politics, dan Ekonomi. Sama seperti mereka yang baru lulus kuliah, Malala pun kadang merasa galau akan rencana selanjutnya. "Ini adalah sebuah hal yang selalu saya tanyakan pada diri sendiri setiap malam. Terjaga di tempat tidur selama berjam-jam sambil memikirkan 'apa yang akan saya lakukan selanjutnya?'" ujarnya seperti dikutip dari British Vogue. Malala sendiri masih aktif dengan yayasan amal yang ia bentuk namun ia juga ingin memiliki kesibukan lain.

Sistem Kebut Semalam

Sama seperti mahasiswa umumnya, ketika masih berkuliah dalam hal mengerjakan tugas, Malala juga menganut prinsip 'sistem kebut semalam'. "Setiap minggu! Saya menggerutu pada diri saya sendiri 'Mengapa saya duduk di sini menulis essai jam 2 pagi? Mengapa saya belum membaca apapun?'" Meski berhasil mengumpulkan tugasnya tepat waktu dan berjanji tidak akan mengulangi hal yang sama. Pada kenyataannya, Malala mengaku justru hal tersebut kembali terulang.

Penyuka Permainan 'Among Us'

Dalam wawancara bersama British Vogue, Malala mengakui ia sering bermain video game 'Among Us' di kala senggang. Atau menonton film kartun Rick and Morty. Serta ia merupakan penggemar berat dari serial Ted Lasso.

Kehidupan Percintaan

Malala Vogue UK July 2021Malala Vogue UK July 2021/ Foto: Nick Knight/Vogue UK


Ketika disinggung mengenai apakah ia bertemu seseorang yang ia sukai selama berkuliah, Malala memang tidak sepenuhnya menjawab. Namun dalam wawancaranya bersama British Vogue, sang Ayah sering menerima email dari beberapa pria di Pakistan yang ingin melamar dirinya. "Dalam email tersebut, pria tersebut berkata bahwa ia memiliki lahan luas dan banyak rumah di Pakistan dan ingin menikahi saya," cerita Malala.

Proyek TV Show Bersama Apple TV+

Malala Vogue UK July 2021Malala Vogue UK July 2021/ Foto: Nick Knight/Vogue UK


Berbicara kesibukan, pada bulan Maret 2021 lalu ia mengumumkan akan proyek kerjasamanya bersama Apple TV+ bersama dengan peluncuran perusahaan produksi filmnya yang bernama Extracurricular. Kepada British Vogue ia mengatakan bahwa selain tayangan dokumenter mengenai perempuan yang inspiratif, Malala juga ingin mengembangkan film atau serial bergenre komedi. "Saya ingin tayangan ini menghibur dan merupakan sesuatu yang memang saya pribadi ingin tonton. Jika saya tidak bisa tertawa atau menikmatinya, maka saya tidak akan menayangkannya," ujar Malala.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id