sign up SIGN UP

FASHION

Tips Atasi Masalah Rambut untuk Para Hijabers, Anti Lepek dan Tetap Fresh!

ira syafira | Minggu, 14 Mar 2021 09:00 WIB
Tips Atasi Masalah Rambut untuk Para Hijabers, Anti Lepek dan Tetap Fresh!
caption
Jakarta -

Perempuan yang tidak berhijab seringkali beranggapan bahwa perempuan yang berhijab pasti akan terhindar dari permasalahan rambut. Sebab, rambut mereka akan tertutup dan terlindung dari terik matahari, angin, ataupun polusi.

Anggapan tersebut bisa dikatakan benar, kenyataannya seluruh perempuan berhijab memiki permasalahan pada kulit kepala dan rambut mereka masing-masing. Pengguna hijab sering mengalami berbagai masalah karena kepala yang tertutup cukup lama setiap harinya. Tertutupnya kepala akan menyebabkan kulit kepala tidak mendapat asupan udara dengan baik. Beberapa permasalahan yang dialami biasanya rambut akan mudah lepek karena keringat, rontok, bahkan muncul banyak ketombe. Tapi jangan khawatir, Beautynesia sudah merangkum tips-tips mengatasi masalah rambut untuk kamu para hijabers.

Teratur dalam Mencuci Rambut

foto: mencuci rambut/id.pinterest.com/mindbodygreen
foto: mencuci rambut/id.pinterest.com/mindbodygreen

Tertutup hijab seharian bisa menimbulkan beberapa masalah rambut seperti rontok, ketombe, dan gatal yang disebabkan oleh keringat pada kulit kepala. Oleh sebab itu, kamu harus rajin dan teratur untuk mencuci rambut. Hal ini dilakukan agar keringat dan minyak tidak menumpuk di kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe.

Selain itu, kamu harus cermat dalam memilih sampo yang memiliki formula lembut dan sesuai dengan jenis rambut kamu. Jika ingin ekstra, kamu juga bisa melakukan perawatan sesekali untuk rambutmu di salon.

Memberi Waktu untuk Rambut Bernafas

foto: rambut istirahat/freepik.com
foto: rambut istirahat/freepik.com

Rambut juga butuh bernafas seperti bagian tubuh lain ya, girls. Memberi waktu bagi rambut bernafas bisa kamu lakukan disela-sela waktu shalat Dhuzur atau Ashar. Caranya, buka hijab kamu dan biarkan rambutmu bernafas saat itu. Buka juga ikatan rambut untuk memberi ruang supaya akar rambut mendapatkan lebih banyak oksigen. Cukup lakukan sekitar 3-5 menit saja.

Selain di siang hari, kamu juga harus membuka ikatan rambutmu sebelum tidur. Tidur dengan rambut terikat semalaman akan membuat rambut kering, kusut, dan mudah rontok.

Mengeringkan Rambut Sebelum Berhijab

foto: mengeringkan rambut/id.pinterest.com/vix
foto: mengeringkan rambut/id.pinterest.com/vix

Hal satu ini adalah yang terpenting untuk diingat para pengguna hijab, yaitu menghindari penggunaan jilbab saat rambut masih basah. Rambut basah lebih sensitif dan rentan mengalami kerusakan. Selain itu, rambut yang ditutup dalam keadaan basah juga bisa menyebabkan ketombe.

Sebaiknya, jika kamu terburu-buru maka gunakanlah hair dryer untuk membantumu mengeringkan rambut lebih cepat. Tapi jangan terlalu panas, supaya rambutmu tidak kering dan rusak.

Lakukan Perawatan Rambut

foto: perawatan rambut/id.pinterest.com/The Right Hairstyless
foto: perawatan rambut/id.pinterest.com/The Right Hairstyless

Mengatasi masalah rambut tidak cukup hanya menggunakan sampo dan kondisioner. Sebaiknya kamu melakukan perawatan rambut yang lebih intensif. Caranya beragam, salah satunya kamu bisa menggunakan hair mask. Masker untuk rambut bisa menjaga rambut tidak kering.

Penggunaan masker rambut secara rutin akan menjadikan rambutmu tidak kering. Masker juga membuat rambut tetap halus dan mudah diatur. Pemakaiannya bisa kamu lakukan paling lambat satu bulan sekali.

Pemilihan Hijab yang Sesuai

foto: memilih hijab/id.pinterest.com/Zahrah Rose
foto: memilih hijab/id.pinterest.com/Zahrah Rose

Pemilihan hijab juga bisa dikatakan mempengaruhi apakah akan menimbulkan permasalahan atau tidak. Yuk, simak bersama!

Jika kamu menggunakan hijab untuk keseharian, maka pilihlah hijab dengan bahan katun yang menyerap keringat dan tidak mudah kusut. Sedangkan untuk acara spesial kamu bisa memilih bahan kain yang terlihat mewah, seperti sifon. Sellain itu, kamu juga harus menghindari pemakaian hijab berwarna hitam di cuaca panas karena keringat tidak akan terserap dengan baik.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id