sign up SIGN UP

MUSLIM

5 Tips Pakai Hijab untuk Pengendara Motor, Tetap Nyaman dan Rapi

Dian Aprilia | Kamis, 05 Nov 2020 15:30 WIB
5 Tips Pakai Hijab untuk Pengendara Motor, Tetap Nyaman dan Rapi
caption
Jakarta -

Dewasa ini, tidak hanya para pria, wanita pun sudah terbiasa mengendarai sepeda motor untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan sepeda motor sudah bisa disebut teman setia yang akan menemani di setiap perjalanan. Mulai dari ke kampus, ke kantor, belanja, jalan-jalan, dan berbagai aktivitas lainnya.

Walau muslimah sudah terbiasa mengendarai motor, tapi tetap saja masih ada kendala yang kerap dihadapi. Salah satunya adalah kenyamanan memakai hijab saat mengendarai sepeda motor.

Tak bisa dipungkiri, memakai hijab dan helm terkadang bikin kita ribet dan tidak nyaman. Apalagi saat terkena angin kencang selama perjalanan. Belum lagi kalau pas dilepas, hijab langsung berantakan, jadi tambah sebel kan?

Namun kamu tak perlu khawatir lagi ladies, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips pakai hijab untuk pengendara motor agar tetap nyaman dan rapi: 

Gunakan Hijab Simpel

Hijab simpel
Hijab simpel/id.pinterest.com

Tips yang utama adalah menggunakan hijab sederhana. Model hijab yang sederhana serta pemakaian yang simpel akan membuat kamu tetap nyaman saat memakainya sambil mengendarai motor. Selain tidak mudah berantakan, hijab model ini akan jauh lebih mudah dirapikan kembali.

Pastikan kamu memilih bahan hijab yang tidak licin dan tidak mudah geser ya. Sehingga saat memakai helm dan melepasnya, hijab tetap akan stay cool di posisinya.

Hindari Hijab yang Terlalu Panjang

Hijab pendek
Hijab pendek/id.pinterest.com

Kain hijab yang menjuntai dan terlalu panjang sangat berbahaya jika dipakai saat mengendarai motor. Pasalnya, kain tersebut bisa masuk di rantai sepeda dan mengakibatkan kamu tertarik ke belakang. Jadi selain masalah kenyamanan, hijab yang sedang atau pendek bisa menjagamu tetap aman.

Bagaimana kalau tidak syar’i? Pastikan saja hijabmu sudah menutup area dada dan punggung dalam batas yang wajar, sehingga tidak hanya syar’I tapi juga aman dan nyaman. Lagipula, Islam adalah agama yang memudahkan dan memberi maslahat bukan menyulitkan. 

Kurangi Penggunaan Aksesoris Hijab

Ilustrasi hijab minim aksesoris
Minim aksesoris/id.pinterest.com

Selain model hijab yang simpel, penting pula bagi kamu untuk mengurangi pemakaian aksesoris hijab, khususnya di area sekitar kepala. Sebab aksesoris atau bros di bagian kepala akan membuat kepalamu sakit dan pusing ketika memakai helm.

Hindari juga memakai jarum pentul di kepala, sebab jika tidak hati-hati saat melepas helm, jarum pentul bisa terlepas bersamaan dan berbahaya jika mengenai area wajah. Jika ingin memakai aksesoris, sebaiknya pilih area yang aman seperti dada atau pundak.

Inner yang Sejuk dan Tidak Licin

Inner yang sejuk
Inner yang sejuk/id.pinterest.com

Penggunaan inner juga sangat bermanfaat ketika mengendarai motor sambil berhijab. Inner bisa membuat hijab tidak mudah geser atau berantakan saat memakai dan melepas helm. Namun pastikan untuk memilih inner yang sejuk sehingga tidak mudah gerah. Serta bahan inner yang tidak licin, agar inner tetap rapi dan nyaman digunakan.

Pakai Outer

Jaket
Jaket/id.pinterest.com

Tips terakhir adalah memakai outer. Disini, outer berfungsi untuk menutupi bagian hijab di area belakang atau punggung. Jadi, hijab tak akan mudah terbang atau membuka, sehingga rambut atau leher bagian belakang tertutup sempurna.

Kamu bisa memakai berbagai jenis outer seperti cardigan, blazer, coat, hoodie, atau yang lainnya. Hal yang terpenting adalah pastikan untuk memasukkan hijab di dalam outer kamu ya.

Itulah 5 tips memakai hijab saat mengendarai motor, agar tetap nyaman dan rapi. Selamat mencoba ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id