sign up SIGN UP

MUSLIM

4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Rambut Hijabers Lebih Mudah Rusak

Dian Aprilia | Minggu, 07 Feb 2021 13:30 WIB
4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Rambut Hijabers Lebih Mudah Rusak
caption
Jakarta -

Wanita berhijab memang cenderung memiliki masalah kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan adanya rutinitas buruk terhadap rambut, yang bikin rambut mudah rontok dan berketombe. Jika dibiarkan maka rambut bisa rusak dan mengalami masalah yang makin parah.

Namun tenang saja, meski berhijab kamu juga bisa kok merawat kesehatan rambut dengan maksimal, asalkan tahu caranya. Pastikan untuk melakukan treatment secara rutin dan konsisten agar kesehatan rambut terus terjaga.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan yang sering bikin rambut rusak pada wanita berhijab:   

Tidak Pernah Menggerai Rambut

Rambut
Rambut/pexels.com

Saat memakai hijab, wanita biasanya akan menguncir rambutnya agar rapi dan tidak keluar dari hijab. Hal ini bikin rambut tidak bebas dan membuat rambut ketarik. Jadi jangan heran, saat di ikat rambut terdapat helaian rambut yang menempel. Sebab saat dikuncir terlalu lama bisa membuat rambut mudah rontok dan rusak.

Untuk itu, jika kamu berada di rumah atau sudah melepas hijab, sebaiknya lepaskan kuncir rambut dan biarkan rambut terurai bebas.  Sisir rambut perlahan dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

Langsung Pakai Hijab Setelah Keramas

Hijab
Hijab/pexels.com

Kesalahan fatal yang sering dilakukan hijabers adalah langsung memakai hijab setelah keramas. Bahkan, rambut masih dalam kondisi basah langsung dikuncir ketat dan tidak menunggunya kering terlebih dahulu.

Keramas memang penting dan tak boleh dilewatkan termasuk untuk para wanita berhijab. Namun ingat, saat rambut basah maka akan cenderung lembab dan lebih mudah rontok. Oleh sebab itu, sebelum berhijab tunggu rambut sampai benar-benar kering dulu. Bila perlu, beli hairdryer sebagai antisipasi saat harus segera pakai hijab setelah keramas.

Asal Pilih Sampo

Sampo
Sampo/pexels.com

Rambut rusak adalah kondisi khusus yang tak boleh diabaikan begitu saja. Masalah rambut ini bisa berarti rambutmu kurang nutrisi, pola makan yang kacau atau kebiasaan buruk. Biasanya rambut rusak juga disebabkan karena salah pilih sampo atau conditioner.

Pastikan saat mengalami kondisi rambut rusak, seperti rontok, ketombean dan helaian rambut rapuh, kamu wajib beli sampo, conditioner dan vitamin yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Pakai secara rutin dan kalau bisa tidak gonta-ganti jenis haircare agar rambut bisa kembali sehat seperti semula.

Pakai Ciput Terlalu Ketat

Ciput ketat
Ciput ketat/pexels.com

Bagi hijabers yang memiliki banyak kesibukan di luar rumah, pasti akan memakai hijab selama seharian penuh. Nah jika sudah begini maka jangan memberikan banyak tekanan pada rambut yang rentan bikin rambut rusak. Salah satu tekanan yang bikin rambut rontok dan tidak sehat adalah memakai ciput yang terlalu ketat.

Oleh sebab itu, gunakan bahan ciput yang ringan dan nyaman di kepala. Jika kamu terpaksa menggunakan hijab selama seharian penuh, sebaiknya pilih bahan rajut yang longgar agar nyaman di kepala.

Itulah 4 penyebab rambut hijabers lebih mudah rusak, yang harus dihindari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id