sign up SIGN UP

FASHION

Tips Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Berjalan Kaki

Anastasia Martina | Selasa, 10 Nov 2020 15:30 WIB
Tips Memilih Sepatu yang Nyaman Untuk Berjalan Kaki
caption
Jakarta -

Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang paling mudah dilakukan oleh semua kalangan usia. Olahraga ini juga tidak menyita waktu banyak. Cukup luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya.

Berjalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang, mencegah diabetes, dan membangkitkan perasaan senang karena saat kita berjalan kaki, tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia.

Walaupun berjalan kaki termasuk olahraga yang mudah, pemilihan sepatu yang tepat bisa menjadi hal yang sulit. Pemakaian sepatu yang tepat akan membuat olahraga jalan kaki jadi maksimal dan terhindar dari cedera.

Tapi, sekarang kamu tak perlu bingung karena kali ini bakal ada tips-tips memilih sepatu yang tepat untuk berjalan kaki. Inilah dia tips-tipsnya!

Pilihlah Sepatu dengan Mesh Uppers

mesh uppers
mesh uppers/photo by Chuttersnap on Unsplash

Sepatu yang memiliki mesh uppers berfungsi sebagai ventilasi agar kaki mudah bernafas. Hal ini penting untuk menjaga kaki agar tetap nyaman saat berjalan kaki khususnya bagi kita yang tinggal di daerah tropis di mana kita akan cenderung berkeringat.

Kelenturan Sepatu Adalah Kunci

kelenturan
kelenturan sepatu/photo by Chander R on Unsplash

Aspek kelenturan sangat penting untuk diperhatikan agar kaki nyaman bergerak saat berjalan kaki. Cara yang bisa dilakukan untuk mengeceknya adalah dengan melipat sepatu menjadi dua. Jika ujung depan kaki dan tumit bertemu artinya sepatu tersebut cukup lentur.

Perhatikan Bagian Bantalan Sol Luar Sepatu

stabilitas sepatu
outsole sepatu/photo by Lindsay Henwood on Unsplash

Sepatu jalan yang baik bersifat kuat sehingga mampu menahan goncangan agar tidak cedera saat berjalan kaki. Oleh karena itu, pastikan bagian bantalan sol luar yang ada di bagian tumit dan bagian depan kaki bersifat kokoh dan stabil.

Midsole Berbahan Ringan dan Lembut

midsole sepatu
midsole sepatu/photo by Henry Co on Unsplash

Midsole yang tepat dapat membuat sepatu terasa lentur dan lembut di kaki sehingga dapat mengurangi risiko cedera. Pilihlah sepatu yang memiliki midsole berbahan EVA (ethyl vinyl acetate) yang lembut sehingga nyaman dan tidak cedera saat berjalan kaki.

Jangan Lupakan Jari-Jari Kaki

midsole sepatu

Jari-jari kaki juga perlu mendapat perhatian dalam memilih sepatu yang tepat. Maka dari itu, pastikan ada jarak antara bagian depan sepatu dan jari-jari kaki agar tidak cedera saat berjalan.

Pilih Sepatu dengan Reflektor Buat Kamu yang Suka Olahraga Malam

reflektor sepatu
reflektor sepatu/photo by Cameron Venti on Unsplash

Sepatu dengan reflektor penting dimiliki untuk kamu yang suka berjalan kaki di malam hari atau pagi hari sebelum matahari terbit. Reflektor berfungsi untuk memberikan rasa aman saat berjalan di malam hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id