sign up SIGN UP

LIFE

Dapatkan Sederet Manfaat Penting Ini dengan Berjalan Kaki Secara Rutin!

Ade Irma Suryani | Kamis, 15 Oct 2020 07:30 WIB
Dapatkan Sederet Manfaat Penting Ini dengan Berjalan Kaki Secara Rutin!
Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin/Freepik.com
Jakarta -

Meskipun terlihat begitu sederhana, ternyata berjalan kaki secara rutin memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak informasinya di bawah ini.

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Meningkatkan Kesehatan Jantung/Freepik.com 

Berjalan kaki secara rutin dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan menguatkan otot-otot jantung, sehingga aliran darah pun menjadi lancar. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan, bahwa berjalan kaki 30 menit selama 5 hari dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 19 persen.


Namun sebagai permulaan agar tubuh tidak kaget, kamu bisa mencoba berjalan kaki selama 10 menit per hari terlebih dahulu. Setelah terbiasa, tingkatkan tahapan durasinya. Nah, agar jantungmu tetap sehat, jangan malas untuk berjalan kaki ya!

 

2. Mengurangi Stres

Berjalan kaki secara rutin dapat mengurangi stres.
Mengurangi Stres/Freepik.com 

Stres merupakan suatu hal yang lumrah dan sering dialami oleh banyak orang. Meskipun begitu, kamu perlu mengelola stres dengan cara yang benar. Nah, ternyata berjalan kaki secara rutin juga dapat membantu mengurangi stres lho! Karena di saat kamu melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membuatmu merasa menjadi lebih baik. 

Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, sehingga rasa cemas dan juga depresi dapat berkurang. 

 

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh/Freepik.com 

Tubuh yang kurang bergerak akan lebih rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, tentunya kamu perlu menyempatkan diri untuk berolahraga atau sekedar berjalan kaki secara rutin selama 30 menit. Hal ini sendiri diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, seperti pilek, flu dan batuk. 

 

4. Mencegah Osteoporosis

Rutin berjalan kaki dapat mencegah osteoporosis
Mencegah Osteoporosis/Freepik.com 

Ya! Salah satu manfaat rutin berjalan kaki adalah dapat mencegah osteoporosis. Osteoporosis dapat terjadi ketika tulang mengalami penipisan, sehingga berakibat keropos dan rentan patah. Karena itulah, kamu perlu melakukan kebiasaan berjalan kaki secara rutin agar dapat menguatkan kepadatan tulang. Hal ini tentunya akan dapat mengatasi masalah pada tulang, seperti osteoporosis, radang sendi dan lain sebagainya.

 

5. Menurunkan Berat Badan

Jalan kaki secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan.
Menurunkan Berat Badan/Freepik.com

Buat kamu yang punya berat badan berlebih, aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat menjadi pilihan yang baik bagimu untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki secara rutin diketahui juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan berjalan kaki selama satu jam setiap harinya, maka dapat membakar kalori dalam tubuh, sehingga berat badan akan turun. Meskipun begitu, di samping itu kamu juga perlu membatasi kalori dengan benar. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berjalan kaki secara rutin. Selain itu, manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari berjalan kaki secara rutin ialah dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, menurunkan resiko demensia, meningkatkan kualitas tidur, dan lain sebagainya. Jadi, jangan malas meluangkan waktu untuk sekedar berjalan kaki setiap harinya ya, Beautynesian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id