sign up SIGN UP

LIFE

Merasa Tidak Semangat Untuk Berolahraga? Ini Cara Menghidupkannya Kembali!

Astari Dewi Larasati | Rabu, 07 Oct 2020 10:30 WIB
Merasa Tidak Semangat Untuk Berolahraga? Ini Cara Menghidupkannya Kembali!
caption
Jakarta -

Jika ingin memiliki tubuh bugar dan sehat, maka ada beberapa rutinitias yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah rutin berolahraga, tidak perlu melakukannya setiap hari. Lakukan olahraga atau workout seminggu tiga kali. Tidak perlu melakukan olahraga berat, yang paling penting adalah tubuh bergerak dan mengeluarkan keringat.

Sayangnya keinginan pribadi untuk berolahraga kadang naik dan turun. Sehingga tidak konsisten dan susah untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Yuk temukan cara untuk menemukan motivasi untuk kembali berolahraga sebagai berikut ini.


Ubah motivasi

Motivasi olahraga harus yang lebih realitas dan berjangka panjang.
Ubah motivasi/freepik.com

Jika motivasi berolahraga adalah menginginkan tubuh yang proposional sebaiknya ubah motivasi tersebut. Karena jika tidak mendapatkan keinginan maka rutinitas olahraga akan berhenti di tengah jalan. Maka dari itu, motivasi olahraga harus yang lebih realitas dan berjangka panjang. Seperti membuat pola pikir olahraga dapat membangun antara pikiran dan tubuh, membantu untuk lebih kuat, mencintai apa yang dilakukan, dan memberikan kesehatan mental.

Luangkan waktu untuk kembali melakukannya

Ingatlah bahwa olahraga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, bukan memaksakannya.
Luangkan waktu untuk kembali melakukannya/freepik.com

Saat tubuh sudah lama tidak berolahraga, maka berilah waktu untuk kembali melakukannya. Ingatlah bahwa olahraga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, bukan memaksakannya. Pertama kumpulkan niat agar olahraga tidak berhenti di tengah jalan. Kemudian mulai dengan lebih banyak berjalan kaki, mengangkat beban ringan, dan latihan singkat yang tidak terlalu sulit.

Buat perubahan kecil

Mengubah kebiasaan kecil bertujuan untuk membuat diri termotivasi dan lebih percaya diri.
Buat perubahan kecil/freepik.com

Tujuan berolahraga adalah ingin menjaga kesehatan tubuh, maka dari itu ubahlah kebiasaan setiap hari menuju hidup sehat. Contoh membawa botol minum air putih kemana pun untuk meningkatkan hidrasi, mengubah pola makan menjadi sayur dan buah, hingga naik turun tangga. Hal ini bertujuan untuk membuat diri termotivasi dan lebih percaya diri.

Tetapkan jadwal

Pilih waktu yang fleksibel sehingga bisa berolahraga secara konsisten.
Tetapkan jadwal/freepik.com

Buatlah jadwal olahraga yang realistis dan bisa diikuti. Jangan sampai membuat jadwal olahraga namun juga melanggar. Pilih waktu yang fleksibel sehingga bisa berolahraga secara konsisten. Jangan pilih pagi-pagi karena akan berkemungkinan tertidur di kemudian hari. Setelah menemukan jadwal yang tepat, tulislah jadwal di kalender agar mudah melihatnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id