sign up SIGN UP

FASHION

Tips Memotong Poni di Rumah Sendiri, Anti Gagal!

Anggiputriw | Kamis, 14 May 2020 08:00 WIB
Tips Memotong Poni di Rumah Sendiri, Anti Gagal!
caption
Poni merupakan bagian rambut yang bisa menunjang penampilan. Model poni ada bermacam-macam. Bentuknya bisa disesuaikan dengan bentuk wajah agar penampilan jadi lebih menarik serta menambah kepercayaan diri.

Anjuran untuk physical distancing di tengah pandemi Corona memaksa semua orang untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Termasuk untuk keperluan memotong poni di salon, sepertinya tidak bisa dilakukan di masa sekarang ini. Tidak perlu khawatir, kamu bisa memotong poni sendiri di rumah. Dengan memperhatikan tips-tips penting berikut ini, hasil potong poni bisa sebagus di salon.


1. Pakai Gunting Khusus




Foto: https://www.pixabay.com/

Memotong poni tidak bisa dilakukan dengan sembarang jenis gunting. Kamu harus memakai jenis gunting khusus untuk rambut agar hasil potong bisa bagus. Pastikan memakai gunting potong rambut dengan bentuk yang lebih ramping dan lebih panjang serta ujung yang lebih lancip. Gunting khusus rambut juga biasanya memiliki ketajaman yang pas. Menggunakan alat potong yang tidak sesuai hanya akan menghasilkan poni yang berantakan hingga bisa mengganggu penampilan.
 


2. Tata Rambut dengan Rapi




Foto: https://www.pixabay.com

Ketika memotong poni, bukan berarti kamu langsung bisa menggunakan gunting. Terlebih dahulu rambut harus ditata agar lebih rapi. Rambut juga harus dalam keadaan kering. Setelah menata rambut secara keseluruhan, maka kamu bisa melihat gambaran model poni yang akan dibentuk. Sambil bayangkan ketika kamu menata poni sehari-hari karena seperti itulah seharusnya bentuk poni yang cocok denganmu.



3. Gunakan Jepitan




Foto: https://www.pixabay.com

Tips yang satu ini sama dengan yang selalu dilakukan oleh salon. Jepitan akan membuat potong poni sendiri di rumah jadi lebih mudah. Jepitan ini berfungsi sebagai pemisah antara rambut dan poni. Pasalnya bagian rambut utama dan poni itu jelas berbeda. Jika tidak memisahnya, maka bagian rambut yang lain bisa ikut terpotong hingga akhirnya penampilan jadi terganggu. Jepit rambut ke arah belakang sampai tersisa hanya bagian poni yang siap dipotong.
 


4. Potong Sedikit demi Sedikit




Foto: https://www.pixabay.com/

Jangan langsung memotong poni sekaligus dalam satu kali menggerakkan gunting. Sebaliknya, potong poni sedikit demi sedikit. Mulailah dari lapis paling depan hingga lapisan paling dalam. Potong sampai selesai satu bagian lapisan sebelum mengambil bagian lapisan rambut selanjutnya. Jangan lupa jepit bagian rambut lain yang belum terpotong.

Cara memotong sedikit demi sedikit ini bisa membantu kamu dalam melihat apakah potongan poni sudah rapi atau belum. Mungkin saja bentuknya tidak simetris sehingga kamu membutuhkan penyesuaian.


5. Hindari Memotong Pendek Langsung




Memotong poni sedikit demi sedikit harus diawal dengan bagian paling bawah. Artinya memotong poni tidak boleh langsung pendek. Kamu bisa mulai memotong poni sepanjang hidung terlebih dahulu. Setelahnya lanjutkan memotong poni lebih pendek. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan panjang poni yang paling sesuai. Karena memotong poni terlalu pendek lebih sering membuat tampilan jadi aneh dan tidak natural.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id