sign up SIGN UP

FASHION

Tren Hair Perm Kembali Lagi! Ini yang Perlu Kamu Tahu Seputar Hair Perm

Munjidah Hamsa | Selasa, 12 Jan 2021 12:00 WIB
Tren Hair Perm Kembali Lagi! Ini yang Perlu Kamu Tahu Seputar Hair Perm
caption
Jakarta -

Dari mullet hingga mohawk, bukan rahasia lagi bahwa tahun 80-an memiliki gaya rambut yang keren. Tapi mana sih era paling ikonik? Tentu saja jawabannya adalah perm.

Perm secara garis besar adalah perawatan kimiawi untuk membuat ikal permanen. Pengeritingan menjadi gaya rambut yang hip di eranya, sekarang sudah kembali nge-tren tetapi tentu saja hadir dengan sentuhan modern. Kita bahas hair perm secara tuntas di sini yuk!

Apa Itu Hair Perm?

Hair perm adalah proses mengeriting rambut secara permanen.
Proses hair perm/ sumber: freepik.com

Hair perm merupakan langkah untuk mengubah rambut lurus menjadi spiral atau ikal permanen. Perm menggunakan bahan kimia untuk memecah dan mengatur ulang ikatan rambut menjadi lebih bergelombang atau ikal.

Langkah hair perm secara umum adalah rambut dibungkus dengan batang untuk membentuk pola ikal yang diinginkan sebelum krim keriting diaplikasikan untuk mengatur ikal. Selang beberapa menit, krim dibilas dan kemudian penetral diterapkan untuk menghentikan proses perming.

Apa yang Berbeda dengan Perm Modern?

Hair perm bisa dibuat gaya rambut yang lebih modern dengan potongan yang disesuaikan dengan gaya sekarang.
Hair perm modern/ sumber: freepik.com

Teknologi perm masih mirip dengan yang digunakan pada tahun 80-an dan belum ada perkembangan pesat. Namun yang berbeda di hair perm modern adalah gaya potongan rambut setelah hair perm dilakukan.

Kamu bisa mendapatkan rambut keriting yang indah seperti Julia Roberts, Sarah Jessica Parker, atau Lisa Bonet dengan perm. So, potongan rambut seperti contoh tadi akan membuat gayamu terlihat lebih modern, kontemporer dan relevan.

Apakah Perms Merusak Rambut?

Hair perm tidak merusak rambut jika dilakukan oleh ahli profesional.
Hair perm/ sumber: freepik.com

Ternyata, ada batasan tentang siapa yang harus mendapatkan perm. Jika rambut sudah sangat di-bleaching atau diwarnai, kamu tidak bisa melakukan hair perm untuk mempertahankan rambut agar tetap kuat.

Hair perms akan sangat cocok untuk rambut yang belum pernah dimodifikasi. Mengapa begitu? Hal ini karena perm akan mengeringkan rambut hingga tingkat tertentu, sehingga membutuhkan lebih banyak kelembapan agar bertahan dari panas.

Berapa Lama Perm Bertahan?

Hair perm dapat bertahan lama.
Hair perm/ sumber: freepik.com

Berapa lama perm akan bertahan tergantung dari seberapa spiral perm rambut yang kamu inginkan. Jika perm yang kamu inginkan adalah ikal yang sangat ketat, ikal tersebut cenderung putus lebih lambat tetapi garis pertumbuhan kembali akan terlihat lebih jelas.

Jika ikal jauh lebih longgar, garis pertumbuhan kembali akan lebih tidak terlihat, sehingga rambut terlihat lebih alami saat perm tumbuh keluar. Usia perm rata-rata akan bertahan tiga hingga empat bulan.

Apakah Perm Bisa Dikembalikan ke Rambut Asal?

Hair perm tidak bisa dikembalikan ke rambut asal kecuali dengan dipotong.
Hair perm di salon/ sumber: freepik.com

Jika kamu telah melakukan hair perm, kamu tinggal tunggu rambutmu tumbuh dan memotong sisa perm untuk kembali ke rambut alamimu. So, hair perm tentu saja adalah sebuah komitmen ya!

Gimana Perawatan Setelah Perm?

Perawatan hair perm sama dengan perawatan rambut ikal dan keriting.
Perawatan hair perm/ sumber: freepik.com

Aturan utama dari perawatan perm adalah dilarang membasahi rambut setidaknya selama 24 jam setelahnya hair perm dilakukan. Setelah memiliki rambut keriting, kamu memerlukan sampo dan kondisioner yang melembapkan untuk menjaga kondisi perm rambut tetap stay on.

Nah, gimana nih info seputar tren hair perm yang bakalan kembali hip? Kamu bakalan milih hair perm atau enggak? Share tren rambut terbaru ini ke temen-temenmu ya, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id