sign up SIGN UP

LIFE

5 Macam Side Hustle Modal 500 Ribu yang Bisa Cuan Berlipat Ganda

Dian Aprilia | Minggu, 14 Feb 2021 18:00 WIB
5 Macam Side Hustle Modal 500 Ribu yang Bisa Cuan Berlipat Ganda
caption
Jakarta -

Apa sih side hustles itu? Side hustle berbeda dengan side job. Side Hustles adalah kesibukan sampingan yang bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Hal ini tentu berbeda dengan definisi side job, yang berarti pekerjaan yang dilakukan untuk menambah penghasilan.

Pada intinya, side hustles lebih mengutamakan passion seseorang saat melakukan pekerjaan. Side hustle penting dimiliki saat kamu masih pelajar atau mahasiswa, jadi kamu bisa menambah pengalaman dan juga keahlian yang sangat bermanfaat dalam dunia kerja kelak. Kamu bisa memulai dengan mengaktualisasikan hobi yang kamu miliki.

Tak perlu bingung, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 side hustle dengan modal 500 ribu saja yang bisa menjadi inspirasi;

Mulai Bisnis Kecil-kecilan

Bisnis
Bisnis/pexels.com

Bagi kamu yang punya insting pengusaha, maka membangun bisnis kecil-kecilan bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa mulai bisnis yang mudah dan sederhana. Carilah data kebutuhan orang-orang di sekitarmu, seperti teman kantor, tetangga, saudara, teman-teman dan lainnya.

Kamu bisa memilih berbagai jenis usaha, seperti menjual makanan, katering sehat, menjual kue, menjual tanaman, pernak-pernik untuk dekorasi rumah, dan lainnya. Usahakan untuk memilih jenis usaha yang kamu bisa dan diminati, agar bisnis bisa bertahan lama dan menyenangkan.

Jadi Freelancer

Freelancer
Freelancer/pexels.com

Coba ambil pelatihan dengan harga 500 ribu di internet atau berbagai platform pendidikan yang tersedia. Selain berbayar, kamu juga bisa mengikuti berbagai pelatihan dan seminar gratis yang bisa meningkatkan pengetahuan dan skillmu. Sesuaikan juga dengan minat dan hobi yang sering kamu lakukan.

Berbagai pekerjaan freelancer yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah tutor, penulis, web developer, desain grafis, dan fotografer. Selain bisa mengaktualisasikan hobi dan bikin kamu bahagia, side hustles juga bisa jadi sumber penghasilan kedua. Bahkan bisa jadi gajinya lebih besar dibandingkan dengan gaji utamamu.

Food Instagrammer

Food instagrammer
Food instagrammer/pexels.com

“Apa sih passionku sebenarnya?” Bagi kamu yang masih belum tahu tentang passion dan minatmu, kamu tak perlu khawatir. Ambil saja kegiatan yang bikin kamu senang, apapun itu. Termasuk hal sederhana seperti ‘suka makan’. Di era media sosial seperti ini, hobi makan ternyata memiliki nilai lebih dan bahkan bisa bikin cuan.

Pekerjaan yang relate dengan hobi makan diantaranya adalah food instagrammer, food vlogger, dan lainnya. Kamu bisa memulai dengan jalan-jalan untuk nikmati kuliner street food atau kuliner yang jarang diketahui banyak orang dengan modal 500 ribu. Lalu review dan post di media sosialmu. Jika kontenmu menarik dan disukai banyak orang, kamu bisa membuka jasa endorse dan jadi food influencer.

Beauty vlogger

Beauty vlogger
Beauty vlogger/pexels.com

Siapa yang senang make up? Nah side hustle ini bisa menjadi pilihan menarik bagi para cewek. Jangan hanya jadi hobi, kamu bisa jadikan make up sebagai konten dan ladang penghasilan. Misalnya membuat konten di media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook atau yang lainnya.

Jika kamu membuat konten secara konsisten dan banyak mendapatkan respon positif dari para penonton. Kamu bisa membuka jasa endorse atau promosi di media sosialmu. Kamu bisa dibayar dengan produk gratisan atau jasa menjadi make up artist.

Home decor enthusiast

Home decor
Home decor/pexels.com

Bagi kamu yang suka dengan keindahan, kamu bisa pilih jadi home décor enthusiast. Di masa pandemi seperti saat ini, keinginan untuk mendekor rumah agar lebih rapi dan estetik kian meningkat. Hal ini didukung dengan banyak bermunculan pernak-pernik home décor yang murah dan juga cantik yang bisa dibeli di berbagai e-commerce.

Kamu bisa mulai membeli pernak-pernik itu dengan uang 500 ribu. Nah, sebagai home décor enthusiast, kamu bisa memberikan inspirasi penataan rumah idaman melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook ataupun TikTok. Jika kontenmu menarik dan bermanfaat bagi orang lain, kamu bisa menerima banyak endorse dari produsen home décor atau dimintai jasa untuk mendekorasi rumah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id