sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Bisnis Bareng Pacar Agar Cuan ala Drakor Start Up

Dian Aprilia | Rabu, 16 Dec 2020 16:00 WIB
5 Tips Bisnis Bareng Pacar Agar Cuan ala Drakor Start Up
caption
Jakarta -

Baru-baru ini Drakor Start Up jadi buah bibir di banyak kalangan. Pasalnya drakor yang satu ini memberikan kisah menarik dan juga kekinian. Mengangkat tentang bisnis ‘Start Up’ yang kini tengah fenomenal dan digemari serta teknologi AI (Artificial Intelligence) membuat banyak orang penasaran dengan jalan ceritanya.

Selain itu, salah satu yang menjadi sorotan publik adalah kerja sama sepasang kekasih, yakni Seo Dal Mi dan Nam Do San dalam membangun bisnisnya. Tak pelak, hal ini juga membuat banyak pasangan iri sekaligus tertarik membangun bisnis bersama pacar. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips bisnis bareng pacar agar cuan ala Drakor Start Up:

Buat visi misi bersama

Seo Dal Mi dan Nam Do San
Seo Dal Mi dan Nam Do San/soompi.com

Visi misi adalah pondasi dasar dalam membangun sebuah bisnis. Untuk itu, pasangan yang akan bikin bisnis bareng juga harus memilikinya. Diskusikan visi misi bersama, pastikan keduanya sepakat pada satu visi misi. Hal ini bisa jadi pengingat selama menjalankan bisnis agar tetap on the track.   

Begitu pula Seo Dalmi dan Nam Do San, sejak awal keduanya ingin membuat teknologi AI yang bermanfaat untuk banyak orang serta menjadikan dunia lebih baik. Salah satu latar belakang yang kuat adalah kondisi nenek Dal Mi yang hampir mengalami kebutaan. Hal inilah yang kemudian jadi motivasi utama keduanya untuk membuat proyek NoonGil.

Komitmen

Seo Dal Mi dan Nam Do San
Seo Dal Mi dan Nam Do San/soompi.com

Seperti halnya menjalankan hubungan pernikahan, menjalin bisnis juga perlu diiringi dengan komitmen. Komitmen bisa menjadi pengikat diantara keduanya untuk berjuang hingga akhir dalam membangun bisnis. Sehingga jika ada hal yang mengganggu atau menghambat tidak akan mudah mematahkan langkahnya dalam berbisnis.

Seo Dal Mi dan Nam Do San berulang kali menegaskan komitmen keduanya. Bahwa mereka akan saling mendukung satu sama lain, meski itu berarti menahan egonya sendiri. Saat Seo Dal Mi memberikan pendapat yang seolah ‘tidak masuk akal’, Nam Do San dengan sigap mendukung dan bahkan merealisasikannya.

Bagi job desc secara jelas

Seo Dal Mi dan Nam Do San
Seo Dal Mi dan Nam Do San/soompi.com

Jangan anggap sepele sebuah bisnis, jika kamu sudah bertekad akan membangun bisnis maka pelajari dan realisasikan ilmu bisnis. Termasuk halnya dengan membagi job desc dengan jelas. Hal ini bisa menjadi panduan yang jelas terukur dalam melakukan peran masing-masing.

Pembagian job desc secara jelas juga dilakukan oleh Seo Dal Mi dan Nam Do San. Dimana Seo Dal Mi bertanggung jawab sebagai seorang CEO sedangkan Nam Do San berperan sebagai programmer. Keduanya tidak saling mencampuri bidang kerja pasangannya, melainkan fokus pada tanggung jawabnya masing-masing.

Saling percaya

Seo Dal Mi dan Nam Do San
Seo Dal Mi/soompi.com

Dalam bisnis, kepercayaan adalah suatu hal yang penting, termasuk kepercayaan kepada para anggota yang bekerja sama. Sikap ini bisa mendorong setiap orang untuk percaya diri mengerjakan tugasnya dan juga lebih optimal tanpa perlu merasa curiga satu sama lain.

Saat pekan retas, masing-masing tim diminta untuk mempresentasikan proyeknya. Ketika itu Chul San tidak memercayai Dal Mi, karena dianggap tidak paham tentang pemrograman dan juga hanya lulusan SMA. Meski begitu, Do San jadi orang yang paling keras mendukung Dal Mi dan menentang pendapat Chul San.

Profesional

Seo Dal Mi dan Nam Do San
Seo Dal Mi dan Nam Do San/soompi.com

Profesionalitas menjadi prinsip penting dalam berbisnis. Meski partner kerjanya adalah pacar sendiri jangan sampai bikin kamu asal-asalan dalam bekerja. Saat sedang berkonflik urusan asmara dengan pasangan, sebaiknya juga tidak mencampurkannya dengan urusan bisnis.

Seo Dal Mi dan Nam Do San juga mengalami konflik masalah asmara saat sedang getolnya berbisnis. Hal ini dialami keduanya, saat Dal Mi akhirnya mengetahui fakta sebenarnya tentang surat dan rahasia yang disembunyikan Do San dengan Ji Pyeong. Meski begitu Dal Mi juga tetap berangkat ke kantor dan melakukan presentasi di Hari Demo dengan baik.

Itulah 5 tips yang perlu kamu lakukan saat memutuskan bangun bisnis bareng pacar. Good luck!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id