sign up SIGN UP

LIFE

Alamat Boncos, Ini 5 Alasan Pasti yang Bikin Kamu Gagal Jadi Investor

Dian Aprilia | Selasa, 08 Jun 2021 18:00 WIB
Alamat Boncos, Ini 5 Alasan Pasti yang Bikin Kamu Gagal Jadi Investor
Investasi/ foto: pexels.com

Saat memutuskan untuk investasi, tentu kita berharap bisa mendulang keuntungan yang besar. Padahal investasi juga memiliki potensi kerugian jika tidak dikelola dengan baik. Sayangnya investor pemula seringkali tidak memprediksi potensi-potensi kerugian tersebut sehingga tidak bisa mengantisipasinya.

Bagi kamu yang serius investasi dan ingin cuan besar, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan fatal dalam mengelola modal. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan pasti yang bikin kamu gagal jadi investor:

Tidak Paham Investasi

Investasi
Investasi/freepik.com

Kesalahan fatal yang bikin kamu boncos adalah tidak memahami investasi. Saat sedang trend investasi saham, kamu buru-buru beli saham. Saat emas sedang viral, kamu juga tak mau ketinggalan. Padahal investasi itu termasuk keputusan yang sangat personal dan vital.

Jadi seharusnya bisa dipertimbangkan dengan matang dan komprehensif. Pertimbangan yang dilakukan meliputi tujuan keuangan, modal yang dimiliki, lama waktu investasi, profil risiko investor dan lainnya. Jika asal ikut-ikutan pasar atau tokoh terkenal, bisa jadi investasinya tidak sesuai dengan diri sendiri dan rawan bikin boncos.  

Malas Analisa

Malas analisa
Malas analisa/freepik.com

Kesalahan fatal selanjutnya yang sering dilakukan adalah malas menganalisis. Hanya bermodalkan melihat status akun saham, kamu langsung membeli saham yang sedang naik. Padahal jika mau untung besar, kamu lebih baik membeli saham saat harganya sedang turun.

Proses analisis sebelum investasi adalah hal penting yang perlu dilakukan setiap investor. Misalnya untuk investasi saham, kamu perlu tahu saham mana yang prospektusnya bagus dilihat dari berbagai indikator. Seperti halnya laba yang terus meningkat, bisnis yang prospektusnya bagus, kapitalisasi pasar lebih dari 500 M, dan lainnya.

Tidak Evaluasi

Tidak evaluasi
Tidak evaluasi/freepik.com

“Kemarin sudah rugi jutaan rupiah dari saham, ah gak mau coba-coba lagi. Mending uang ditabung di bank”. Nah itu salah satu contoh kesalahan fatal yang juga sering dilakukan investor pemula. Saat gagal, mereka langsung menganggap bahwa jenis investasi tersebut buruk dan beralih ke jenis investasi lainnya.

Sehingga penting bagi investor pemula untuk memulai investasi dari nominal kecil terlebih dahulu. Dari nominal kecil tersebut, kamu bisa belajar bagaimana menganalisis, menjual dan membeli di saat yang tepat, menghitung potensi cuan dan lainnya. Jika gagal langsung menyerah, maka bisa jadi kamu melewatkan peluang emas untuk bisa kaya tanpa bekerja.  

Berinvestasi dengan Uang Panas

Berinvestasi dengan uang panas
Berinvestasi dengan uang panas/freepik.com

Investasi dengan uang panas termasuk kesalahan fatal yang juga sering dilakukan. Uang panas yang dimaksud adalah uang dari pinjaman online, hasil gadai kendaraan atau rumah, uang belanja anak, SPP anak, dan lainnya. Sebab investasi ini berbeda-beda, ada yang untungnya jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Jika menggunakan uang panas untuk investasi jangka panjang, sudah tentu di jangka pendek belum ada hasilnya bahkan merugi. Akibatnya bisa mengganggu cashflow-mu dan aktivitas sehari-hari.

Berharap Cepat Kaya

Berharap cepat kaya
Berharap cepat kaya/pexels.com

Mimpi yang tinggi boleh tapi harus tetap realistis. Kalau kamu investasi agar bisa kaya dalam waktu 1 bulan, itu hampir mustahil untuk terjadi. Sebab secara prinsip, investasi merupakan proses mengembangkan aset yang dimiliki agar mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Biasanya semakin lama berinvestasi, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Jadi jangan berharap bisa cepat kaya dalam hitungan minggu atau beberapa bulan saja. Justru pola pikirnya harus diubah menjadi sabar menanti pertumbuhan investasi selama 5, 10, 15 atau bahkan 20 tahun ke depan.

Itulah 5 alasan pasti yang bikin investor gagal dan alamat boncos. Untuk itu hindari melakukan kesalahan tersebut dan mulai belajar memahami investasi sebelum terjun dan mempraktikkannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id