sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Ikutan Hype! Ini 4 Kesalahan Umum dalam Investasi Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

Cynthia Claudia | Senin, 07 Jun 2021 12:30 WIB
Jangan Ikutan Hype! Ini 4 Kesalahan Umum dalam Investasi Cryptocurrency yang Perlu Diketahui
Cryptocurrency/ sumber: freepik.com

Investasi yang ramai dilirik oleh generasi milenial salah satunya adalah investasi cryptoccurency, seperti yang dikutip oleh Detik.com. Meskipun banyak generasi milenial yang sadar terhadap pentingnya investasi di usia muda, namun banyak yang masih melakukan kesalahan sehingga keputusan untuk investasi yang diambil kurang tepat. Terutama keputusan yang mendasari investasi pada cryptocurrency, karena anak milenial sekarang cenderung mengikuti hype.

Investasi yang hanya diikuti karena hype dan tidak ada tujuan yang jelas cukup berbahaya. Jika tidak ada tujuan yang jelas, maka hasil investasi tidak akan maksimal, tidak sesuai harapan, dan kegagalan maupun kerugian yang jumlahnya tidak sedikit kerap terjadi. Sebagai generasi milenial yang baru terjun ke investasi crypto, coba evaluasi lagi apa tujuan utama kamu berinvestasi, untuk meminimalisir kegagalan dan kerugian di masa depan.

Berikut adalah 4 kesalahan umum dalam investasi crypto yang kamu perlu ketahui ketika mulai terjun ke dunia crypto:

1. Tidak Memperdalam Pengetahuan

Ilustrasi grafik harga crypto
Ilustrasi grafik harga crypto/ sumber: pexels.com

Harga aset crypto sangatlah fluktuatif, mudah berubah dalam hitungan detik jika dibandingkan dengan instrumen lainnya. Alasan ini yang mendasari mengapa cryptocurrency disebut sebagai aset yang high risk, high return.

Untuk meminimalisir kerugian yang berlebihan, investor pemula harus fokus memantau fluktuasi harga aset. Sebaiknya jangan memutuskan untuk menjual hanya berdasarkan naiknya harga ke jumlah tertentu atau membeli karena adanya gut feeling jika harganya akan semakin meroket di masa depan.

Investor yang cerdas akan mempelajari analisis pergerakan harga aset crypto, yaitu analisis teknikal dan fundamental, yang pada umumnya kita pelajari juga ketika investasi di pasar modal. Analisis ini berfungsi sebagai acuan atau panduan mengenai waktu yang tepat untuk membeli atau menjual aset crypto sehingga keuntungan yang kita dapatkan bisa maksimal.

Dengan kata lain, learn more to earn more is the secret! And be open minded!

2. Tidak Memperluas Portfolio

Ilustrasi aset crypto
Ilustrasi aset crypto/ sumber: pexels.com

Pepatah yang berbunyi “don’t put all your eggs in one basket” pasti tidak asing bagi kalian. Kesadaran ini yang sering diabaikan oleh investor pemula karena minimnya pengetahuan mengenai aset crypto.

Diversifikasi aset crypto sangat penting untuk meminimalisir risiko kerugian. Alasannya adalah ketika salah satu aset crypto-mu ada yang mengalami penurunan nilai, kerugianmu tidak akan sebesar ketika kamu menginvestasikan semua danamu ke aset tersebut. Harapanmu masih bisa ditempatkan di aset crypto lainnya.

Selain itu, kamu juga harus bisa menyeimbangkan portfolio asetmu karena berlebihan juga sebenarnya tidak baik. Pelajari bagaimana cara menemukan sweet spot ketika investasi cryptocurrency. Karena pada dasarnya, investasi cryptocurrency adalah high risk, high return.

Risiko yang terlalu tinggi dengan menginvestasikan seluruh danamu di crypto juga tidak baik, kan?

3. Tidak Memilih Digital Platform yang Benar

Ilustrasi platform crypto/
Ilustrasi platform crypto/ sumber: pexels.com

Investasi aset crypto sekarang semakin mudah karena adanya digital platform yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih digital platform yang tepat. Pastikan platform tersebut sudah resmi terdaftar oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Perhatikan juga biaya transaksinya, apakah ada platform yang menawarkan biaya transaksi yang tinggi atau flat rate? Setiap platform menawarkan biaya transaksi yang berbeda. Kalau biaya transaksi tinggi, keuntungan yang kamu dapat kecil pula.

4. Terlalu Cepat Mengambil Keputusan 

Pengambilan Keputusan
Pengambilan Keputusan/ sumber: pexels.com

Investor pemula di dunia crypto biasanya akan menunggu turunnya harga hingga jumlah tertentu baru kemudian melakukan pembelian. Pengambilan keputusan seperti ini harus dihindari karena tidak ada acuan yang bisa menentukan waktu naik turunnya harga aset crypto secara akurat. Mungkin harganya bisa meningkat drastis di kemudian hari, yang akhirnya membuatmu menyesal kenapa tidak membeli duluan.

Kejadian tersebut menunjukkan bahwa investor pemula sering kali terlalu cepat mengambil keputusan karena ingin segera meraih keuntungan. Namun, pengambilan keputusan yang terlalu cepat justru berujung pada investasi yang berrisiko karena bersifat gambling. Hasilnya adalah imbalan investasi yang tidak maksimal dan tidak sesuai harapan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id